TEOLOGI FEMINIS PERSPEKTIF ALI SYARI‘ATI

Citra Eka Pratiwi

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini membahas tentang Teologi Feminis, yaitu salah satu isu wacana feminisme dan gender dalam Islam di Abad Modern yang secara praktis mengedepankan aspek normatifitas Islam sebagai landasan di dalam diskursus wacana feminis dan gender dalam Islam. Peneliti menganggap bahwa adanya dilema dan kekosongan di sebagian perempuan Muslim terjadi karena faktor westernisasi di segala penjuru dunia khususnya di bagian negara-negara Timur, sehingga menimbulkan kekhawatiran dari berbagai kelompok seperti kelompok konservatif dan tradisionalis masyarakat Timur yang dikonfrontasikan dengan gerakan kebebasan Barat ini. Maka, berbagai upaya dilakukan oleh para Feminis maupun Teolog Islam untuk memberikan jalan tengah dalam mengambil tindakan yang dihadapkan dengan arus Westernisasi. Tokoh yang pemikirannya yang mengarah ke Teologi Feminis adalah Ali Syari„ati, salah satu Revolusioner Islam dari Iran yang membawa semangat Jihad Revolusi dan telah berkontribusi berupa gerakan pembebasan (liberation) di segala aspek kehidupan masyarakat Islam. Ali Syari„ati tidak terpaku pada ajaran agama, tetapi juga memperhatikan sejarah Islam. Sehingga pemikirannya tidak mengalami stagnasi meskipun zaman terus berkembang. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian perpustakaan (library research). Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, dan analisis datanya menggunakan metode analisis untuk membuat deskripsi tentang suatu keadaan objektif. Adapun teknis analisisnya menggunakan metode deskripsi, heuristika, dan interpretasi. Tujuan dari penelitian ini adalah memahami konsep teologi feminis perspektif Ali Syari„ati.

Kata Kunci: Teologi Feminis, Feminisme Islam.


References


Daftar Pustaka

Aslan, Ednan, Marcia Hermansen, & Elif Medeni (Eds.), Muslima Theology: The Voices Muslim Women Theologians, Frankfurt: Peter Lang, 2013.

Basya, M. Hilaly, Refleksi Teologi Islam Mengenai Kesetaraan Gender”, Diakses melalui http://www.duniaaesai.com/gen der/gender10, Pada Tanggal 16 Desember 2019, Pukul 06.00 WIB.

Bakker, Anton dan Achmad Charris Zubair, Metodologi Penelitian Filsafat, cet. I, Yogyakarta: Kanisius, 1990.

Eisenstein, Zillah R. (Ed.), Capitalist Patriarchy and The Case for Socialist Feminism, London: Monthly Review Press, 1979.

Fiorenza, Elisabeth Schüssler,“Feminist Theology as a Critical Theology of Liberation”, Journal Theological Studies, Vol. 36, No. Iss. 4, California: Sage Publication, 1975.

Gimenez, Martha A., Kapitalisme dan Penindasan terhadap Perempuan: Kembali ke Marx, Bandung: Pustaka Indoprogress, 2016.

Hidayatullah, Syarif, Teologi Feminisme Islam, Cet. I, Yogyakarta: Pustm aka Pelajar, 2010.

Isherwood, Lisa and Dorothea McEwan, “An Introduction to Feminist Theology and the Case for its Study in and Academic Setting”, Journal Feminist Theology, Vol. 1, Iss. 2, California: Sage Publication, 1975.

Izzat, Hibbah Rauf, Wanita dan Politik Pandangan Islam, terj. Bahruddin Fannani, Cet I, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 1997.

Lucky, Nella, “Teologi Feminisme Perspektif Amina Wadud: Integrasi Logika Normatifitas dan Historisitas”, Jurnal Al-„Adâlah, Vol. 16, No. 1, Pekanbaru: Universitas Abdurrab, 2013.

Maliky, Ekky , Seri Tokoh Filsafat: Ali Syari„ati: Filosof Etika dan Arsitek Iran Modern, Jakarta: Teraju, 2004.

Megawangi, Dr. Ratna, “Perkembangan Teori Feminisme Masa Kini dan Mendatang serta Kaitannya dengan Pemikiran Keislaman”, Jurnal Tarjih, Edisi 1, Yogyakarta: Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 1996.

Muhsin, Amina Wadud, Qur‟an Menurut Perempuan Meluruskan Bias Gender Dalam Tradisi Tafsir, Jakarta: Serambi, 2002.

Mukhtasar, M. dan Arqom Kuswanjono, “Teologi Feminisme Riffat Hassan dan Rekonstruksi Pemahaman atas Kedudukan dan Peran Wanita”, Jurnal Filsafat, Seri ke-29, Yogyakarta: Universitas Gajah Mada, 1999.

Mulia, Musdah, “Pendagogi Feminisme Dalam Perspektif Islam”, Diakses melalui http://jurnalperempuan.org, Pada Tanggal 16 Desember 2019, Pukul 06.30 WIB.

Nugroho, Anjar, “Pengaruh Pemikiran Islam Revolusioner Ali Syari„ati terhadap Revolusi Iran”, Jurnal PROFETTIKA, Vol. 7, No. 2, Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 2017.

Nuryati, “Feminisme dalam Kepemimpinan”, Jurnal Istinbath, No. 16, Th. XIV, Palembang: UIN Raden Fatah, 2015

Parsons, Susan Frank (ed.), The Cambridge Companion to Feminist Theology, United Kingdom: Cambridge University Press, 2002.

Rahnema, Ali, Ali Syari„ati: Biografi Politik Intelektual Revolusioner, terj. Dien Wahid, M.A., dkk., Jakarta: Penerbit Erlangga, 2002.

Ridwan, M. Deden (Ed.), Ali Syari„ati: Melawan Hegemoni Barat, Yogyakarta: RausyanFikr Institute, 2013.

Russel, Letty M. & J. Shannon Clarkson, Dictionary of Feminist Theologies, Kentucky: Westminster John Knox Press, 1996.

Sabet, Firoozeh Kashani, “Who is Fatima?: Gender, Culture, and Representation in Islam”, Jurnal Middle East Women‟s Studies, Vol. 1, No. 2, 2005.

Said, Nur, Perempuan Dalam Himpitan Teologi dan HAM di Indonesia, Yogyakarta: Pilar Media, 2005.

Stowasser, Barbara Freyer, Reinterpretasi Gender: Wanita dalam Al-Qur‟an, Hadis, dan Tafsir, terj. H. M. Mokhtar Zoerni, Cet. I, Bandung: IKAPI, 2001.

Sugianto, Edi, “Refleksi Biblis-Teologis Terhadap Teologi Feminis”, Jurnal Quaerens, Vol. 1, No. 2, Surabaya: Sekolah Tinggi Teologi Tarbenakel Indonesia, 2019.

Syari„ati, Ali, Fatimah adalah Fatimah: Perempuan Sebagai Rumah Cinta, Air Mata dan Kebangkitan, terj. Muhammad Hashem Assagaf, cet. I, Yogyakarta: RausyanFikr, 2013.

———, Harapan Wanita Masa Kini, terj. Zainab Karbelani, cet. I, Bandar Lampung: YAPI, 1987.

———, Paradigma Kaum Tertindas, terj. Hamid Algar, cet. II, Bandar Lampung: YAPI, 2001.

———, Sosialisme Islam: Pemikiran Ali Syari„ati, ed. A.M. Safwan, cet. II, Yogyakarta: RausyanFikr Institute, 2013.

Tong, Rosmarie Putnam, Feminist Though: Pengantar Paling Komprehensif kepada Arus Utama Pemikiran Feminis, terj. Aquarini Priyatna Prabasmoro, Cet. VI, Bandung: Jalasutra, 2008.

Umar, Nasiruddin, Argumen Kesetaraan Gender Perspektif Al-Qur‟an, Jakarta: Paramadina, 1999.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/paradigma.v3i01.27365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.