The Effect of Offline and Online Learning System on Elementary School Students' Stress Levels During a Pandemic

Siti Masyithoh, Sindi Lestari

Abstract


Abstract

The entry of the Covid-19 virus into Indonesia has a direct impact, especially in the education sector. The most felt impact is the implementation of the learning process from home with or without using the internet network. Learning using the internet is known as online learning while learning without using the internet is known as offline learning. This study aims to determine the difference in stress levels of students who use offline learning systems and students who use online learning systems during a pandemic. This study uses a quantitative method with an experimental design of posttest only control group design.. This research was conducted at SDIT Nurul Amal with a total sample of 52 students with details of 36 students using the offline learning system and 16 students using the online learning system. Data collection was carried out using an instrument in the form of a student stress questionnaire with a Likert scale model containing 59 items with a valid value (α = 0.279). Data analysis used Independent Sample t-Test. The results of this study indicate that there are differences in the stress level of students who use offline learning systems and students who use online learning systems as indicated by the value of t count = 10.03 with p = 0.039 (p <0.05) and the value of Sig. 2 (tailed) 0.00 (Sig. 2 tailed < 0.05). This shows that there are differences in the stress levels of students who use offline learning systems and students who use online learning systems.

 

Abstrak

Masuknya virus Covid-19 ke Indonesia berdampak langsung terutama pada sektor pendidikan. Dampak yang paling dirasakan adalah pelaksanaan proses belajar dari rumah dengan atau tanpa menggunakan jaringan internet. Pembelajaran dengan menggunakan internet disebut pembelajaran online sedangkan pembelajaran tanpa menggunakan internet disebut pembelajaran offline. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat stres siswa yang menggunakan sistem pembelajaran offline dan siswa yang menggunakan sistem pembelajaran online pada masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen posttest only control group design. Penelitian ini dilakukan di SDIT Nurul Amal dengan jumlah sampel 52 siswa dengan rincian 36 siswa menggunakan sistem pembelajaran offline dan 16 siswa menggunakan pembelajaran online. Sistempengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket stres siswa dengan model skala Likert yang berisi 59 item dengan nilai valid (α = 0,279). Analisis data menggunakan Independent Sample t-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat stres siswa yang menggunakan sistem pembelajaran offline dan siswa yang menggunakan sistem pembelajaran online yang ditunjukkan dengan nilai t hitung = 10,03 dengan p = 0,039 (p < 0,05) dan nilai dari Sig. 2 (berekor) 0,00 (Sig. 2 berekor < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat stres siswa yang menggunakan sistem pembelajaran offline dan siswa yang menggunakan sistem pembelajaran online.

 


How to Cite: Masyithoh. S.,  Sindi. L. (2022). The Effect of Offline and Online Learning System on Elementary School Students' Stress Levels During a Pandemic. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 9(2), 63-76. doi:10.15408/tjems.v9i1. 24690.


Keywords


sistem pembelajaran offline dan online; sekolah dasar; tingkat stres selama pandemi; ffline and online learning system; elementary school; stress levels during a pandemic

Full Text:

PDF

References


Adit, Albertus. “12 Aplikasi Pembelajaran Daring Kerjasama Kemendikbud, Gratis!”, https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/22/123204571/12-aplikasi-pembelajaran-daring-kerjasama-kemendikbud-gratis?page=all, 04 Februari 2021.

Ambarita, Jenri, Jarwati, dan Dina Kurnia Restianti. Pembelajaran Luring. Jawa Barat: Penerbit Adab. 2020.

Amelia, Reski. Faktor Stres dan Cara Mengatasi. Gowa: Pustaka Taman Ilmu. 2020.

Aryani, Farida. Stres Belajar: Suatu Pendekatan dan Intervensi Konseling. Sulawesi Tengah: Edukasi Mitra Grafika. 2016.

Azanella, Luthfia Ayu. “Virus Corona: Penyebab, Gejala, Pencegahan, dan Kapan Harus Segera ke Dokter”, https://amp.kompas.com/tren/read/2020/03/31/162000665/virus-corona--penyebab-gejala-pencegahan-dan-kapan-harus-segera-ke-dokter, 18 April 2020.

Barseli, Mufadhal dan Ifdil Ifdil. “Konsep Stres Akademik Siswa”. Jurnal Konselng dan Pendidikan. Vol. 5. No. 3. 2017.

Fauzan. “Pembelajaran Tatap Muka di Tengah Menguatnya Kasus Pandemi Covid-19”, https://www.rmolbanten.com/read/2021/06/09/23645/Pembelajaran-Tatap-Muka-Di-Tengah-Menguatnya-Kasus-Pandemi-Covid-19-, 09 Juni 2021.

Formiatno, Lucas. Belajar Mendengarkan (Menjadi Guru & Orangtua Sejati). Yogyakarta: Penerbit Pustaka Anggrek. 2010.

Gilang , R. K. Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Banyumas: Penerbit Lutfi Gilang. 2020.

Gulö, W. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo. 2010.

Gusty, Sri et al. Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Covid-19. t.tm: Yayasan Kita Menulis. 2020.

Handarini, Oktafia Ika. “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19”, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8, 2020.

Hidayat, Aziz Alimul. Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas. Surabaya: Health Books Publishing. 2021.

Ibung, Dian. Stres pada Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 2008.

Indasari, Saskia Rosita. Buku Saku Dukungan Psikososial Bagi Guru & Siswa Tangguh di Masa Pandemi Covid-19. Tangerang Selatan: Wahana Visi Indonesia. 2020.

Jannah, Riazul, dkk. “Tingkat Stres Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19“. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat. Vol. 1. No. 1. 2021.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, “Menyiapkan Pembelajaran di Masa Pandemi: Tantangan dan Peluang”, https://spab.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads /2020/07/Menyiapkan-Pembelajaran-di-Masa-Pandemi-1.pdf, 24 Februari 2021.

Mahmud, R. dan Z. Uyun, “Studi Deskriptif Mengenai Pola Stres Pada Mahasiswa Praktikum”, Jurnal Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1, 2016.

Musradinur. “Stres dan Cara Mengatasinya Dalam Perspektif Psikologi”. Jurnal Edukasi. Vol. 2. No. 2. 2016.

Palupi, Tri Nathalia, “Tingkat Stres Pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar Dalam Menjalankan Proses Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid-19”, JP3SDM, 9, 2020.

P, Sindhu, “Impact of Stress on Academic Achievement among Engineering Students”, The International Journal of Indian Psychology Volume 4, Issue 1, 2016.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). “Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS)”. http://prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/122.

Pengelola web kemdikbud, “Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19”, https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19, 24 Februari 2021.

Pengelola Web Kemdikbud, “Pemerintah Daerah Diberikan Kewenangan Penuh Tentukan Izin Pembelajaran Tatap Muka”, diakses dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/ 2020/11/pemerintah-daerah-diberikan-kewenangan-penuh-tentukan-izin-pembelajaran-tatap-muka, 30 Juni 2021.

Pohan, Albert Efendi. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: Penerbit CV. Sarnu Untung. 2002.

Purwanto, Agus et al. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns Journal 19 Februari 2020 Volume 2 Nomor 1 ISSN Online : 2716-4446. 2020.

Ramdhani, Fazri Julia et al., “Humanizing Islamic Religious Education in Bali During the Covid-19 Pandemic”, TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society Vol. 8 No. 1 2021.

Salsabila, Qorri ‘Ainan et al. The Effect of the Covid-19 Pandemic on Stress Learning. Pedagogie, Vol. 2. No. 2 Juli 2021, 59 – 76.

Sanjaya, Ridwan. 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata. 2020.

Santika, Dewi Ririn and Daulay, Wardiyah. Students' Perceptions and Stress Levels Following Online Learning. CARING: Indonesian Journal of Nursing Science (IJNS) Vol. 3 No. 1 Tahun 2021 Hal. 48-54.

Sari, Agatha Kristi Pramudika dan Irfan Fajrul Falah, “Perbedaan Stres Level Siswa Sekolah Dasar Antara Full-Day dan Hal-Day School di Kabupaten Kuningan”, Jurnal Ilmiah Educater, 4, 2018.

Satuan Tugas Penanganan COVID-19. https://covid19.go.id/. 28 Januari 2021.

Setyawan, Harits, Blended Method: Online-Offline Teaching And Learning, On Students’ Reading Achievement. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris Vol 12 (1) 2019 22-33.

Singh, Padmalini et al., “A Comparative Study on Effectiveness of Online and Offline Learning in Higher Education”, International Journal of Tourism & Hospitality in Asia Pasific (IJTHAP) Vol. 4 No. 3, 102-114, October, 2021.

Soeli, Yuniar M. dkk..“Tingkat Stres Siswa Pada Sekolah yang Menerapkan Sistem Full Day School”, Jambura Nursing Journal, 3,2021.

Shabrina, Rifda et al., “Students’ Responses to Adapted Online Tahsin Quran Learning during the COVID-19 Pandemic”, TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 8(1), 2021, 57-65.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA. 2019.

Sukadiyanto. “Stres dan Cara Menguranginya”. Cakrawala pendidikan. No. 1. 2010.

Sunaryo. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC. 2004.

Valentino et al., “Online And Offline Learning Comparison In The New Normal Era, Online And Offline Learning Comparison In The New Normal”, International Journal of Educational Research & Social Sciences Vol. 3 No. 5 (2022): October 2022.

Yulistiani, Farida. “Imbas Pandemi Virus Corona Bagi Dunia Pendidikan Indonesia dan Global”, https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/kumparansains/imbas-pandemi-virus-corona-bagi-dunia-pendidikan-indonesia-dan-global-1t5YVXRYAbo, 18 April 2020.




DOI: https://doi.org/10.15408/tjems.v9i1.24690 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).

TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, p-ISSN: 2356-1416, e-ISSN: 2442-9848

View My Stats