Nilai Etika Pada Ajaran Perguruaan Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSPI) Kera Sakti
Abstract
Abstrak:
Perguruan Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSPI) Kera Sakti merupakan perguruan silat yang memiliki peran penting dalam pengembangan dan penanaman nilai-nilai etika terhadap anggotanya, juga sebagai pembentuk jiwa dan kepribadian yang berbudi pekerti yang luhur (akhlak mulia). Hal tersebut merupakan landasan dasar sebagai pedoman yang diajarkan dalam Perguruan Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSPI) Kera Sakti dalam berlaku dalam lingkup perguruan dan sosial masyarakat. Dan juga berperan aktif dalam pembentukan kader bangsa yang beriman kepada Sang Pencipta Allah SWT, dan yang berbudi pekerti luhur, serta memiliki sikap yang bijaksana, berani, disiplin, pantang menyerah, dan rasa bertanggung jawab.
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian library research (penulisan kepustakaan) dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis, serta tanya jawab antara peneliti dengan responden (indepth interview), bertujuan untuk menguatkan data yang sebelumnya telah didapat dan diperoleh, seperti penjelasan dari para pengurus, pelatih atau sesepuh yang dapat dijangkau oleh peneliti dalam Perguruan Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSPI) Kera Sakti.
Abstract:
The Kera Sakti Indonesian Family Martial Arts Association (IKSPI) is a martial arts school that plays an important role in the development and instillation of ethical values among its members, as well as in shaping a noble character and personality. This serves as the fundamental basis and guideline taught within the Kera Sakti Indonesian Family Martial Arts Association (IKSPI) for behavior within the school and the broader community. And also plays an active role in shaping the nation's cadres who are faithful to the Creator, Allah SWT, and who possess noble character, as well as having wise, brave, disciplined, resilient, and responsible attitudes.
In this study, a library research method was used with a qualitative approach, employing descriptive analysis research, as well as question-and-answer sessions between the researcher and respondents (in-depth interviews), aimed at strengthening the data that had previously been obtained, such as explanations from the administrators, coaches, or elders accessible to the researcher within the Indonesian Martial Arts Family Association (IKSPI) Kera Sakti.
Keywords
References
Abdullah, Amin. Antara Al-Ghaali dan Kant: Filsafat Etika Islam. Bandung: Mizan, 2002.
Ahmad Sabaeni, Beni. Ilmu Akhlak. Bandung: Pustaka Setia, 2010.
AS, Asmaran. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: PT Raja Grafindo, cet. 3, 2002.
A, Susanto. Filsafat Ilmu: suatu kajian dalam dimensi ontologis, eistemologis, aksiologis. Jakarta: Bumi Aksara, cet. 3, 2013.
Bagus, Lorenz. Kamus Filsafat. Jakarta: Pt. Gramedia Pustaka, 2000.
Bertens, K. Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001.
Burhanuddin, Nunu. Filsafat Ilmu. Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.
Burhanuddin, Salam. Pengantar Filsafat. Jakarta: Bumi Aksara, cet.3, 1995.
Daudy, Ahmad. Kuliah Filsafat Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1986.
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2002.
Harahap, Sofyan S. Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Salemba Empat, 2011.
Kiemdarto, Totong. Pedoman Warga IKSPI Kera Sakti. Madiun: Pusat Perguruan, 1985.
Kiemdarto, Totong. Hwa Jien Ke Iks an I. Madiun: Sekretariat Pusat, 1985.
Kiemdarto, Totong. Hwa Jien Ke Iks an II. Madiun: Sekretariat Pusat, 1985.
Magnis Suseno, Franz. Etika Dasar Masalah-masalah Pokok
Filsafat Moral. Yogyakarta: Kanisius, 1997.
Maryono, Oong. Pencak Silat: Merentang Waktu. Yogyakarta: Galang, 2000.
Mulyana. Pendidikan Pencak Silat Membangun Jati Diri dan Karakter Bangsa. Bandung: Remaja Rosda Karya. 2013.
Mustafa, H.A. Filsafat Islam. Bandung: Pustaka Setia, 1997.
Nasrul. Akhlak Tasawuf. Yogyakarta: Aswaja Presindo, 2015.
Notosoejitno. Khazanah Pencak Silat. Jakarta: CV Sagung Seto. 1997.
Nur Ikhsani, Dasim Budimansyah, Iim Siti Masyitoh, "Menerapkan Pendidikan Budi Pekerti Melalui Kesenian Pencak Silat", dalam Jurnal Civicus, Vol. 18 No. 02 2018, diakses dari
https://ejournal.upi.edu/index.php/civicus/article/download/5189/pdf
Nur Kholis. "Aplikasi Nilai-Nilai Luhur Pencak Silat Sarana Menbentuk Moralitas Bangsa", dalam Jurnal Sportif. Vol. 2 No. 2 (2016), diakses dari
https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/508
Rima Budi Prastika. "Rancang Bangun Sistem Informasi Pendataan Anggota IKS.PI Kera Sakti Berbasis Website", dalam jurnal Senatik. Vol. 5 No. 1 (2022), diakses dari
http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/view/2786
Quasem, M. Abdul. Etika Ghazali. Bandung: Pustaka, 1988.
Sjafariah, Rosmaria. Etika. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta, 2008.
Risieri, Frondiji. Pengantar Filsafat Nilai. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Sekretariat Pusat. Pelajaran Kerohanian Tingkat I Kera Sakti. Madiun: Sekretariat Pusat, 1980.
Subur. Pembelajaran Nilai Moral Berbasis Kisah. Yogyakarta: Kalimedia, 2015.
Surajiyo. Filsafat Ilmu perkembangannya di Indonesia, Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Suseno, Franz Magnis. Etika Dasar: Masalah-masalah pokok Filsafat Moral, Yogyakarta: Kanisius, 1987.
Syafi’i, Muhammad. “Etika dalam Pandangan Al-Farabi” Jurnal Ilmu Ushuluddin, Vol.16, No.2 (2017): 139-160.
Taufik, Muhammad. “Etika Plato dan Aristoteles: dalam Perspektif Etika Islam.” Jurnal Refleksi, Vol.18, No.1 (2018): 27-45.
Tim Litbang Pusat. Perguruan IKSPI Kera Sakti: Jejak Sang Legendaris Dan Cermin Generasi Penerus. Yogyakarta: Gerbang Media Aksara, 2022.
Ta'ibur Rahman, & Listyaningsih. "Penanaman Sikap Sopan Santun Pada Anggota Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSPI) Kera Sakti Di Desa Sidomlangean Kecamatan Kedungpiring Kabupaten Lamongan", dalam Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Volume 11 No. 2 2023, 568-585. Diakses dari
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/download/51510/42099
Yuliati, Qiqi dan Rusdiana. Pendidikan Nilai Kajian Teori dan Praktik di Sekolahan. Bandung: Pustaka Setia, 2014.
DOI: 10.15408/paradigma.v6i01.34592
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.