Implementasi Nilai Karakter Sederhana di Pondok Pesantren Salafi
DOI:
https://doi.org/10.15408/kordinat.v22i1.33491Keywords:
Karakter, Pondok Pesantren SalafiAbstract
Penelitian ini memiliki gagasan untuk mengkaji pendidikan karakter kesederhanan santri serta bagaimana implementasi pendidikan karakter sederhana yang bertujuan supaya santri memiliki mental yang kuat dalam berdakwah yaitu menyeru kebaikan dan mencegah yang munkar. Serta menjadi pribadi beriman dan bertakwa dalam semata-mata beribadah kepada Allah dan berbuat baik terhadap sesama. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk memahami tentang yang terjadi di pondok pesantren Bidayatul Mubtadiin, selain itu, dilakukan oleh peneliti dengan melihat langsung tentang kondisi tempat atau lapangan yang akan diteliti, dengan respon dan partisipasi dari pihak informen. Maka dari itu, diharapkan peneliti dapat mendeskripsikan implementasi nilai karakter kesederhanaan dipondok pesantren tersebut. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Pondok pesantren Salafi Bidayatul Mubtadiin berusaha untuk menyiapkan santri atau generasi muslim yang bepengetahuan, bertaqwa dan berkarakter islami. kontribusinya yaitu mendidik santri agar memiliki mental dan iman yang kuat dalam menghadapi tantangan zaman, serta dapat mensyiarkan ajaran islam di lingkungan dan masyarakat sekitar. Peran kyai dalam mendidik karakter sederhana bukan hanya sebagai pendidik melainkan sebagai teladan, pembiasaan, dorongan, yang tercermin dalam kesehariannya dengan begitu, santri dapat mencontoh dan mempraktekannya langsung dalam kehidupan sehari-hariReferences
Baihaki, Imam. 2020. Paradigma Pesantren Terhadap Pendidikan Karakter di Lembaga. At-Turost: Journal of Islamic Studies, Vol. 07, No. 01, Februari. E-ISSN: 2581-1622.
Emzir. 2012. Metodologi penelitian kualitatif. Analisis data. Jakarta. Rajagrafindo persada halaman.
Kurniawan, Asep. 2015. Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Dalam Menjawab Krisis Sosial. Eduksos: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi. Volume 4 No 2.
Mutaqin, Mumu Zainal, Solihin, Dirga Ayu Lestari. 2022. Implementasi Model Karakter Tadzkiroh Untuk Meningkatkan Sikap Religius Siswa. Islamika. Jurnal Agama, Pendidikan, Dan Sosial Budaya. Vol. 16, No. 1, Januari-Juni 2022.
Nurhidayati, Fitriah. Iman Subasman. Nilai-Nilai Budaya Pesantren Salaf Dalam Mendidik Karakter Santri Perspektif Kh. Hasyim Asy’ari. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Vol. 2 No. 2, Mei. e-ISSN : 2746-4873
Oktari, Dian Popi. Aceng Kosasih. 2019. Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. JPIS: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Volume 28, Nomor 1, Juni. e-ISSN 2540-7694.
Pasmah, Chandra. 2020. Peran Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Bangsa Santri di Era Disrupsi. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 5, No 2. e-ISSN 2548-3404, DOI:10.29240/belajea.v5i2.1497.
Raikhan. 2018. Peran Pesantren Dalam Perkembangan Penalaran Moral Santri (Studi Kasus Di Pesantren Tarbiyatut Tholabah Lamongan). Madinah: Jurnal Studi Islam, Volume 5 Nomor 1 Juni
Saihu, M. (2022). Moderasi Pendidikan: Sebuah Sarana Membumikan Toleransi dalam Dunia Pendidikan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02), 629–648. https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.2651
Saihu, S., & Rohman, B. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Model Pendidikan Transfromatife Learning Pada Santri di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Bali. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(02), 435–452.
Sumardi, Kamin. 2012. Potret Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Salafiah. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun II, Nomor 3, Oktober.
Qosidah, siti. Nurhadi. I. Mustofa Zuhri. 2018. Desain Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren; Studi Pondok Pesantren Al-Karomah Bali. Fenomena, Vol. 17no. 1 April 2018.
Zuhriy, M. Syaifuddien. 2011. Budaya Pesantren Dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf. Walisongo, Volume 19, Nomor 2, November 2011



