Hubungan Implementasi Pendidikan Karakter Dengan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran PKn Kelas IV Di Masa Pandemi Covid-19

Hilda Hayatun Nufus, Zikri Neni Iska

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pendidikan karakter dan kecerdasan emosional yang kurang terbangun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara implementasi pendidikan karakter dengan kecerdasan emosional peserta didik dalam mata pelajaran PKN kelas IV SDN Ceger 02. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 63 peserta didik dan jumlah sampel diambil berdasarkan teknik simple random sampling yaitu diperoleh 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan instrument pengumpul data berupa angket dengan skala Likert. Teknik analisis data dalam pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment demikian, terdapat hubungan yang signifikan antara implementasi pendidikan karakter terhadap kecerdasan emosional. Hasil perhitungan diperoleh, nilai koefisien korelasi r = 0,794 artinya korelasi signifikan. Besar kontribusi tentang implementasi pendidikan karakter dengan kecerdasan emosional adalah sebesar 88,36%.


Keywords


Implementasi Pendidikan Karakter; Kecerdasan Emosional

Full Text:

PDF

References


Adhim,Fauzan. Hubungan Pendidikan Karakter Terhadap Kecerdasan Emosional Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang. (Jurnal Inspirasi Pendidikan : Universitas Kanjuruhan Malang)

Alfianika, Ninit. Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Deepublish Publisher. 2018.

Herlina, Vivi. Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Jakarta : PT. Elex Media Computindo. 2019

Marzuki, Agustina. Crystha Armereo, Pipit Fitri Rahayu. Praktikum Statistik. Malang : Ahlimedia Press. 2020.

Mukhtazar. Teknik Penyusunan Skripsi. Yogyakarta : Absolute Media. 2012.

Nurmalitasari, Femmi. Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. (Buletin Psikologi : Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Volume 23, No. 2). 2015

Payadnya, I Putu Ade Andre. dan I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika. Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish. 2018.

Perbowosari,Heny. Peran Kecerdasan Emosional Dalam Pendidikan Karakter.Seminar Nasional : Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar bekerjasama dengan Jayapangus Pres.2016.

Tridonanto, Al. dan Baranda Agency. Melejitkan Kecerdasan Emosi (EQ) buah hati. (Jakarta : PT. Elex Media Computindo). 2013.

Wuwung, Cherly Olivia. Strategi Pembelajaran dan Kecerdasan Emosional, Surabaya : Scopindo. 2019.

Yaumi, Muhammad. Pendidikan Karakter : Landasan, Pilar dan Implementasi. (Perpustakaan Nasional : Katalog Dalam Terbitan). 2014.




DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v1i2.22107 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006

 

Indexed By:

Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch