Manusia Sempurna Dalam Pandangan Murtadha Muthahhari

Afrah Saudah Aldiniati, Kholid Alwalid

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk memahami manusia sempurna menurut pandangan Murtadha Muthahhari, sedangkan rumusan masalah yang ingin dicari jawabannya adalah bagaimana Murtadha Muthahhari menjelaskan dan memandang manusia sempurna, bagaimana bukti-bukti adanya manusia sempurna, bagaimana karakteristik manusia sempurna dan upaya mencapai derajat manusia sempurna. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka atau library research. Dengan menggunakan buku “Manusia Sempurna Nilai dan Kepribadian Manusia pada Intelektualitas, Spiritualitas, dan Tanggung Jawab Sosial” karya Murtadha Muthahhari yang diterjemahkan oleh Arif Mulyadi sebagai sumber primer, dan peneliti juga mengumpulkan data dan dokumen dari berbagai karya Murtadha Muthahhari, serta rujukan lainnya seperti skripsi, jurnal dan artikel sebagai sumber sekunder yang akan dilakukan oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manusia sempurna merupakan manusia yang teladan, unggul dan luhur, yang untuk meningkatkannya kualitas diri terhadap Tuhan dan manusia itu sendiri. Sempurna untuk Tuhan itu bersifat tak terbatas dan ada dengan sendirinya sedangkan untuk manusia bersifat terbatas dan ada karena dibuat. Kata

 

Abstract:

This research aims to understand the concept of the perfect human according to Murtadha Muthahhari. The problem formulation that seeks answers includes how Murtadha Muthahhari explains and views the perfect human, what evidence exists for the perfect human, what the characteristics of the perfect human are, and what efforts can be made to achieve the status of the perfect human. In this research, a descriptive analysis method is used, while the data collection technique employed is literature review or library research. The primary source is the book "Perfect Human: Values and Personality of Humans in Intellectuality, Spirituality, and Social Responsibility" by Murtadha Muthahhari, translated by Arif Mulyadi. The researcher also collects data and documents from various works of Murtadha Muthahhari, as well as other references such as theses, journals, and articles as secondary sources that will be utilized by the researcher. The results of this research indicate that a perfect human is one who is exemplary, superior, and noble, striving to enhance their quality of self in relation to God and humanity itself. Perfect for God is infinite and exists by itself, while for humans it is limited and exists because it is created.


Keywords


Murtadha Muthahhari, Humanity, and Perfection

References


Daftar Pustaka

Achmad, H. Herdiansyah. Atlas Sejarah Nabi dan Rasul Sami Bin Abdullah Bin Abdullah Bin Ahmad Al-Maghluts; penerjemah, H. Herdiansyah Achmad; penyunting, Koeh, Bene; ilustrasi, Iyan Anggrono Putra. Jakarta: Karya Media 2007.

Al-Aqqad, Abbas Mahmud. Manusia Diungkap Qur’an, diterjemahkan oleh Pustaka Firdaus. Jakarta: Pustakan Firdaus, 1991.

Amanda, Satria. Manusia Sempurna Perspektif Murtadha Muthahhari dan Ibnu Miskawaih, (Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah, 2022).

Ash Shabuny, Muhammad Ali. Kenabian dan Para Nabi, Surabaya: PT Bina Ilmu 1993.

Bagus, Lorens. Kamus Filsafat. Jakarta: Gramedia, 1996.

Busriyadi. “Konsep Baik dan Buruk Menurut Murtadha Muthahhari” (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2019).

Encung, dan Kurniawan. “Rekonseptualisasi Insan Kamil Abd Al-Karim Al-Jilli oleh Murtadha Muthahhari,” Dirasah. Vol 4, No 1, Februari 2021.

Hadi, M. Rouful. “Krisis Spiritual Perspektif Murtadha Muthahhari” (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2021).

Hamdani. Filsafat Sains, Bandung: Pustakan Setia, 2011,

Kasdin Sihotang, Filsafat Manusia Upaya Membangkitkan Humanisme, Yogyakarta: PT Kanisius, 2009.

Murata, Sachiko. The Tao of Islam Kitab Rujukan tentang Relasi Gender dalam Kosmologi dan Teologi Islam, disunting oleh Ratna Megawani. Dialihbahasakan oleh Rahmani Astuti, & M.S. nasrullah. Bandung: Mizan, 1997.

Muthahhari, Murtadha. Fitrah, (Jakarta; Lentera, 1998).

__________. Falsafah Agama dan Kemanusiaan: Perspektif Alquran dan rasionalisme Islam, diterjemahkan oleh Arif Maulawi. Disunting oleh AM Safwan. Yogyakarta: Rausyan Fikr Institute, 2013.

__________. Filsafat Hikmah: Pengantar Pemikiran Shadra. Terj. Tim Penerjemah Mizan (Bandung; Penerbit Mizan Anggota IKAPI, 2002).

__________. Manusia Sempurna: Nilai dan Kepribadian Manusia pada Intelektualitas, Spritualitas, dan Tanggung Jawab Sosial, Yogyakarta: RausyanFikr Institute, 2013.

__________. Manusia Sempurna: Pandangan Islam Tentang Hakikat Manusia, diterjemahkan oleh M. Hashem. Disunting oleh Meth Kiera & Has Manadi. Jakarta: Lentera 2001.

Saleh Hairus. Filsafat Manusia Antara Abdurrahman Wahid dan Murtadla Muthahhari (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2014).

Syamsuri. Manusia Multidimensi Perspektif Murtadha Muthahhari, jurnal Syamsuri.

Zubaidillah. Konsep Manusia Sempurna Perspektif Seyyed Hossein Nasr, (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2018).


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/paradigma.v6i01.34511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.