Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Cooperative Integrated Reding and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di SDN Pamulang 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan dua siklus. Instrumen yang digunakan untuk menguji kemampuan membaca siswa menggunakan lembar observasi dan soal tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III di SDN Pamulang 01 yang membuka 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan persentase Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui hasil ketuntasan pada siklus pra sebesar 10%, dan ketuntasan pada siklus I menjadi 53,33%, serta ketuntasan pada siklus II sebesar 100%, dimana keberhasilan sudah mencapai 100 %.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Departemen Agama RI, Al-Qur’an Dan Terjemah (Bandung: CV Penerbit Diponegor, 2010)
Tarigan, Guntur Henry. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. 2015.
Dalman. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali. 2014.
Ridwanudin, Dindin. Bahasa Indonesia. Jakarta: UIN Press. 2015.
Sabila Lisa Aidil, dkk. Peningkatan Kemampuan Mmebaca Pemahaman Menggunakan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas VII SMP Islam Bawari Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. 2020.
Rahim, Farida. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. 2008.
Slavin, E, Robert. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktek. Bandung: Nusa Media. 2005.
Mubarok, Husni dan Nina Sofiana. Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) And Reading Motivation: Examining The Effect On Students’ Reading Ability. Vol 11. No 2. 2017.
Suprijono, Agus. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, Edisi Revisi. 2015.
DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v2i2.28105 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006
Indexed By: