Ilusi uang: pengaruh sikap, norma subjektif, perceived behavioral control dan batasan anggaran terhadap willingness to pay
DOI:
https://doi.org/10.15408/tazkiya.v4i1.10834Keywords:
willingness to pay, ilusi uang, theory of planned behavior, batasan anggaranAbstract
Ketika individu hanya melihat uang dari sisi nominal saja tanpa melihat dari sisi nilai yang sebenarnya (real value) maka ia mengalami ilusi uang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap, norma subjektif, dan perceived behavioral control, batasan anggaran dan pengurangan nol pada nilai nominal terhadap willingness to pay dalam setting ilusi uang. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental randomized 2x2 between-subject factorial design dimana sampel dibagi menjadi empat kelompok penelitian dengan sampel sebanyak 115 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan R square sebesar 0,233. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa sampel tidak mengalami ilusi uang karena tidak adanya perbedaan willingness to pay yang signifikan di setiap kelompok penelitianDownloads
References
Ajzen,I.( 2005). Attitudes, personality and behavior second edition. England: McGraw-Hill.
Amado, S., Tekozel, M., Topsever, Y., Ranyard, R., Del Missier, F., & Bonini, N. (2007). Does “000,000” matter? psychological effects of turkish monetary reform. Journal of Economic Psychology. 28(2), 154-169
Baron, Robert A & Byrne, Donn. (2003). Psikologi sosial. jilid 1 Jakarta: Erlangga.
Del Missier, F., Bonini, N., Ranyard, R. (2007). the euro illusion in consumers' price estimation: an italian-irish comparison in the third year of the euro. Journal Consumer Policy. 30, 337-354.
Dzokoto, V. A. A., Mensah, E. C., Twum-Asante, M., & Opare-Henaku, A. (2010). “Deceiving our minds: A qualitative exploration of the money illusion in post-redenomination ghana.” Journal of Consumer Policy 33 (4), 339-353.
Eagly, A.H & Chaiken. (1993). The psychology of attitude. Forth Worth: Harcout Brace
Fisher, Irving. (1928). The money illusion. NY : Adelphi.
Frank, R. H. (2003). Microeconomics and behavior (5th Ed.). New York: Graw- Hill