Model Keselarasan Manajemen Sumber Daya Manusia dengan Teknologi Informasi

Authors

  • Fitroh Fitroh Department of Information Systems, Faculty of Science and Technology Universitas Islam Negeri Jakarta
  • Zulfiandri Zulfiandri Department of Information Systems, Faculty of Science and Technology Universitas Islam Negeri Jakarta
  • Nuryasin Nuryasin Department of Information Systems, Faculty of Science and Technology Universitas Islam Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.15408/aism.v3i1.12221

Keywords:

Keselarasan Manajemen Sumber Daya Manusia, IT Alignment, Teknologi Informasi, IT Business.

Abstract

Keselarasan manajemen sumber daya manusia (SDM) dengan teknologi informasi merupakan salah satu komponen utama dalam upaya peningkatan kinerja sebuah perusahaan. Penelitian-penelitian yang ada lebih banyak membahas tentang penyelarasan manajemen TI terhadap IT business, namun penerapannya di perguruan tinggi masih perlu kajian lebih lanjut. Dalam paper ini kami mengajukan model keselarasan manajemen sumber daya manusia perguruan tinggi dengan teknologi informasi. Ada 84 responden mengisi kuesioner yang dijadikan kajian dalam metode eksplorasi dalam menganalisis dan interpretasi data. Dari penelitian yang dilakukan tentang strategi peningkatan SDM dosen untuk melanjutkan program doktoral dan kenaikan pangkat dan golongan pada perguruan tinggi menunjukan bahwa 67,9% menyatakan kondisi saat ini ada di posisi 3 yang artinya cukup baik, sementara 21,4% menyatakan kondisi baik, dan 2,4% menyatakan kondisi sangat baik sementara ada 8,3% menyatakan tidak baik. Dari hasil analisa dan interpretasi tersebut dibuatkan sebuah model keselarasan manajemen SDM dengan teknologi informasi yang disajikan dalam bentuk use case diagram dan activity diagram sehingga dapat dijadikan rujukan untuk stakeholder yang ada di perguruan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-01

How to Cite

Model Keselarasan Manajemen Sumber Daya Manusia dengan Teknologi Informasi. (2020). Applied Information System and Management (AISM), 3(1), 31-42. https://doi.org/10.15408/aism.v3i1.12221