Hubungan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika dalam Pembelajaran Tematik

Authors

  • Alviani Rachmah Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Asep Ediana Latip Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.15408/elementar.v2i1.24335

Keywords:

Membaca Pemahaman, Soal Cerita Matematika, Pembelajaran Tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan membaca pemahaman dengan kemamp1111uan memahami soal cerita matematika pada pembelajaran tematik kelas IV MIS Al-Wathoniyah 10. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan desain korelasional. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV MIS Al-Wathoniyah 10 yang berjumlah 55 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh yaitu seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika dalam pembelajaran tematik kelas IV MIS Al-Wathoniyah 10. Hal tersebut dibuktikan pada hasil t-test dengan perolehan thitung > ttabel yaitu sebesar 5,013 > 1,673. Adapun tingkat hubungannya berdasarkan hasil uji rank spearman dinyatakan berkorelasi cukup kuat dengan hasil perhitungan sebesar 0,457. Sementara itu, signifikansi hubungan berdasarkan hasil koefisien determinasi diperoleh presentase determinasi sebesar 32,2%, hal ini berarti terdapat 67,8% dideterminasi oleh faktor lain diluar faktor keterampilan membaca pemahaman. 

References

Abidin, Yunus. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter, (Bandung: Refika Aditama. 2012.

Aisyah, Siti. Perkembangan dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Gomez, Anna L etc., “The Undeniable Relationship between Rading Comprehesion and Mathematics Performance”, Journal Of Issues in Education Research, Vol. 30, No. 4, 2020. Hlm.1351

Gunarwati, Rahmi, dkk. “Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Berbasis Daring Pada Siswa Sekolah Dasar”, Journal of Primary and Children’s education, Vol. 4, No. 2, 2021, hlm. 27

Ibda, Hamidulloh. Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut untuk Mahasiswa, Semarang: CV Pilar Nusantara. 2019

Latip, Asep Ediana. Evaluasi Pembelajaran di SD dan MI. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2018.

Masykur, Moch. dan Abdul Halim Fathani, Cara Cerdas melatih Otak dan menanggulangi Kesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Grup, 2007.

Supriyadi, dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 1992.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: kencana Prenada Media Grup. 2013.

Sutawijaya dan Hudoyo, Matematika. akarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirktorat jendral Pendidikan Tinggi Bagan Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1997.

Zahro, Nining Fatimatuz dan Hoirul Latifah,”Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa PD Plus Nurul Hikmah Pemekasan”, Jurnal Prosiding Seminar Edisainstech, FMIPA UNIMUS 2022, hlm. 614

Downloads

Published

2022-10-13