Rekonstruksi Penyelesaian Sengketa Kepemilikan Tanah Yang Bersertifikat Ganda Berbasis Keadilan; Studi Kasus Putusan Nomor: 54/G/2016/PTUN-SRG

Naufal Akbar Alghifari, Abu Tamrin, Syafrudin Makmur

Abstract


Jurnal ini bertujuan untuk menganalisis rekontruksi penyelesaian sengketa kepemilikan tanah yang bersertifikat ganda sesuia dengan study kasus putusan pengadilan tata usaha Negara serang yang bernomor : 54/G/ 2016 / PTUNSRG. Secara khusus skripsi ini mencoba membahas latar belakang, pertimbangan hukum yang ada dalam putusan. Disamping itu, skripsi ini juga membahas yang seharusnya dilakukan oleh setiap pihak yang bersengketa untuk mengakses keadilan yang lebih tepat dan cepat.

 Penelitian dalam jurnal ini mennggunakan pendekatan penelitian kepustakaan (library research) melalui pendekatan  perundang-undangan  (statute  approach) , Penelitian  ini  menggunakan metode  pengumpulan  data  berupa  studi  pustaka.  Melalui  studi  pustaka  peneliti mengumpulkan dokumen dan data untuk diolah menggunakan metode analisis isi. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa Undang – undang dan hasil putusan yang mengatur untuk menyelesaikan sengketa kepemilikan tanah yang bersertifikat ganda dengan mengedepankan asas keadilan belum  memberikan kepastian hukum yang baik. Terbukti dengan adanya beberapa pasal dalam UU Agraria dan aturan dalam internal BPN yang masih menimbulkan pertanyaan soal penyelesaian sertifikat ganda di masa mendatang.


Keywords


Rekonstruksi, Sertifikat Ganda, Keadilan.



DOI: https://doi.org/10.15408/jlr.v2i4.18123 Abstract - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.