Government Policy about the Integration of General Science and Religion at the Senior High School/Madrasah Aliyah

R Rahmatullah

Abstract


Abstract

The research problem was how to extent government policy about the integration of general science and religion at the Senior High School/ Islamic Senior High School. The objective of the research was to know the factor of the government policy about the integration of general science and religion, its background, destination, contents, implementation, obstacle and solution of government policy at the Senior High School/Islamic Senior High School, DKI Jakarta. The method of research used was documentation, history and triangulation methods. The finding of research was to integrate general science and religion at Senior High School/Islamic Senior High School, its limited the justification of Qur’an verses only, not to the real science of Islamization.

Abstrak

Masalah penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kebijakan pemerintah tentang integrasi ilmu umum dan agama di SMA / Madrasah Aliyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor kebijakan pemerintah tentang integrasi ilmu pengetahuan umum dan agama, latar belakang, tujuan, isi, pelaksanaan, hambatan dan solusi atas kebijakan pemerintah di SMA / Madrasah Aliyah di DKI Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dokumentasi, sejarah dan triangulasi. Temuan dari penelitian ini adalah bahwa untuk mengintegrasikan ilmu umum dan agama di SMA / Madrasah Aliyah hanya terbatas pada pembenaran ayat-ayat Qur'an saja, bukan ilmu-ilmu Islam yang sebenarnya.

How to Cite : Rahmatullah. Tafsir, A. Mujahidin, E. (2016). Integrating Science and Religion: An Analysis on The Policy of The Government at Senior High School/Madrasah Aliyah. TARBIYA: Journal Of Education In Muslim Society, 3(1), 32-50. doi:10.15408/tjems.v3i1. 3408.

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.15408/tjems.v3i1. 3408


Keywords


government policy, integration, general science, religion;kebijakan pemerintah; integrasi; ilmu pengetahuan umum; agama

Full Text:

PDF

References


Ahid, Nur, (2009). Problematika Madrasah Aliyah di Indonesia, Jawa Tengah: STAIN Kediri Press.

Ali, Fachri. (1986). Refleksi Faham “Kekuasaan Jawa” dalam Indonesia Modern, Jakarta: Gramedia.

Bawani, Imam. (1989). “Eksistensi Pendidikan Islam Pada Era Otonomi Daerah, dalam Tsaqafah,” Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Islam, Vol. 2 No. 1, Syawal 1428-R. Awal (1427). 103-106

Daulay, Haidar Putra. (2007). Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Prenada Media Group.

Departemen Agama RI, (2002). Development of Madrasah Aliyah Project, Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

_______,(2001). Madrasah Aliyah Keagamaan, Jakarta: Direktorat Jenderal Agama Islam.

_______,(2004). Madrasah Aliyah Kejuruan Arah dan Prospek Pengembangan, Jakarta:Direktoran Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

_______, (2001). Madrasah Aliyah Program Keterampilan, Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

_______, (2003). Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah Pertumbuhan dan Perkembangannya, Jakarta:Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

_______, (2004). Problematika Madrasah, Jakarta:Direktorat Jenderal Departemen Agama RI.

_______, (2001). Satuan Pendidikan Madrasah Aliyah Keagamaan, Jakarta:Direktorat Jenderal Pembinaan dan Kelembagaan Agama Islam.

_______. (2000). Sejarah Madrasah, Jakarta: Proyek Peningkatan Madrasah Aliyah.

Direktorat Jendral Bimbingan Islam. (1991/1992) Himpunan Peraturan Perundang-undangan SistemPendidikan Nasional, Jakarta: Dirjen Binbaga Islam.

Djamas, Nurhayati. (2009). Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia Pasca Kemerdekaan, Jakarta: Rajawali Press.

Faruqi, Ismail Raji al-. (1995). Islamisasi Pengetahuan, (terj) Anas Mahyuddin, Bandung: Pustaka.

Kartodirjo, Sartono. (1977). ”Metode Penggunaan Dokumen.” Dalam Kontjaraningrat (ed) Model-Model Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramidia.

Mastuhu. (1994). Dinamia Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: Inis.

Maksum. (1997). Madrasah, Sejarah dan Pcrkembangannya, Jakarta: Logos.

Muslich, Masnur. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP): Dasar Pemahaman dan Pengembangan, Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung : Remaja. Rosdakarya. Rohim

Nasution, Harun, (1983). Filsafat dan mistisisme dalam Islam, Jakarta, NV. Bulan Bintang.

Nata, Abudin. (2005). Pendidikan Islam di Era Global (Pendidikan Multikutural, Pendidikan Multi Iman, Pendidikan Agama Moral dan Etika, Jakarta: UIN Jakarta Press.

Noer, Deliar. (1996). Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1942 Jakarta: LP3ES.

Peraturan Pemerintah No 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan.

Rahim, Husuni, (2004). “Anatomi Madrasah di Indonesia,” dalam Edukasi, Jurnal Penelitian Agama dan Keagamaan, Vol. 2, No. 2.

_______, (2005). Madrasah dalam Politik Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Logos Wacana Ilmu dan Pemikiran.

Shihab, Muhammad Quraish, Tafsir Al-Misbah; Pesan, Kesan, dan Keselarasan Al-Qur’an, Banten: Lenterahari.

Saleh, Abdul Rachman. (2006). Madrasahdan Pendidikan Anak Bangsa, Visi, Misi dan Aksi, Jakarta: Rajawali Pers.

Surachmat, Winarno. (1975). Dasar dan Teknik Reseach: Pengantar Metodologi Ilmiah, Bandung: Taresito.

Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri 1975.

Steenbrink, Karel A. (1986). Pesantren, Madrasah dan Sekolah; Pendidikan Islam dalam Kurun Modern, Jakarta: LP3ES.

Salabi, Ahmad. (1954). Tarikh al-Tarbiyah al-Isloamiyah, Bairut: Dar al-Kasysyaf.

Tafsir, Ahmad, (2007). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

UU Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) No. 20 Tahun 2003

Wahyuddin, Wawan, (2010). Kebijakan Politik Pendidikan Era Orde Baru dan Era Repormasi dalam Penyelenggaran pendidikan, tidak diterbitkan, Disertasi Doktor di Sekolah Pasca Sarjan UIN Syarif Hidayatullah.

Yatim, Badri, et.al. (2001). Sejarah Perkembangan Madrasah, Jakarta: Logos.

Zaidallah, Alwiezal Imam, (2003). 100 Khutbah Jum’at Kontemoporer dalam Hikmah Isra’ dan Mi;raj Nabi Muhammad, SAW, Jakarta: Kalam Mulia.




DOI: https://doi.org/10.15408/tjems.v3i1.3408 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).

TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, p-ISSN: 2356-1416, e-ISSN: 2442-9848

View My Stats