Pengaruh kecerdasan emosional dan budaya organisasi terhadap learning organization

Afinda Ramadhan, Miftahuddin Miftahuddin

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan budaya organisasi terhadap learning organization. Sampel penelitian sebanyak 275 orang dengan teknik non-probability sampling. Alat ukur yang digunakan terdiri dari The Dimensions of Learning Organization Questionnaire (DLOQ), Emotional Quotient Index (EQI) dan Skala Budaya Organisasi. Uji validitas alat ukur menggunakan confirmatory F\factor analysis (CFA) dan analisis statistik menggunakan multiple regression analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional dan budaya organisasi terhadap learning organization. Hasil uji hipotesis minor yang menguji signifikansi masing-masing independent variable mendapatkan bahwa terdapat lima aspek yang signifikan pengaruhnya terhadap learning organization, empat aspek dari variabel kecerdasan emosional, yaitu kesadaran diri, motivasi diri, empati, keterampilan sosial dan satu aspek dari variabel budaya organisasi, yaitu arah.

Keywords


organisasi pembelajaran, kecerdasan emosi, budaya organisasi

References


Aksu, A. Akin and Özdemir, Bahattain. (2005). Individual learning and organization culture in learning organizarions five star hotels in antalya region of turkey. Managerial Auditing Journal. Vol 20 (4); ProQuest :422

Basim, Nejat dkk. (2007) . A Turkish translation, validity and reliability study ofthe dimensions of the learning organization questionnaire.World Applied Sciences Journal. Vol 2 (4): 368-374.

Bateman, Thomas. S. (2007). Management: Leading & collaborating in a competitive worlds. New York: Mcgraw Hill

Batool, H. & Raiz, S. (2011). Factors for making an organization a learning organization‟. International Conference on Technology and Business Management.

Chang, S.C., & Lee, M.S. (2007). A study on relationship among leadership, organizational culture, the operation of learning organization and employee‟ job satisfaction. Emerald The Learning Organization. Vol. 14, No. 2, 155-185. DOI:10.1108/09696470710727014.

Danaeefard, H., Salehi, A., Hasiri, A., & Noruzi, M.R. (2012). How emotional intelligence and organization culture contribute to shaping learning organization in public service organizations. African Journal of Business Management. Vol. 6, No. 5, 1921-1931. DOI: 10.5897/AJBM11.1733

Golemen, D. (1999). Kecerdasan emosi untuk mencapai puncak prestasi. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. (2000). Kecerdasan emosional: Mengapa EI lebih penting dari pada IQ. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hofstede, Geert. (1997). Culture and organizations software of the mind. New York : McGraw-Hill


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/tazkiya.v2i1.10759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.