Resiliensi penyandang tuna daksa: pengaruh dukungan sosial dan gratitude dalam membentuk individu yang resilien

Fristy Vidya Kusuma Ayudia, Solicha Solicha

Abstract


Studi ini ingin menguji hubungan antara dukungan social dan rasa terima kasih terhadap resiliensi di kalangan orang-orang dengan disabilitas fisik. Pengukuran dukungan sosial, rasa terima kasih, dan resiliensi dilakukan pada 110 orang dewasa dengan disabilitas fisik di beberapa tempat di Jakarta. Peneliti berhipotesis bahwa aspek dari dukungan sosial dan rasa terima kasih akan mempengaruhi resiliensi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis multiple regresi. Hasil menunjukkan bahwa dukungan sosial dan rasa terima kasih memberikan pengaruh positif terhadap resiliensi. Secara spesifik kontribusi terbesar diberikan oleh dukungan emosional dan rasa berlimpah. Implikasi dari temuan penelitian ini dalam menyediakan sebuah intervensi untuk meningkatkan tingkat resiliensi diantara orang dewasa yang memiliki keterbatasan fisik kembali di diskusikan.

Keywords


resiliensi, dukungan sosial, rasa terima kasih, keterbatasan fisik

References


Armstrong, M.I., Birnie-Lefcovitch, S., & Ungar, M.T. (2005). Pathways between social support, family well-being, quality of parenting, and child resilience: What we know. Journal of Child and Family Studies, 14(2), 269-281.doi: 10.1007/s10826-005-5054-4.

Carpenter, C. & Readman, T. (2006). Exploring the literacy difficulties of physically disabled people. Adult Basic Education, 16(3), 131-150.

Chung, H. (2008). Resiliency and character strengths among college students. A dissertation of Educational Psychology. The University of Arizona.

Davis, C.G., & Asliturk, E. (2011). Toward a positive psychology of coping with anticipated events. Canadian Psychology, 52(2), 101–110. doi: 10.1037/a0020177.

Dumont, M., & Provost, M.A. (1999). Resilience in adolescent: Protective role of social support, coping strategies, self-esteem, and social activities on experience of stress and depression. Journal of Youth and Adolescence, 28(3), 343-363.

Emmons, R.A., McCullogh, M.E., & Tsang, J. (2004). Chapter twenty one: The assessment of gratitude. Dalam Lopez, S.J. & Snyder, C.R (ed). Positive psychological assessment: A handbook of models and measures (327-341). Washington, DC: American Psychological Association.

Friborg, O., Hjemdal, O., Martinussen, M., & Rosenvinge, J.H. (2009). Empirical support for resilience as more than the counterpart and absence of vulnerability and symptoms of mental disorder. Journal of Individual Differences, 30(3), 138-151.doi: 10.1027/1614-0001.30.3.138.

Haglund, M., Cooper, N., Southwick, S., & Charney, D. (2007). 6 keys to resilience for PTSD and everyday stress. Current Psychiatry, 6(4), 23-30.

Henderson, N., & Milstein, M.M. (2003). Resiliency in schools: Making it

happen for students and educators. United States: Corwin Press, Inc.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/tazkiya.v2i2.10767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.