Analisis Validitas dan Reliabilitas Sosial Budaya dan Organisasi terhadap Adopsi E-Commerce UMKM Tangerang Selatan

Muhammad Qomarul Huda, Rinda Hesti Kusumaningtyas, Qurrotul Aini, Nur Aeni Hidayah, Icha Yulian

Abstract


Tingginya perkembangan teknologi informasi, sejalan dengan tingginya terobosan yang dapat dilakukan bagi masyarakat. E-commerce menjadi salah satu contoh teknologi yang sudah berkembang dan banyak membantu masyarakat hingga saat ini. Pelaku UMKM banyak yang sudah beralih menggunakan e-commerce sebagai media penjualan namun dalam penerapannya masih memiliki hambatan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hambatan sosial budaya dan organisasi bagi pelaku UMKM Tangerang Selatan dengan menggunakan framework hambatan adopsi e commerce Zaied. Berdasarkan hasil uji validitas untuk keseluruhan item yang diajukan menunjukkan hasil yang valid. Kemudian hasil uji reliabilitas untuk mengetahui konsistensi jawaban dari responden mendapatkan nilai 0,830 dengan kata lain memiliki nilai yang reliabel. Penelitian ini memberikan hasil bahwa adanya hambatan pada nilai, keyakinan, pelaku UMKM dalam menerapkan e-commerce dengan angka sebesar 58% pada sosial & budaya. Hambatan lainnya pada organisasi mengenai kurangnya dukungan manajemen dan memilki keterbatasan akses informasi dengan angka sebesar 63% dalam menerapkan e-commerce sebagai media penjualan.


Keywords


Adopsi e-commerce, UMKM, sosial dan budaya, organisasi

Full Text:

PDF

References


M. Kristiyanti and L. Rahmasari, “Website sebagai media pemasaran produk-produk unggulan umkm di kota semarang,” J. Apl. Manaj., vol. 13, no. 2, pp. 186–196, 2015, [Online]. Available: https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/760.

Sukarno, S. Wifasari, and B. Setyawan, “Upaya peningkatan penerimaan pajak melalui penjualan berbasis e-commerce pada umkm kota tangerang selatan,” J. Mitra Manaj., vol. 3, no. 9, pp. 903–917, Sep 2021, [Online]. Available: https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i9.281.

D. V. Adam and I. P. Astin, (Feb, 2019) “Kebijakan pengenaan pajak atas transaksi perdagangan online,” in Festival Riset Ilmiah Manajemen dan Akuntansi, 2019, no. 1, pp. 219–226, [Online]. Available: http://www.prosidingfrima.stembi.ac.id/index.php/prosidingfrima/article/view/38.

K. Moorthi, G. Dhiman, P. Arulprakash, C. Suresh, and K. Srihari, “A survey on impact of data analytics techniques in e-commerce,” in Materials Today: Proceedings, Oct. 2021, pp. 1–8, doi: 10.1016/j.matpr.2020.10.867.

S. Tirtayasa, I. Nadra, and H. Khair, “Strategi pemasaran terhadap peningkatan kinerja umkm dimoderasi teknologi pada masa pandemi covid-19 the effect of marketing strategy on improving SMEs performance is moderated by technology during the Covid-19 pandemic,” J. Ilm. Manaj. Dan Bisnis, vol. 22, no. 2, pp. 20371, Oct. 2021, doi: 10.30596/jimb.v22i2.7395.

Y. Sugiarti, Y. Sari, and M. A. Hidayat, “Peranan e-commerce untuk meningkatkan daya saing usaha mikro kecil dan menengah (umkm) sambal di jawa timur,” Kumawala, vol. 3, no. 2, pp. 298–310, 2020.

K. H. Leung, C. K. M. Lee, and K. L. Choy, “An integrated online pick-to-sort order batching approach for managing frequent arrivals of b2b e-commerce orders under both fixed and variable time-window batching,” Adv. Eng. Informatics, vol. 45, no. 2, pp. 1–16, Aug. 2020, doi: 10.1016/j.aei.2020.101125.

Z. S. Ridwan, “Occupational health and safety behavior dalam modul kuliah,” Dept K3 FKM Universitas Indonesia, Depok, 2007.

S. Hidayatuloh, R. H. Kusumaningtyas, and Y. Aziati, “Analisis pengaruh user experience terhadap kepuasan pengguna mobile application e-commerce shopee menggunakan model delone & mclean,” Appl. Inf. Syst. Manag., vol. 2, no. 2, pp. 77–80, Sep. 2021, doi: 10.15408/aism.v2i2.20159.

A. N. H. Zaied, “Barriers to e-commerce adoption in egyptian SMEs,” Int. J. Inf. Eng. Electron. Bus., vol. 4, no. 3, pp. 9–18, Jul. 2012, doi: 10.5815/ijieeb.2012.03.02.

R. Savolainen, “Approaches to socio-cultural barriers to information seeking,” Libr. Inf. Sci. Res., vol. 38, no. 1, pp. 52–59, Jan. 2016, doi: 10.1016/j.lisr.2016.01.007.

I. A. Rafidah, “Masalah dalam layanan publik bergerak berbantuan teknologi informasi: kasus pelayanan SIM keliling,” in Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi, Mar. 2017, pp. 226–232, [Online]. Available: https://journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/613.

A. Firmansyah, “Kajian kendala implementasi e-commerce di indonesia,” J. Penelit. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 8, no. 2, p. 127, Oct. 2017, doi: 10.17933/mti.v8i2.107.

M. M. Hakim and M. Nurkamid, “Model adopsi UKM di kudus terhadap e-commerce,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 1, pp. 339–344, Apr. 2017, doi: 10.24176/simet.v8i1.974.

S. Fitriani, M. Medinah, and U. Linarti, “Pengaruh faktor-faktor lingkungan eksternal yang menghambat penggunaan e-commerce pada umkm kerajinan di kota yogyakarta,” J. Ind. Eng. Syst., vol. 1, no. 2, pp. 101–110, Sep. 2020, doi: 10.31599/jies.v1i2.317.

R. Daga, B. Maddatuang, and R. Wahyuni, “Faktor penghambat penggunaan e- commerce pada usaha mikro kecil di kota makassar,” J. Manage., vol. 3, no. 3, pp. 115–127, Mar. 2020, doi: 10.37531/yum.v11.75.

R. A. Hadiguna, Sistem Logistik. Padang: Andalas University Press, 2017.

H. A. Mumtahana, S. Nita, and A. W. Tito, “Pemanfaatan Web e-commerce untuk meningkatkan strategi pemasaran,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 6–15, Jun. 2017, doi: 10.23917/khif.v3i1.3309.

R. V. Savitri and Saifudin, “Pencatatan akuntansi pada usaha mikro kecil dan menengah (studi pada umkm mr. pelangi semarang),” JMBI UNSRAT (Jurnal Ilm. Manaj. Bisnis dan Inov. Univ. Sam Ratulangi)., vol. 5, no. 2, pp. 117–125, Jul. 2018, doi: 10.35794/jmbi.v5i2.20808.

H. N. L. Ermaya and R. Fahria, “Pemberdayaan pelaku umkm di kota tangerang selatan melalui perhitungan penetapan biaya produk,” Sabdamas, vol. 1, no. 1, pp. 33–38, Dec. 2019, [Online]. Available: http://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/sabdamas/article/view/974.

M. B. Khan and M. Martin, “Barriers to B2C segment of e-business,” J. Bus. Econ. Res., vol. 2, no. 6, pp. 53–60, Feb. 2011, doi: 10.19030/jber.v2i6.2892.

A. M. Aseri, “Cultural impact on e-commerce: a comparative study,” Issues Inf. Syst., vol. 14, no. 1, pp. 431–440, May. 2013, doi: 10.48009/1_iis_2013_431-440.

F. Akhter, “Cultural dimensions of behaviors towards e-commerce in a developing country context,” Int. J. Adv. Comput. Sci. Appl., vol. 7, no. 4, pp. 100–103, May. 2016, doi: 10.14569/ijacsa.2016.070413.




DOI: https://doi.org/10.15408/aism.v6i1.25198 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDITORIAL ADDRESS:

Department of Information Systems, Faculty of Science and Technology,
Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Faculty of Science and Technology Building, 3rd Floor, 1st Campus, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Jl. Ir. H. Juanda No. 95, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15412, Indonesia.
Tlp/Fax: +622174019 25/+62217493315.
E-mail: aism.journal@apps.uinjkt.ac.id, Website: https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/aism


Creative Commons Licence
Applied Information System and Management (AISM) by the Department of Information Systems, Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/aism.