Evaluasi Usability User Interface dan User Experience Aplikasi SAKERNAS PANEL 2018 Badan Pusat Statistik Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Ashifa Ayuningtias Japanese Marketing Department Sompo Insurance Indonesia
  • Muhammad Qomarul Huda Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.15408/aism.v2i2.20156

Keywords:

Usability, Evaluas, Nielsen’s Attributtes Of Usability, Kualitas Sistem, Sistem, Kuis

Abstract

Badan Pusat Statistik merupakan lembaga non kementrian dimana lembaga ini bertanggung jawab langsung kepada presiden. Sebelumnya, BPS merupakan Biro Pusat Statistik, yang dibentuk berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 1960 tentang Sensus dan UU Nomer 7 Tahun 1960 tentang Statistik. Setiap sistem harus memiliki kualitas yang baik agar mudah digunakan oleh pengguna. Untuk menguji kualitas sistem tersebut maka dilakukan evaluasi sistem dengan menggunakan metode pengujian usability dengan mengobservasi pengguna dengan metode observasi, dilanjutkan dengan metode dan kuesioner Nielsen’s Attributtes Of Usability (NAU). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan metode observasi Aplikasi SAKERNAS berada pada tingkat ke-3 dari 5 skala atau Cukup, lalu dengan kuesioner NAU dapat disimpulkan  bahwa Aplikasi SAKERNAS Badan Pusat Statistik CUKUP dalam memenuhi kelima kategori usability menurut Nielsen Model.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. A. Sosiawan, "Evaluasi implementasi e-government pada situs web pemerintah daerah di Indonesia: Prespektif content dan manajemen," in Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 2015, vol. 1, no. 5.

S. M. Berliana And L. A. Purbasari, "Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Jam Kerja Tenaga Kerja Wanita Berstatus Kawin Dalam Seminggu Di Indonesia (Analisis Data Sakernas 2014)," vol. 4, no. 3, 2018.

h. Barat, "Badan Pusat Statistik," 2017.

S. X. Dong, "Consistency between Sakernas and the IFLS for analyses of Indonesia’s labour market: A cross-validation exercise," vol. 52, no. 3, pp. 343-378, 2016.

S. Lestari, "Analisis Usability Web (Studi Kasus Website Umkm Binaan Bppku Kadin Kota Bandung)," vol. 1, no. 1, 2014.

R. T. Yunandar and P. Priyono, "Pengujian Usability Sistem Framework React Native dengan Expo untuk Pengembangan Aplikasi android Menggunakan USE QUESTIONNAIRE," vol. 3, no. 1, pp. 252-259, 2018.

N. L. A. K. Y. Sarja, "Analisis Pengukuran Faktor Usability Sistem Informasi Konferensi Nasional Sistem Dan Informatika Stikom Bali," vol. 4, no. 1, pp. 1-4-127, 2016.

E. Saputra, Z. Mazalisa, and R. Andriyani, "Usability Testing Untuk Mengukur Penggunaan Website Inspektorat Kota Palembang," 2014.

R. A. Setyawan, W. F. Atapukan, "Pengukuran Usability Website E-Commerce Sambal Nyoss Menggunakan Metode Skala Likert," vol. 7, no. 1, 2018.

K. R. Hadi, H. M. Az-Zahra, and L. Fanani, "Analisis Dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile KAI Access Dengan Metode Usability Testing Dan Use Questionnaire," vol. 2548, p. 964X, 2018.

S. Möller, "Usability engineering," in Quality Engineering: Springer, 2017, pp. 59-76.

S. Pawirosumarto, "Pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna sistem e-learning," vol. 6, no. 3, p. 152864, 2016.

M. Rakhmadian, S. Hidayatullah, and H. Respati, "Analisis Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pemakai Sistem Informasi Akademik Dosen," in Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 2017, vol. 1, no. 1, pp. 665-675.

K. N. Sigit and E. Soliha, "Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah," vol. 21, no. 1, pp. 157-168, 2017.

Downloads

Published

2021-03-30

How to Cite

Evaluasi Usability User Interface dan User Experience Aplikasi SAKERNAS PANEL 2018 Badan Pusat Statistik Kota Tangerang Selatan. (2021). Applied Information System and Management (AISM), 2(2). https://doi.org/10.15408/aism.v2i2.20156