ETIKA KATO NAN AMPEK DALAM BUDAYA MINANGKABAU

Makhdum Ahmad Alpetoti, Zainun Kamaluddin Fakih

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) yang  menggunakan metode deskriptif-analitis. Sumber-sumber data diperoleh dari sumber prier maupun sekunder. Tulisan ini fokus kepada Etika Kato Nan Ampek Dalam Budaya Minangkabau. Kato nan ampek telah memberikan ajaran dan aturan dalam berkomunikasi kepada lawan yang diajak berbicara, seperti antara mamak dan kemenakan, antara menantu dan mintuo, dan antara anak kepada orang tuanya. Adapun permasalahan yang dibahas adalah mengenai tuturan orang Minangkabau dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi falsafah hidup suku Minangkabau, nilai-nilai yang ditanamkan dalam kato nan ampek yaitu sesuai dengan ajaran yang dibawa oleh nabi Muhammad SAW yang mana ajaran tersebut sangat berpengaruh kepada umat Islam, adapun nilai-nilainya, nilai malu, nilai parreso, nilai raso, dan nilai sopan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, seperti: merujuk pada buku-buku, skripsi, jurnal, dan internet yang membahas tentang kato nan ampek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan mengetahui tentang Etika Kato Nan Ampek Dalam Budaya Minangkabau. Adapun hasil penelitiannya, kato nan ampek menjadi falsafah orang Minangkabau. Bahwa sistem ini lahir dari hubungan antara perkawinan dan juga ada hubungan keluarga dan hubungan antara kerabat. Hal ini juga bermaksud agar antara pihak saling mengerti dan mengetahui tatakrama dan sopan santun dalam bertindak tutur.

 

Kata Kunci: Kato Nan Ampek, nilai-nilai inti, sopan santun


References


Daftar Pustaka

Abdullah, M. Yamin. Pengantar Studi Etika, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.

Amin, Ahmad. Etika, (Ilmu Akhlak), terj. K. H. Farid Ma‟ruf, judul asli Al- Akhlaq Jakarta: Bulan Bintang, 1983.

Amir, Adat Minangkabau “Pola dan tujuan hidup orang Minang” .Jakarta: Citra Harta Prima, 2011

AS, Asmaran. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1992.

Awengki. “Bentuk-bentuk Implementasi Nilai-Nilai Kato Nan Ampek Dalam PasukuanCaniago Di Jorong Tangkit Nagari Ampan Kuranji Kabupaten Dharmasraya”Artikel STKIP PGRI Sumatera Barat, 2017

Bakry, Hasbullah. Sistematika Filsafat, Jakarta: Wijaya, 1978.

Balbaki, Rohi. Al-Mawrid: A Modern Arabic English Dictionary, Beirut: Dar al-„ilm Lilmalayin, 1993.

Boy, Pradana ZTF. Filsafat Islam: Sejarah Aliran dan Tokoh, Malang: UMM Press, 2003

Chatra, Emeraldy. “Filsafat Komunikasi Berdasarkan Nilai Filosofis Etnis Minangkabau”, Jurusan Ilmu Komunukasi FISIP- Universitas Andalas, 2017.

Drs. Muhammad Alfan, M.Ag. Filsafat Etika Islam, Bandung: CV. Pustaka Media, 2011.

Ed. Singer, Peter. A Companion to Ethics, Malden: Blackwell Publisher, 1991

Gazalba, Sidi. Konflik Antara Adat, Agama dan Pengaruh Agama, Padang:Seminar Islam di Minangkabau, 1969.

Hakimy, Idrus. Rangkaian Mustika Adat Basandi Syara‟ di Minangkabau

Handayani, Dina Fitria. “Kategori Fatis dan Kontek penggunaannyadalam Bahasa Minangkabau Dikenagarian Kambang Kabupaten Pesisir Selatan”, Jurnal Bahasa dan Sastra PBSI STKIP Adzkia Padang, 2019.

Hasbi, Muhammmad. Tali kerabat Pada Kekerabatan Orang Minangkabau, Bukittinggi: Internasional Seminar On Minangkabau, 1980.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/paradigma.v4i02.30406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.