Chatbot: Reservasi Restoran Online pada Facebook Messenger

Muhammad Saiqul Haq, Bayu Waspodo, Nuryasin Nuryasin

Abstract


Akses chatbot yang diberikan oleh Facebook ke dalam aplikasi Messenger memberikan peluang besar bagi pelaku bisnis untuk meraih pengguna Facebook yang mencapai 1,2 miliar. Sebagai perusahaan yang pelanggan utamanya berasal dari Facebook, maka AppServation Co., Ltd perlu melakukan pengembangan pada produknya untuk memberikan layanan secara langsung kepada pelanggannya melalui chatbot. Penelitian ini bertujuan meningkatkan layanan pelanggan AppServation Co., Ltd dengan menambahkan fitur reservasi berupa chatbot yang terdapat pada Facebook Messenger. Reservasi dapat dilakukan tanpa mengharuskan pelanggan mengunjungi halaman reservasi yang berada di luar Facebook. Metode pengembangan sistem yang digunakan untuk membangun chatbot pada sistem berjalan adalah menggunakan metode pendekatan analisis terstruktur (waterfall). Pengujian atas sistem yang dibangun dengan menggunakan metode behavior-driven development. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa dengan sistem chatbot mampu melayani permintaan reservasi pada platform Facebook Messenger.


Keywords


Chatbot; Rule-based model; Facebook Messenger; Waterfall; Behavior-driven Development

Full Text:

PDF

References


R. P. Smith, “The Impact of Online Reservation Systems: For Chain Restaurants,” University of Houston, 2011.

B. A. Shawar dan E. Atwell, “Accessing an Information System by Chatting,” Natural Language Processing and Information Systems. Springer-Verlag, pp. 407–412, 2004.

E. Dohrmann, J. Hugi, R. Schneider, dan C. Eggenberg, “Bridging the virtual and the physical space: Kornelia–a chatbot for public libraries,”no. February 2017, pp. 0–7, 2010.

M. Lasek dan S. Jessa, “Chatbots for Customer Service on Hotels Websites,” Information Systems in Management, vol. 2, no. 2, hal. 146–158, 2013.

S. Sayed, R. Jain;, B. Lokhandwala;, F. Barodawala;, dan M. Rajkotwala;, “Android based Chat-Bot,” International Journal of Computer Applications, vol. 137, no. 10, 2016.

E. Bahartyan;, N. Bahtiar, dan I. Waspada;, “Integrasi Chatbot Berbasis Aiml Pada Website E-Commerce Sebagai Virtual Assistant Dalam Pencarian dan Pemesanan Produk (Studi Kasus Toko Buku Online Edu4indo.Com),” Jurnal Masyarakat Indonesia, vol. 5, no. 10, 2014.

E. Nila S. C. P. dan I. Afrianto, “Rancang bangun aplikasi chatbot informasi objek wisata kota Bandung dengan pendekatan natural language processing (studi kasus di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung),” Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), vol. 4, no. 1, pp. 49-54, 2015.

B. A. Shawar dan E. Atwell, “Chatbots : Are they Really Useful ?,” in LDV-Forum, 2007.

A. Dingli dan D. Scerri. Building a Hybrid: Chatterbot – Dialog System. In: Habernal I., Matoušek V. (eds) Text, Speech, and Dialogue. TSD 2013. Lecture Notes in Computer Science, vol 8082. Springer, Berlin, Heidelberg. https://doi.org/10.1007/978-3-642-40585-3_19

E. L. Amalia, D. W. Wibowo, "Rancang Bangun Chatbot Untuk Meningkatkan Performa Bisnis," Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, vol. 13, no. 2, pp. 137-142, 2019.

L. Zhang, “Building Facebook Messenger,” 2011. [Online]. Tersedia: pada:https://www.facebook.com/notes/facebookengineering/building-facebook-messenger/10150259350998920. [Diakses: 31-Mar-2017].

A. Joshi and M. J. Carman, “SarcasmBot: An open-source sarcasm-generation module for chatbots,” in Fourth InternationalWorkshop on Issues of Sentiment Discovery and Opinion Mining (WISDOM), 2015, August 2015.




DOI: https://doi.org/10.15408/aism.v4i1.19765 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDITORIAL ADDRESS:

Department of Information Systems, Faculty of Science and Technology,
Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Faculty of Science and Technology Building, 3rd Floor, 1st Campus, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Jl. Ir. H. Juanda No.95, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15412, Indonesia.
Tlp/Fax: +62 21 74019 25/ +62 749 3315, Handphone: +6282114627822.
E-mail: aism.journal@uinjkt.ac.id, Website: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/aism


Creative Commons Licence
Applied Information System and Management (AISM) by Department of Information Systems, Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/aism.