KONSEP MORAL MENURUT MURTADHA MUTHAHHARI

Diana Rusliawati, Kholid Al Walid

Abstract


Penelitian ini membahas tentang konsep moral yang disandarkan kepada Murtadha Muthahhari, salah seorang failasuf muslim klasik. Pemikiran dari Murtadha Muthahhari sendiri tentang Moral, menurutnya moral berkitan dengan jiwa manusia yang berhubungan dengan cara atau sistem manusia mengatur dirinya, pembinaan atau pembentukan dirinya agar dapat memilih cara atau sistem hidup yang baik. Baik mengenai hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan alam, dan manusia dengan Tuhannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan analitis-deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka. Karya-karya Murtadha Muthahhari dikumpulkan sebagai sumber utama ditambah sumber lainnya yang terkait, khususnya yang membahas terkait Moral . Hasilnya adalah Tuhan adalah pondasi pertama dalam filsafat etika Islam. Pondasi kedua adalah mengenal diri secara substansial, karenanya fokus akhlak Islami atau etika Islam adalah “kemuliaan diri”. Kemuliaan diri banyak menekankan pada manusia untuk menghidupkan akhlak insani dan mendorongnya agar berlaku etis. Mengenal diri juga merupakan sumber perasaan akhlaki dan pintu menuju jalan spiritual. Mengenal diri itu penting dalam etika Islam karena mengenal diri merupakan pengantar untuk mengenal etika, lebih jauh lagi dalam mengenal Tuhan..

 

Kata Kunci: Konsep, Jiwa,  Moral, Murtadha Muthahhari


References


Daftar Pustaka

Ahmad, Mawardi Pemikiran Murtadha Muthahhari Tentang Keadilan Ilahi, (Jurnal: AlFikra, Vol. 5, No. 2, Juli- Desember, 2006 ).

Al-Qardhawi, Yusuf KarakteristikIslam: Kajian Analitik, (Surabaya: Risalah Gusti, 1996).

Arifin, Johan “Dialektika Etika Islam dan Etika Barat dalam Dunia Bisnis”,

(Jurnal Millah, Volume 8, Nomor 1, 2008).

Asdi Ending, Daruni Imperatif Kategoris dalam Filsafat Moral Immanuel Kant,

(Jurnal Filsafat, Nomor 23, 1995).

Bagir, Haidar Buat Apa Shalat?!, (Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2020).

Basit, Abdul Filsafat Sejarah Menurut Murhada Muthahhari, (Jurnal: Studi Islam dan Budaya (IBDA’), Vol. 6, No. 1, 2008).

Busriyadi, Konsep Baik dan Buruk Menurut Murtadha Muthahhari, (Jakarta: Skripsi Fakultas Ushuluddin Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam UIN Syarif Hidayatullah, 2019).

Djatmiko, Rahmat Etika Islam, Akhlak Mulia, (Jakarta: Pustaka Panjimas, 1996).

file:///C:/Users/ASUS/Downloads/02AGAMA2-FAHMY-MALIK-RABBANI-

pdf, diakses 14 Juni 2022

Harahap, Sumper Mulia Paradigma Tauhid Murtadha Muthahhari, (Jurnal: Studi Multidisipliner, Vol. 2, No. 2, 2015).

Khomeini, Imam Islam dan Revousi, Terj. Hamid Alga, (Berkeley: Mizan Press, 1981).

Bertens, K, Etika, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama: 1993).

Lestari, Dewi Konsep Hijab Menurut Muthada Muthahhari , (Yogyakarta: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga, 2005).

Mahmud, Hasriyani Feminis Dalam Islam (Telaan Pemikiran Murthada Muthahhari), (Yogyakarta: Skripsi Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga, 2014).

Mohamed, Yasien Insan Yang suci: Konsep Fitrah dalam Islam, (Jakarta: Mizan Anggota IKAPI, 1997).

Muhajir, Paradigma Pendidikan Islam (Studi atas Pemikiran Murtadha Muthahhari), (Tesis Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2007).


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/paradigma.v4i02.30402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.