Pengaruh gaya hidup, promosi dan demografi terhadap keputusan membeli smartphone blackberry

Nursinta Harmaniar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya hidup, promosi dan demografi terhadap keputusan membeli smartphone blackberry. Penelitian kuantitatif dengan analisis regresi melibatkan 150 sampel pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun akademik 2010/2011 sampai dengan tahun akademik 2012/2013. Sampel penelitian ini terdiri dari 150 responden yang masing – masing subjek diberikan skala dengan jumlah item sebanyak 75 item yang terdiri dari 8 item skala keputusan membeli smartphone blackberry, 29 item skala gaya hidup dan 38 item skala promosi. Skala demografi yang berupa 3 pertanyaan untuk menunjang penelitian. Hasil penelitian menujukkan bahwa gaya hidup, promosi dan demografi berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli smartphone blackberry. Berdasarkan proporsi varian keseluruhan, keputusan membeli smartphone blackberry yang dipengaruhi independent variabel (gaya hidup, promosi dan demografi) memberikan sumbangan sebesar 32.2%. Sisanya sebesar 67.8% dapat dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Dalam penjabarannya ditemukan hanya dua yang signifikan mempengaruhi keputusan membeli smartphone blackberry secara positif yaitu dimensi opini dan dimensi promosi penjualan. Variabel gaya hidup pada aspek opini memberikan sumbangan 25.4% dan variabel promosi pada aspek promosi penjualan dengan sumbangan 2.5%.

Keywords


keputusan membeli, gaya hidup, promosi dan demografi

References


Afghani, Jamaludin Al. (2010). Analisis pengaruh promosi, penetapan harga, dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian produk telekomunikasi CDMA esia. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah.

Anisa, Mugni. (2012). Faktor demografi. Artikel ini diakses pada tanggal 5 agustus 2013 dari http://anisamugni.wordpress.com/2012/12/03/ faktor-demografi/.

Assael, Henry. (1998). Consumer behavior and marketing action. 6th Edition. New York : South Western College Publishing.

Basu, Swastha. DH. (1999). Saluran pemasaran. yogyakarta : BPFE.

Dianto, Rachman. (2010). Perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan terhadap produk yang diinginkan. Artikel ini diakses pada tanggal 5 agustus 2013 dari http://iyano.wordpress.com/2010/11/30/perilaku-konsumen-dalam-pengambilan-keputusan-terhadap-produk-yang-diinginkan/

Engel, J.F., Blackwell, R.D. & Miniard, P.W. (1995). Perilaku konsumen, jilid 1. (Terjemahan). Tangerang : Binarupa Aksara Publisher.

Engel, J.F., Blackwell, R.D. & Miniard, P.W. (1995). Consumer behavior eighth edition. America : The Dryden Press.

Eka, Putridinawati. 2013. Berbagai kelemahan blackberry. Artikel ini diakses pada tanggal 4 Juli 2013 dari Error! Hyperlink reference not valid.l

Fandy, Tjiptono. (2004). Pemasaran jasa. Malang : Bayu Media.

Fred, Kerlinger. (2004). Asas-asas penelitian behavioral. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Hawkins, Best & Coney. (1995). Consumer behavior : implication for marketing strategies. Boston: Richard Darwin, Inc.

Joseph T. Plummer, “The concept and application of life style segmentation,” Journal of Marketing 38 (Januari 1974), 34. Dicetak ulang dari Journal of Marketing yang diterbitkan oleh American Marketing Association.

Kotler, Philip. (1987). Dasar – dasar pemasaran. edisi ketiga, Jilid 2 (terjemahan). Jakarta : Intermedia.

Kotrler, Philip. (2008). Manajemen pemasaran. Edisi kedua belas, Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip. & Gary Armstrong. (1997). Dasar-dasar pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Prenhallindo.

Kotler, Philip. & Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi Keduabelas. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. & Gary Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jilid 2. Jakarta : Erlangga.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/tazkiya.v4i1.10830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.