Pengaruh Metode Example Non Example terhadap Keterampilan Menulis Pantun Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh metode example non example terhadap keterampilan menulis pantun siswa kelas V. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V MI Al-Wathoniyah 10 Pedaengan Jakarta Timur berjumlah 43 siswa dengan rincian yang menjadi sampel berjumlah 21 siswa. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif Quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan menggunakan instrumen tes keterampilan menulis pantun dan non tes berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dengan nilai signifikansi 0,05. Hasil uji analisis asumsi klasik menggunakan uji t (sig. 2 tailed) diperoleh nilai hipotesis 0,00 dengan taraf signifikan 5% (0,05). Apabila nilai signifikansi < 0,05 artinya HO ditolak. Berdasarkan rumusan hipotesis, apabila HO ditolak maka Hi diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara metode example non example terhadap keterampilan menulis siswa kelas V MI Al-Wathoniyah 10 Pedaengan Jakarta Timur. Uji N-Gain dalam penelitian ini menunjukkan 56,31% yang berarti cukup efektif penerapan metode example non example terhadap keterampilan menulis pantun siswa dengan nilai rata-rata pretes 69,9 dan postes 86,9.
Full Text:
PDFReferences
Aziz, Y M. 2013. “The Effectiveness of Blended Learning, Prior Knowledge to The Understand Concept in Economics”. Education Research Internasional.
Chaeruman, Uwes A. 2019. “Merancang Model Blended Learning Designing Blended Leraning Model. Jurnal Teknodik. Vol. 17. No 4.
Chaterine, Rahel Narda. 2020. “Detik News: Sekolah Diliburkan Cegah Corona, Nadiem Berlakukan Sistem Belajar Online”. Diakses Pada Tanggal 4 Desember 2021. Pukul 11.22. dari https://news.detik.com/berita/d-4943637/sekolah-diliburkan-cegah-corona- nadiem-berlakukan-sistem-belajar-online
Fauzan, Rahman, dan Fitria. 2018. “Digital Distruption In Student Behavioral Learning; Towards Industrial Revolution 4.0”. Jurnal Teknik Informatika Politeknik Hasnur. Vol.4. No.2.
Hidayat, Muh Yusuf dan Ayu Andira. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantu Media Schoology Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA Pangkep”. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 7. No. 2.
Hima, Lina Rihatul. 2017. “Pengaruh Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terhadap Motivasi Siswa Pada Materi Relasi Dan Fungsi”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 2. No. 1.
Hussin , Zaharah, dkk. 2015. “Kajian Model Blended Learning Dalam Jurnal Terpilih : Satu Analisis Kandungan”. Jurnal Kurikulum & Pengajaran Asia Pasifik. Vol 3. No 1.
Kasih, Ayunda Pinita. 2021. “Kompas.com: Sekolah Tatap Muka Juli: Maksimal 2 Jam Sehari Dan Jumlah Murid 25 Persen”. Diakses Pada Tanggal 4 Desember 2021. Pukul 11:43. dari https://www.kompas.com/edu/read/2021/06/08/135739771/sekolah- tatap-muka-juli-maksimal-2-jam-sehari-jumlah-murid-25-persen
Kusni, M. 2010. “Implementasi Sistem Pembelajaran Blended Learning pada Kuliah AE3121 Getaran Mekanik di Program Studi Aeronotika dan Astronotika”. Jurnal Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin (SNTTM) ke-9.
Latif, M. A. (2018). Analisis Tingkat Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Garut (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Mufida, Nur Lailatul, dan Jun Sujanti. 2021. “Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19”. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 9. No. 1.
Nurhadi, Nunung . “Blended Learning dan Aplikasinya di Era New Normal Pandemi Covid-19”. Jurnal Agrieskstensia. Vol. 19. No. 2. 2020.
Salamah, Wiladatus. 2020. “Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran”. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 4. No. 3.
Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Utami, Rini. 2019. “Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Penggunaan Google Classroom Pada Mata Kuliah Psikologi Pembelajaran Matematika”. PRISMA: Prosiding Seminas Nasional Matematika.
Wahyudi. 2017. Resource Sharing Blended Project Based Learning (RS-BPBL ©): Sistem Operasi Android, Linux, dan Mac OS. Cet ke-1. Yogyakarta: LeutikaPrio.
Wicaksono, Adhi. 2021. “CNN Indonesia, Nadiem: Semua Sekolah Seharusnya Sudah Tatap Muka Juli 2021”. Diakses Pada Tanggal 4 Desember 2021. Pukul 11:36. dari https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210303172813-20-613319/nadiem- semua-sekolah-seharusnya-sudah-tatap-muka-juli-2021
DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v2i1.25493 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006
Indexed By: