Pengaruh Perfeksionisme, Achievement Goal Orientation dan Jenis Kelamin Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa

Muhammad Syamsud Dluha, Solicha Solicha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel perfeksionisme, achievement goal orientation dan jenis kelamin terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Subjek pada penelitian ini berjumlah 220 mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang diambil dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh dari socially prescribe perfectionism terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebesar 14.5%. Mahasiswa yang mendapat tuntutan kesempurnaan terlalu tinggi oleh orang-orang di sekitarnya cenderung melakukan penundaan dalam tugas-tugas akademik.

Keywords


prokrastinasi akademik, perfeksionisme, achievement goal orientation

References


Ames, C. (1992). Classroom: Goals, structures and student motivation. Journal of Educational Psychology, 84 (3),261-271

Balkis, M & Duru, E. (2009). Prevalence of academic procrastination behavior among pre-service teachers, and its relationship with demographicsand individual preferences. Journal of Theory and Practice in Education, 5 (1), 18-32

Burka, J. B. & Yuen, J. N. (2008). Procrastination: Why you do it, what to do abaout it now. U.S. Da Capo Press

Bong, M., Hwang, A., Noh, A., & Kim, S. (2014) Perfectionism and motivation of adolescents in academic contexts. Journal of Educational Psychology, 106 (3), 711–729

Capan, B. E. (2010). Relationship among perfectionism, academic procrastination and life satisfaction of university students. Journal of Procedia Social and Behavioral Sciences, 5. 1665–1671

Chu, A. H. C. & Choi, J. N. (2005). Rethinking procrastination: Positive effects of “active” procrastination behavior onattitudes and performance. The Journal of Social Psychology, 145 (3), 245–264

Dwisepti, K. (2014). Pengaruh self-regulate learning dan asertifitas terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Eerde, W. (2003). A meta-analytically derived nomological network of procrastination. Journal of Personality and Individual Differences, 35, 1401–1418

Elliot, A. J. & McGregor, H. A. (2001). A 2x2 achievement goal framework. Journal of Personality and Social Psychology, 80 (3), 501-519

Febriana, R. (2013). Pengaruh motivasi berprestasi dan kecemasan akademik terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pamulang. Skripsi Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ferrari, J. R., O'Callaghan, J. & Newbegin, I. (2005). Prevalence of procrastination in the United States, United Kingdom, and Australia: Arousal and avoidance delays among adults. North American Journal of Psychology, 7 (1), 1-6

Frost, R. O., Marten, P., Lahart, C. & Rosenblate, R. (1990). The dimensions of perfectionism. Cognitive Therapy and Research, 14 (5), 449-468ve Therap

Gunawinata, V. A. R., Nanik & Lasmono, H. K. (2008). Perfeksionisme, prokrastinasi akademik dan penyelesaian skripsi mahasiswa. Indonesian Psychology Journal, 23, 256-276

Hanifah, P. M. (2012). Pengaruh self-efficacy, motivasi berprestasi, self-regulation, dan dukungan sosial orang tua terhadap prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi. Skripsi Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hasanah, N. (2013). Pengaruh


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/tazkiya.v6i1.11003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.