Perbedaan kecemasan dalam menghadapi ujian antara siswa program reguler dengan siswa program akselerasi di sma swasta al-azhar medan

Rina Mirza

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menentukan perbedaan tingkat kecemasan dalam menghadapi tes siswa SMA kelas regular dan akselerasi di Al-Azhar Medan. Sampel berjumlah 66 siswa (33 dari kelas XI dan XII) akselerasi dan 33 dari kelas XII regular dengan teknik random sampling. Alat ukur yaitu skala kecemasan dalam ujian. Uji perbedaan dengan teknik produk-momen Pearson dengan hasil tes. Hasilnya tidak ada perbedaan kecemasan tes antara siswa kelas regular dan siswa program akselerasi. Hasil uji t dengan α = 0,05 bahwa skor kecemasan dalam ujian menunjukkan hasil yang signifikan yaitu t = - 0,143 dan p = 0,887. Rata-rata empiris dari kecemasaan pada siswa program akselerasi e = 120.79is 120.79 lebih rendah daripada rata-rata hipotetis yaitu 130 (< h = 130), namun masih pada kategori sedang. Pada program regular, rata-rata empiris sebesar 121.61 e = 121.61 lebih rendah daripada rata-rata hipotesis yaitu 130 (< h = 130). Kecemasan ujian yang dirasakan oleh siswa regular dan akselesasi lebih rendah daripada populasi yang diasumsikan.

Keywords


kecemasan, kelas reguler, kelas akselerasi

References


Albin, Rochelle, Semmel. (2003). Emosi-Bagaimana Mengenal, Menerima dan Mengarahkannya. Yogyakarta: Kanisius.

Atkinson, Rita L. (1999). Pengantar Psikologi-jilid II. Jakarta: Erlangga.

Azwar, S. (2000). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Buletin Pusat Perbukuan dengan Buku Jelajahi Dunia-vol 10. (2004).

Program Akselerasi-Bagaimana Pelaksanaannya di Lapangan?.

Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Chaplin, J.P. (2001). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Pedoman Penyelenggaraan Program Percepatan Belajar (SD, SMP, dan SMA). Jakarta: Direktorat PLB Ditjen Dikdasmen.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Pedoman Penyelenggaraan Program Percepatan Belajar SD, SMP, dan SMA-Suatu Model Pelayanan Pendidikan Bagi Peserta Didik Yang Memiliki Potensi Kecerdasan dan Bakat Istimewa. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Gerbang Majalah Pendidikan-edisi 4 thn IV, terbit Oktober 2004. (2004). Pedoman Penyelenggaraan Program Percepatan Belajar SD, SMP dan SMA (Satu Model Pelayanan Pendidikan bagi Peserta Didik yang Memiliki Potensi Kecerdasan dan Bakat Istimewa). Yogyakarta: PT.Cahaya Timur Offset.

Gerbang Majalah Pendidikan-edisi 6 thn IV, terbit Desember 2004. (2004).

Membangun Bangsa Berkualitas Melalui Akselerasi Pendidikan.Yogyakarta: PT.Cahaya Timur Offset.

Grainger, Caron. (1999). Mengatasi Stress Bagi Para Dokter. Jakarta: Hipokrates.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/tazkiya.v2i2.10771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.