Pengaruh Hardiness, Beban Kerja, dan Faktor Demografi Terhadap Stres Kerja Guru

Authors

  • Nia Wahdaniyah Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Miftahuddin Miftahuddin Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.15408/tazkiya.v6i1.11010

Keywords:

stres kerja, tahan banting, beban kerja.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sifat hardiness (komitmen, kontrol, dan tantangan), beban kerja (beban kerja fisik dan beban kerja mental), dan faktor demografi (jenis kelamin, masa kerja, usia, dan status kepegawaian) pada stres kerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru sekolah menengah, dengan sampel 217 orang menggunakan teknik convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh komitmen, kontrol, tantangan, beban kerja fisik, beban kerja mental dan faktor demografi bersama-sama pada stres kerja guru. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa komitmen dan tantangan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap stres kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarsari, T. (2013). Pengaruh lingkungan kerja dan dukungan sosial terhadap stres kerja guru SD di kecamatan Purworejo. Skripsi. Fakultas Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Antoniou, A.S., Ploumpi, A., & Ntalla, M. (2013). Occupational stress and professional burnout in teacher primary and secondary education: The role of coping strategies. Journal of Scientifict Research, 3A (4), 349-355. doi: 10.4236/psych.2013.43A051.

Antoniou, A.S., Polychroni, F., & Vlachakis, A, N. (2006). Gender and age differences in occupational stress and professional burnout between primary and high-school teachers in Greece. Journal of Managerial Psychology, 7(21), 682-690. doi: 10.1108/02683940610690213.

Arismunandar., & Ardhana, I.W. (1998). Sumber-sumber stress kerja guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (5), 3 – 13. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/933/1727.

Bala, R., &Kaur, R. (2017). Personality hardiness of secondary school teachers in relation to work related stres. Journal of Education and Applied Social Science, 1(8), 151-155. doi: 10.59.58/2230-73.2017.00022.8.

Bachroni, M., & Asnawi, S. (1999). Stres kerja. Jurnal Psikologi, 2 (7). Retrieved from https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/7406

Bartone, P. T. (1995). A short hardiness scale. Paper Presented, 1-5. Retrieved from: https://www.researchgate.net/publication/235013984_A_Short_Hardiness_Scale

Bartone, P. T., Hystad, S. W., Eid, J. Johnsen, B. H., & Laberg, J. C. (2010). Psychometric properties of the revised Norwegian dispositional resilience (hardiness) scale. Scandinavian Journal of Psychology, 51, 237-245. doi: 10.1111/j.1467-9450.2.009.00759.x.

Bartone, P. T., Sandvik, A. M., Hansen, A. L., Hystad, A. W., & Johnsen, B. B. (2015). Psychopathy, anxiety, and resiliency – psychological hardiness as a mediator of the psychopathy-anxiety relationship in a prison setting. Personality and Individual Differences, 72, 30-34.doi: 10.1016/j.paid.2014.08.009.

Dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Data pokok pendidikan dasar dan menengah Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 21 Januari 2017 Jam 19.00 WIB. http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/sp/2/286300

Dua, J. K. (1994). Job stressors and their effects on physical health, emotional health, and job satisfaction in a university. Journal of Educational Administration, 32 (1), 59 – 78.doi: 10.1108/09578239410051853.

DiDomenico, A. T. (2003). An investigation on subjective assessments of worload and postural stability under conditions og joint mental and physical demands. Dissertation. Industrial and Systems Engineering.

Dwijayanti, D. A. (2008). Gambaran stres kerja pegawai unit pelaksanaan teknis gudang farmasi pada dinas kesehatan di kabupaten Tangerang. Jurnal Psikologi, 1 (6), 23-38.

Downloads

Published

2019-04-01

How to Cite

Wahdaniyah, N., & Miftahuddin, M. (2019). Pengaruh Hardiness, Beban Kerja, dan Faktor Demografi Terhadap Stres Kerja Guru. TAZKIYA Journal of Psychology, 6(1). https://doi.org/10.15408/tazkiya.v6i1.11010