NEGOSIASI RUANG PUBLIK: MODERNISASI DAN PENGUATAN CIVIL SOCIETY MODEL PESANTREN
DOI:
https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6459Abstract
Negosiasi Ruang Publik; Modernisasi dan Penguatan Civil Society Model Pesantren. Meski kontribusi pesantren dalam pembangunan sosial ekonomi telah banyak diakui berbagai kalangan, lembaga pendidikan Islam ini seringkali diasosiasikan sebagai lembaga yang mempromosikan pendidikan yang intoleran dan militan yang kemudian menjadi akar gerakan radikal dan terorisme di Indonesia. Artikel ini mencoba menjawab kemampuan pesantren dalam mempersiapkan santrinya agar mampu berpartisipasi di era masyarakat modern dan mendukung penguatan masyarakat sipil. Peran pesantren di era modernisasi dievaluasi melalui program-program pendidikan yang berhubungan dengan pendidikan anti-kekerasan, toleransi antar keyakinan dan etnis, pluralisme, Hak Asasi Manusia (HAM), kesetaraan gender, demokrasi, serta keadilan politik dan sosial. Berdasarkan studi etnografi di Pondok Modern Gontor, artikel ini mengambarkan bahwa pesantren telah mengambil peran politik progresif dan berperan aktif dalam penguatan munculnya masyarakat sipil di IndonesiaReferences
Abdullah, Taufik, Islam dan Masyarakat: Pantulan Sejarah Indonesia, Jakarta: LP3ES, 1987
Anwar, M. Syafi’i, Pemikiran dan Aksi Islam Indonesia: Sebuah Kajian Politik
Tentang Cendekiawan Muslim Orde Baru. Jakarta: Paramadina, 1995.
Casanova, J., Public religions in the modern world, University of Chicago Press,2011
Lukens-Bull, Ronald, Negotiating Identity and Modernity in Muslim Java, Palgrave Macmillan, 2005.
Pondok Modern Darussalam Gontor, Sejarah Balai Pendidikan Pondok modern Gontor, Penggal I, h. 1.
_____, K.H. Imam Zarakasyi Di Mata Umat, Ponorogo: Trimurti Press, 1996
Steenbrink , Karel A., Pesantren, Madrasah, dan Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Modern, Jakarta: LP3ES, 1986.
Syukri Zarkasyi, Abdullah, “Mewujudkan Sekolah Islam Internasional: Sumbangan Pemikiran dari Pengalaman Pondok Modern Darussalam Gontor”. Jakarta, April 2002.
_____, “Sistem Pendidikan Pondok Pesantren: Pengalaman Pondok Modern
Darussalam Gontor.” Makalah disampaikan dalam Seminar tentang “Refleksi dan Rekonstruksi Pendidikan Islam,” diselenggarakan oleh Yayasan al-Kautsar, 31 Oktober 2002, di Jakarta Design Center.
_____, Gontor & Pembaruan Pendidikan Pesantren. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2005.
Tim Penyusun, K.H. Imam Zarkasyi Dari Gontor Merintis Pondok Modern, Ponorogo: Trimurti Press, 1996.
Website
http://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2012/10/121011_keluarga_bombali.sml
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Saifudin Asrori

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



