Humanizing Islamic Religious Education in Bali During the Covid-19 Pandemic

Fajri Zulia Ramdhani, Rusmayani Rusmayani, Kurniawati Kurniawati

Abstract


Abstract

The delivery of Islamic Religious Education (PAI) in Bali has been fraught with difficulties, which have been exacerbated by the pandemic. This paper discusses 1) the realities of Islamic religious education in Bali, 2) the implementation of a special condition curriculum as a means of humanizing PAI education, and 3) the humanization of Islamic religious education in Bali during the COVID-19 pandemic. This research employed a qualitative phenomenological study, with data gathered through in-depth interviews with school principals, Islamic Religious Education teachers, and Muslim students' parents. The data is handled in stages that include data reduction, visualization, and verification. The findings indicate that: 1) The ratio of Islamic Religious Education teachers to pupils is imbalanced; some schools even lack Islamic Religious Education teachers, and numerous parents express dissatisfaction with online learning in PAI sessions. 2 ) Curriculum implementation for special/emergency situations; some schools have implemented it as a means of increasing learning effectiveness and efficiency, while others continue to use the national curriculum, despite teacher recognition that it is unproductive. 3) The special education curriculum is considered one of the first steps toward humanizing Religious Education Islam, which, in the face of poor online learning, must also be accompanied by teachers who are accessible to parents and students.

 

Abstrak

Penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam (PAI) di Bali penuh dengan kesulitan yang diperparah dengan adanya pandemi. tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki penggunaan kurikulum pengaturan khusus/darurat sebagai metode memanusiakan pendidikan. Tulisan ini membahas 1) realitas pendidikan agama Islam di Bali, 2) penerapan kurikulum kondisi khusus sebagai sarana memanusiakan pendidikan PAI, dan 3) humanisasi pendidikan agama Islam di Bali pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan studi kualitatif fenomenologis, dengan data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan orang tua siswa Muslim. Penanganan data dilakukan secara bertahap yang meliputi reduksi data, visualisasi, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rasio guru PAI terhadap siswa tidak seimbang; beberapa sekolah bahkan kekurangan guru PAI, dan banyak orang tua menyatakan ketidakpuasan dengan pembelajaran online di sesi PAI. 2) Implementasi kurikulum untuk situasi khusus/darurat; beberapa sekolah telah menerapkannya sebagai sarana untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran, sementara yang lain tetap menggunakan kurikulum nasional, meskipun diakui oleh guru bahwa kurikulum tersebut tidak produktif. 3) Kurikulum pendidikan luar biasa dianggap sebagai salah satu langkah awal untuk memanusiakan Pendidikan Agama Islam, yang dalam menghadapi pembelajaran online yang buruk, juga harus didampingi oleh guru yang dapat diakses oleh orang tua dan siswa.

How to Cite: Ramdhani, F. Z., Rusmayani, Kurniawati. (2021). Humanizing Islamic Religious Education in Bali During the Covid-19 Pandemic. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 8(1), 66-81. doi:10.15408/tjems.v8i1.20636.


Keywords


online learning; tahsin; Quran reading; COVID-19; online Quran learning; pembelajaran online; tahsin; membaca Al-Qur’an; COVID-19; belajar Al-Qur’an online

Full Text:

PDF

References


Asfiati, P. I. (2020). Figur Pendidik Humanis Di Masa Pandemi Covid 19. 12(2), 23–34.

Azhari, B., & Fajri, I. (2021). Distance learning during the COVID-19 pandemic: School closure in Indonesia. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology. https://doi.org/10.1080/0020739X.2021.1875072

Callistasia Wijaya. (2021). Covid-19: “Stres, mudah marah, hingga dugaan bunuh diri”, persoalan mental murid selama sekolah dari rumah. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-55992502

CNN Indonesia. (2020a). Jokowi Umumkan Dua WNI Positif Corona di Indonesia. Cnnindonesia.Com. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200302111534-20-479660/jokowi-umumkan-dua-wni-positif-corona-di-indonesia

CNN Indonesia. (2020b). Korban-korban PJJ, Buah Simalakama Pendidikan di Masa Pandemi. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201025032144-20-562424/korban-korban-pjj-buah-simalakama-pendidikan-di-masa-pandemi

Dapodik. (2020). Data Pokok Pendidikan. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ekon. (2021). Pemerintah Perpanjang PPKM Level 4 sampai 9 Agustus 2021. Ekon.Go.Id. https://ekon.go.id/publikasi/detail/3188/pemerintah-perpanjang-ppkm-level-4-sampai-9-agustus-2021

Gunawan. (2021). Upaya Meningkatkan Guru pada Kurikulum Darurat Covid-19 Melalui Pelaksanaan Supervisi Akademik Berbantuan Zoom Meeting di SMAN 3 Sidrap dan SMAN 9 Sidrap. EduPsyCouns Journal, 3, 1–14.

Güvercin, D., Kesici, A. E., & Akbaşlı, S. (2021). Distance Education Experiences of Teacher-Parents during the COVID-19. Athens Journal of Education, 1–21. https://www.athensjournals.gr/education/2021-4145-AJE-Kesici-05.pdf

Justin, D. (2018). Pedagogy of the Oppressed. LitCharts LLC.

Kartini, D., & Kristiawan, M. (2019). Pengaruh Tunjangan Profesi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 25–33. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p25-33

Kemdikbud. (2020). SURAT EDARAN MENDIKBUD NO 4 TAHUN 2020 TENTANG PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID- 1 9) - Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. In Https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/.

Kemenag. (2020a). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2791 Tahun 2020 Tentang Panduan Kurikulum Darurat Pada Madrasah. Kemenag.Go.Id.

Kemenag. (2020b). Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Agama Tahun 2020-2024. Kemenag.Go.Id.

Kemenag RI. (2015). Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2015 Tentang Rencana Strategis Kementerian Agama Tahun 2015- 2019. Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia, 39, 1–143.

Kemendikbud. (2020). Kepmendikbud Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Www.Kemdikbud.Go.Id, 022651, 9. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus

Larasati, D. (2020). Pendidikan Humanis Paulo Freire Dalam Perpektif Pendidikan Islam. Faculty of Tarbiya and Teaching Sciences Repository. https://doi.org/10.33096/jiir.v17i2.84

Lukinah, I. (2021). The effect of home visit on the learning outcomes of class 3 students in SD IQ Al-Islam. Journal of Educational Research, 1(4), 128–134.

Mashad, D. (2014). Muslim Bali: Mencari Kembali Harmoni yang Hilang. Pustaka Al-Kautsar.

Musthofa. (2020). Humanisasi PPendidikan Pesantren. Rajawali Press.

OECD. (2020). A framework to guide an education response to the COVID-19 Pandemic of 2020. Oecd-Ilibrary.Org. https://read.oecd-ilibrary.org/view/?ref=126_126988-t63lxosohs&title=A-framework-to-guide-an-education-response-tothe-Covid-19-Pandemic-of-2020.

Ramadan, W. (2007). Perspektif Humanisasi Pendidikan Dalam Konteks Ke-Islam-An Dan Ke-Indonesia-An (Upaya Rekonstruksi Perspektif Pendidikan Berbasis Humanis, Unggul dan Islami) Oleh. 1–13. https://www.academia.edu/4934215/ PERSPEKTIF_HUMANISASI_PENDIDIKAN_DALAM_KONTEKS_KE-ISLAM-AN_DAN_KE-INDONESIA-AN?auto=download

Rusmayani. (2019). Potret Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada Sekolah Menengah Umum di Bumi Minoritas. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, Volume 3 N. http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/268

Saifan Zaking. (2021). Curhatan Siswa yang Alami Kesulitan di Masa Pandemi Covid-19. https://www.jawapos.com/nasional/pendidikan/08/01/2021/curhatan-siswa-yang-alami-kesulitan-di-masa-pandemi-covid-19/

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638

Sakun A.V, K. T. . (2021). Sakun A . V ., Doctor of Philosophy , Associate Professor , Head of the Department of Philosophy , Political Science and Ukrainian Studies Kyiv National University of Technologies and Design Kadlubovich T . I ., Candidate of Sociological Sciences , Associ. International Scientific Conference Sakun, 155–158.

Sanjaya, J. B. (2020). Implementasi Kurikulum Darurat di Masa Pandemi COVID-19 Dalam Upaya Pemenuhan Hak Pendidikan. Journal of Indonesian Law (JIL), 1(2), 14. https://doi.org/10.18326/jil.v1i2.161-174

Sesfao, M. (2020). Perbandingan Pemikiran Pendidikan Paulo Freire Dengan Ajaran Tamansiswa Dalam Implementasi Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional, 261–272.

Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. In Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Supriatna, U. (2021). Implementasi Kebijakan Kurikulum Darurat Madrasah. Ta’Limuna, 10(01), 42–54. https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/talimuna/article/view/594/352

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

UNESCO. (2020). COVID-19 Educational Disruption and Response. Unesco.Org. https://en.unesco.org/covid19/educa tionresponse

Wahid, A. Hamid, D. (2021). Problematika pembelajaran fiqih terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh. Edureligia, 05(01), 1–17.

WHO. (2020). Mental health and Psychological Resilience during the COVID-19 pandemic. Euro.Who.Int.

Widodo, H. (2013). Pendidikan: Humanistik atau Dehumanisasi. https://pgsd.uad.ac.id/2014/01/23/pendidikan-humanisasi-atau-dehumanisasi/#:~:text=Humanisasi dan dehumanisasi adalah dua,pemberdayaan masyarakat melalui ilmu pengetahuan.

Wilatikta, A. (2020). Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam Jenjang Pendidikan Dasar: Kontekstualisasi Strategi Pembelajaran Semasa Pandemi. Jurnal Ilmu Agama Islam, 1–12.

Yusuf, M. A. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=RnA-DwAAQBAJ

Zainuddin, F. M. (2020). “Abdul Munir Mulkhan, Paradigma Intelektual Muslim Pengantar Filsafat Pendidikan Islam dan Dakwah.” IAIN Mad




DOI: https://doi.org/10.15408/tjems.v8i1.20636 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).

TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, p-ISSN: 2356-1416, e-ISSN: 2442-9848

View My Stats