PENGARUH MODEL PAIRED STORYTELLING TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR

Siti Hadaina Rusyda, Ja'far Sanusi

Abstract


This study aims to determine the influence of the Paired Storytelling model  on storytelling skills in Indonesian subjects of grade IV students of MI Dayatussalam Cileungsi Bogor. This study used quasi-experimental quantitative methods with a population of 62 students consisting of experimental classes and control classes. The data collection techniques used are interviews, observations, and tests. Based  on the results of the Independent Samples Test  table data, the output of the t test results, obtained  the sig value (2-tailed) is 0.010, which means it is smaller than a 0.05 while based on tcalculated t value of 2,644 and ttable  t value of 2,000, tcalculated  t value is  greater than ttable t value.  Thus Ho was rejected and Ha accepted, meaning that there was an influence  of the paired  storytelling model on storytelling skills in subjects Indonesian grade IV students of MI Dayatussalam Cileungsi Bogor. 


Keywords


Paired Storytelling; Learning Model; Storytelling Skills

Full Text:

PDF

References


Afiattresna Octavia, Shilphy. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Ajar Ismiyati, Siti. 2016. Aku Dan Mimpiku Antologi Cerita Anak. Yogyakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta.

Arifin, Johar. 2017. Spss 24 Untuk Penelitian Dan Skripsi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Aripi, dan Rohani. 2022. “Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Melalui Pendekatan Komunikatif Kelas V Sd Negeri Bile Tengak.” Educator : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan 2(3):277–86.

Badriyah, Ummul. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Big Book Writing Terhadap Kemampuan Menulis Siswa.” Tafahham 1(3):44.

Brada, Elssi, dkk. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Paired Story Telling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) 5(3):149–59.

Darmadi. 2017. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Darmuki, Agus, dan Ahmad Hariyadi. 2019. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa PBSI Tingkat I-B IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019.” Kredo : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra 2(2):256–67.

Elly, Atiya, And Mursalim. 2022. “Implementasi Model Paired Storytelling Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sd Inpres 14 Samate Raja Ampat.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 4(2):101–9.

Fadhallah, R. A. 2021. Wawancara. Jakarta: UNJ Press.

Ibnu Badar Al-Tabany, Trianto. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Jakarta: Prenada Media.

Ideswal, dkk. 2020. “Kontribusi Iklim Sekolah Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4(2):460–66.

Katoningsih, Sri. 2021. Keterampilan Bercerita. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Mukhtazar. 2020. Prosedur Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Absolute Media.

Nur Aisyah, Alfiana, dkk. 2022. “Penerapan Metode Bercerita Untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri Anak Pra Sekolah: Sebuah Systematic Review.” Jurnal Pg-Paud Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini 9(2):41–48.

Nurismayanti, Salsabila, dkk. 2022. “Pengaruh Penerapan Blended Learning Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya.” Jurnal Pendidikan Dasar 2(1):1–14.

Nurjanah, Siti, dkk. 2022. “Analisis Kemampuan Berbahasa Dan Perilaku Moral Pada Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Melalui Metode Bercerita.” Ilmu Kesehatan 13(2):157.

Nuzullina Rahmadhani, Sari. 2019. “Pengaruh Marjin Laba Bersih Dan Pengembalian Atas Ekuitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Industri Barang Konsumsi.” Jurnal Akuntansi Dan Bisnis : Jurnal Program Studi Akuntansi 5(2):170–75.

Ponidi, And Dkk. 2021. Model Pembelajaran Inovatif Dan Efektif. Indramayu: Penerbit Adab.

Puspitasari, Wiwik. 2019. Pintar Bercerita. Surakarta: Cv Kekata Group.

Rizki Ramadhani, Yulia, And Dkk. 2020. Metode Dan Teknik Pembelajaran Inovatif. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Rofa’ah. 2016. Pentingnya Kompetensi Guru Dalam Kegiatan Pembelajaran Dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Rosmala, Amelia, And Isrok’atun. 2021. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jak: Bumi Aksara.

Situmorang, Erlinawati, And Dkk. 2022. “Pengaruh Model Question Students Have Terhadap Keterampilan Bercerita Oleh Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Sipoholon.” Jurnal Darma Agung 30(3):637–46.

Sumardi. 2020. Teknik Pengukuran Dan Penilaian Hasil Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Wardana. 2020. Pengantar Aplikasi Spss Versi 20. Baubau: Lppm Universitas Muhammadiyah Buton Press.

Yendra. 2018. Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: Deepublish.

Yolanda, Wafa, And Dkk. 2022. “Efektivitas Metode Belajar Storytelling Untuk Meningkatkan Sosio-Emosional Anak Di Masa Pandemi Covid-19: Literature Review.” Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(1):21–32.

Yusuf, Muhammad, And Lukman Daris. 2019. Analisis Data Penelitian : Teori & Aplikasi Dalam Bidang Perikanan. Bogor: Pt Penerbit Ipb Press.

Zulaicha Trisdiana, Novaria, And Dkk. 2022. “Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini Dengan Media Boneka Jari.” Mentari: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2(2):92–101.




DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v4i1.30052 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006

 

Indexed By:

 Logo Sinta Ristekbrin Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch