Human Resource Management for Early Childhood Education

Siti Zaenab

Abstract


Abstract

This study is aimed to describe the human resources in early childhood education which become basic needs for early childhood institutions that is in line with the vision to reach Indonesia Gold 2045. The focus of this research, can be divided into several sub-focuses; including the planning of recruitment, selection, assignment, development, and evaluation. The method used is phenomenological qualitative research with multi-case studies. The validity was done through applying credibility, dependibility, and confirmability. Data analysis technique conducted in each of the three cases using two approaches, namely (1) the analysis of individual cases and (b) cross-case analysis. The results of this study can be presented as follows: (a) human resources in early childhood education needs to be developed, so the goals can be successfully obtained. (b) The principal, teachers, and stakeholders need to be more progressive at the time of selection of qualified early childhood teachers S1, (c) to produce teachers and administrative staffs who have educational qualifications for early childhood education. The educational criteria required is S1 PG PAUD.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan mengenai sumber daya manusia pada pendidikan anak usia dini yang menjadi kebutuhan dasar bagi lembaga pendidikan usia dini yang sejalan dengan visi untuk mencapai Indonesia Gold 2045. Fokus penelitian ini dapat dibagi ke dalam beberapa subfokus; meliputi perencanaan penerimaan, pemilihan, penugasan, pengembangan, dan evaluasi. Merode yang digunakan adalah penelitian kualitatif fenomenologi dengan studi multikasus. Validitas dilakukan dengan menerapkan kredibilitas, reliabilitas, dan konfirmabilitas. Teknik analisis data dilakuakn pada setiap tiga kasus menggunakan dua pendekatan, yakni (1)Analisis kasus individu dan (2)analisis lintas kasus. Hasil Penelitian ini disajikan sebagai berikut: (a) sumber daya manusia pada pendidikan usia dini perlu dikembangkan, sehingga tujuan dapat sukses dicapai. (b) Kepala sekolah, para guru, dan pemangku kepentingan perlu lebih progresif saat memilih guru sekolah usia dini yang berkualifikasi S1 (c) untuk menghasilkan guru dan pegawai administrasi yang berkualifikasi pendidikan usia dini. Kriteria pendidikan yang dibutuhkan adalah S1 PG PAUD.

How to Cite : Zaenab, S. (2016). Human Resource Management for Early Childhood Education. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 3(2), 242-251. doi:10.15408/tjems.v3i2.4063.

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.15408/tjems.v3i2.4063



Keywords


human resources management; early childhood; Mataram;pengelolaan sumber daya manusia; usia dini; Mataram

Full Text:

PDF

References


Arifin. I. 2011. Kepemimpinan HIMPAUDNI studi kasus di Kota Malang. Seri Penelitian Kualitatif. Aditya Media Publising Malang.

Bafadal, I. 2004. Dasar-Dasar Manajemen dan Supervisi Taman Kanak-Kanak. Penerbit Bumi Aksara Jakarta.

Bogdan, R.C., & Biklen, S.K. 1998. Qualitave Research. Needham Height, MA: Alln & Bacon.

Castallo, R. T., Matthew R. Fletcher,A. D. Rossetti, R. W. Sekowski. 1992. School Personal Administrastion. Allyn and Bacon. Boston London Toronto Sydney Tokyo Singapore.

Fathoni, 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Pustakan Jakarta: Pub.

Gasskov, V, 2000. Managing Vocational Training Sistem. Geneva. ILO

John, W. dan Pauline, D 1994. Managing The Human Resources. Terjemahan London: Prentice Hall Int.

Miles, M. B., & Huberman, A.M. Tanpa Tahun. Analisis Data Kualitatif. Alih bahasa Rohidi, T. R. 1992. Jakarta: UI Press.

Nasution. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta; Bumi Aksara.

Patton, M.Q 1990. Qualitative Evaluation Research Methods. Secon edition,Newbury Park :SAGE publication Inc.

Peraturan Presiden. RI. Nomor 66 tahun 2010, tentang perubahan atas peraturan pemerintah nomor 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. 2009 Bandung Penerbit Citra Umbara Indonesia.

Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005.2006. Tentang tandar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika.

Pidarta, M. 2006. Analisa Data Penelitian-penelitian Kualitatif dan Artikel. Konsep dan Contoh. Penerbit Unesa University Press Anggota IKAPI. Surabaya.

Randall, S. S & Susan E. Jakson 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Airlangga Jakarta. Edisi ke Enam jilid 2. New York University.

Soetopo ,2007. Peran LPTK dalam menyiapkan tenaga kependidikan yang berkualitas. Jurnal Manajemen Pendidikan Volume, 20 Nomor 1 Maret 2007. ISSN 0852-1921.

Suparno, P. 2001 Teori Intelegensi Ganda dan Aplikasi Di Sekolah. Kanisius Yogyakarta.

Torrington. D. & Huat Tan Chec. 1998. Human Resource Management for Southeast Asia. New Jersey. Englerwood cliff.

Undang-undang No 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002, Tentang Perlindungan Anak.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Whether, W. B. & Davis, K. 2008. Personalia Management and Human Resource. New York: Mc. Graw Hill BC.

Zaenab. 2008. Manajemen Pendidikan Anak usia Dini Kelompok Bermain (PAUD Asri Tunggal) Kota Mataram, Tesis tidak dipublikasikan Universitas Negeri Surabaya. (UNESA).

Zaenab, S. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia pada Tiga PAUD di Kota Mataram (studi multi kasus di tiga PAUD Rinjani 01, 02, dan 03 di Kota Mataram), Disertasi tidak di publikasikan Universitas




DOI: https://doi.org/10.15408/tjems.v3i2.4063 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).

TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, p-ISSN: 2356-1416, e-ISSN: 2442-9848

View My Stats