GAGASAN PEREMPUAN BERKEMAJUAN

Qurotul ’Aeni, Banun Binaningrum

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada pembaca mengenai organisasi Aisyiyah. Selain itu juga, penelitian ini berupaya menjelaskan kepada masyarakat atau pembaca bagaimana gagasan perempuan berkemajuan. Serta sebagai sarana pustaka untuk penelitian selanjutnya.Pennelitian dilakukan dengan metode penelitian kualitatif. Dimana metode ini mengedepankan tinjauan pustaka dan wawancara. Dengan menganalisis sumber-sumber primer yang digunakan penulis agar dapat dideskripsikan. Aisyiyah memiliki visi keumatan dan misi keadilan tanpa diskriminasi baik laki- laki ataupun perempuan. Keadilan tanpa diskriminasi, kemudian Aisyiyah menggagas perempuan berkemajuan yakni, perempuan yang mandiri, cerdas dan aman. Demi menciptakan perempuan berkemajuan Aisyiyah mengadakan layanan pendidikan bagi perempuan, memberikan bantuan, pemahaman dan pelayanan hukum, membangun ekonomi, dan seterusnya.

 

Kata Kunci: Aisyiyah, Gender, Perempuan, Berkemajuan


References


Daftar Pustaka

Ali Engineer, Asghar. Matinya Perempuan, Menyingkap Mega Skandal Doktrin dan Laki-laki. Penerjemah oleh Akhmad Affandi dan Muh. Ihsan. Yogyakarta: IRCiSoD, 2003.

Tafsir Perempuan: Antara Doktrin dan Dinamika Kontemporer, terjemaham dari The Qur’an. Penerjemah oleh Akhmad Affandi dan Muh. Ihsan. Yogyakarta: Kaktus, 2018.

Anwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.

Anwar, Samsul dan Alamin, Hulaimi. NW STUDIES: Pendidikan Sosial dan Dakwah, ed. 1. Ciputat: HIMMAH NW, 2015.

Bachtiar, Wardi. Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.

Bakker, Anton dan Zubai, Achmad Charrisr. Metodologi Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Kanisius, 1990.

Editor: Kosasih, Engkos, dkk. Membincangkan Feminisme, Refleksi Muslimah Atas Peran Sosial Kaum Wanita, Bandung: Pustaka Hidayah, 1997.

Dahlan, Adaby. Aisyiyah dan Sejarah Pergerakan Perempuan Indonesia: Sebuah Tinjauan Awal, Yogyakarta: Jurusan Sejarah FIB UGM, 2010.

Fayumi, Badriyah, dkk. Keadilan dan Kesetaraan Jender (Perspektif Islam). Cet.

I. Tanpa kota terbit: Tim Pemberdayaan Perempuan Bidang Agama Departemen Agama RI, 2001.

II. Hadikusuma, Djanawi. Aliran Pembaharuan Islam (dari Jamaluddin al-Afgani hingga KH. Ahmad Dahlan). Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2014.

Matahari-Matahari Muhammadiyah, Yogyakarta: Surya Sarana Grafika, 2010.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/paradigma.v4i01.30398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.