Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak kepada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunanetra di Sekolah Luar Biasa (SLB)-A Pembina Nasional Jakarta

Authors

  • Anggun Nurjannah RA Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Akhmad Sodiq Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15408/6b0yq240

Keywords:

The Role of Teachers, Moral Values, Blind Children with Special Needs

Abstract

This research is motivated by educational problems, especially Islamic religious education for Children with Special Needs (ABK), especially the blind, which are still not maximally given. In addition, blind people in Indonesia occupy the first level in Asia and second level in the world. This study aimed to analyze the role of teachers in instilling moral values in blind children with special needs (ABK) at Special Schools (SLB)-A Pembina Nasional Jakarta. The results of the study show the role of Islamic religious education teachers in instilling moral values in visually impairments at the SLB-A Pembina Jakarta National Level by acting as educators, teachers, directors, and trainers. In carrying out their role, the teacher faced obstacles in obtaining learning resources, visual aids as learning media, and the physical and emotional conditions of ABK. Therefore, it requires strong physical and spiritual readiness for the teacher so that he/she can carry out his/her role properly. The implication of this research is that it is necessary to carry out evaluations and policies to provide learning resources and visual aids so that the teacher's role can be carried out better.

References

Abdurrahman, Muhammad. 2016. Akhlak: Menjadi Seorang Muslim Berakhlak Mulia. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press.

Banna, Andi. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak (Studi Kasus di MIN Alfitrah Lanraki. JILFAI-UMI. 16(1): 101-107.

Etik Kurniawati. 2017. Penanaman Nilai-Nilai Akhlak pada Anak Tunagrahita dalam Pendidikan Vokasional. Jurnal Penelitian. 11(2): 263-280.

Farkhan, Aulia. Dkk. 2022.Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra. Jurnal Instructional Development Journal (IDJ). 5(3).

Fitriani. Dkk. 2022. Strategi Guru dalam Mendidik Akhlak Peserta Didik di Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. 8(1): 13-29.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Bumi Angkasa.

Irdamurni. 2018. Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Jawa Barat: Goresan Pena.

Isroani, Farida. 2019. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Quality. 7(1): 50-65.

Kamal, Muhiddinur. 2019. Guru: Suatu Kajian Teoritis dan Praktis. Bandar Lampung: CV. Anugrah Utama Raharja Bandar.

Kemendikbud RI. Buku Guru: Keragaman Lingkungan dengan Tema Tunanetra. 2018. h. xi. Diakses pada link

https://pmpk.kemdikbud.go.id/bukudigital/read/pdf/keberagaman-lingkungan-612aa2858c312.

Minsih. 2020. Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar: Merangkul Perbedaan dalam Kebersamaan. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Mu’awanah. 2011. Strategi Pembelajaran: Pedoman untuk Guru dan Calon Guru. Kediri: STAIN KEDIRI PRESS.

Mu’awwanah, Uyu. Dkk. 2021. Strategi Pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Serang: Media Madani.

Nata, Abuddin. 2003. Manajemen Pendidikan. Bogor: Prenada Media.

Ni’matuzahroh. Dkk. 2021. Psikologi dan Intervensi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Pramartha, Nyoman. 2015. Sejarah dan Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa Bagian A Negeri Denpasar Bali. Jurnal Historia. 3(2): 67-74.

Raharjo, Sabar. 2010. Pendidikan Karakter sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 16(3): 229-238.

Raihan. 2017. Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Islam Jakarta.

Rijali, Ahmad. 2018. Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah. 17(33): 81-95.

Rozaq, Ashifur. Dkk. 2022. Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Labschool Sintang. Adiba: Journal of Education. 2(4): 554-570.

Rozi, Fathor. Jannah, Innani. 2021. Revitalisasi Pemberdayaan Budaya Karakter Nuansa Religiustik dalam Membentuk Perilaku Pekerti Santri. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan. 5(1): 17-34.

Setiawan, Imam. 2020. A to Z Anak Berkebutuhan Khusus. Jawa Barat: CV Jejak.

SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta, Sejarah. 2023. Di akses pada 31 Juli 2023 pada link http://slbapembinajakarta.sch.id/sejarah/.

SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta, Sejarah. 2023. Di akses pada 31 Juli 2023 pada link http://slbapembinajakarta.sch.id/visi-dan-misi/.

SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta, Sejarah. 2023. Di akses pada 31 Juli 2023 pada link http://slbapembinajakarta.sch.id/program-khusus/.

Suhayib. 2016. Studi Akhlak. Yogyakarta: KALIMEDIA.

Sukadari. 2020. Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Melalui Pendidikan Inklusi. Jurnal Elementary School. 7(2): 336-346.

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Uno, Hamzah B. Lamatenggo, Nina. 2016. Tugas Guru dalam Pembelajaran: Aspek yang Memengaruhi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Utomo. Muniroh, Nadya. 2019. Pendidikan Anak dengan Hambatan Penglihatan. Banjarbaru: Prodi. PJ JPOK FKIP ULM Press.

Wardanik, Yuliana. Dkk. 2021. Konsep Pendidikan Karakter Presfektif Al-Ghazali dan Abdullah Nashin Ulwan. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan. 5(2): 480-487.

Yuwono, Imam. Mirnawati. 2021. Aksesibilitas bagi Penyandang Tunanetra di Lingkungan Lahan Basah. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2025-10-10

How to Cite

Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak kepada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunanetra di Sekolah Luar Biasa (SLB)-A Pembina Nasional Jakarta. (2025). Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 24(1), 112-124. https://doi.org/10.15408/6b0yq240