Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Tingkat Bagi Hasil Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah

Abdul Kadir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Kerabat Pulo Kambing (KSPPS Bersatu Kerabat Pulo Kambing) dimana faktor yang diukur adalah kualitas pelayanan, kualitas produk dan imbal hasil.

Strategi pendekatan pada penelitian adalah menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Kerabat Pulo Kambing (KSPPS Bersatu Kerabat Pulo Kambing). Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka peneliti memilih 50 anggota aktif yang ditetapkan sebagai responden dalam penelitian ini.

Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Koperasi Simpan  Pinjam  Pembiayaan  Syariah  Kerabat  Pulo  Kambing, berarti  semakin tinggi atau semakin rendah kualitas pelayanan yang diberikan memberikan pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Kerabat Pulo Kambing, berarti semakin tinggi atau semakin rendah kualitas produk yang dihasilkan memberikan pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Imbal hasil berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Kerabat Pulo Kambing, berarti semakin tinggi atau semakin rendah imbal hasil yang dihasilkan memberikan pengaruh terhadap kepuasan pelanggan.


Keywords


Kepuasan Pelanggan: Kualitas Produk: Kualitas Pelayanan: Imbal Hasil

References


Ahmed, Selim, Rafikul Islam, and Mohammad Mohiuddin. 2017. Service Quality, Shariah Compliance and Customer Satisfaction of Islamic Banking Services in Malaysia. Turkish Journal of Islamic Economics 4.2.

Budiyono, Iwan. 2013. Analisis Pengaruh Bagi Hasil Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus pada Perbankan Syariah Kota Semarang). Prosiding Simposium Nasional Akuntansi Vokasi ke- 2.

Cahyani, Putri Dwi, and Adhika Alvianto. 2020. Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Pemasaran Spiritual terhadap Kepuasan Nasabah (Komparasi Bank BNI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta dan Purwokerto). Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam.

Daulay, Raihanah. 2014. Pengaruh kualitas pelayanan dan bagi hasil terhadap keputusan menabung nasabah pada bank mandiri syariah di kota Medan. JRAB: Jurnal Riset Akuntansi & Bisnis 12.1.

Furqan, Zhafran Yafi. 2018. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kano (Studi Kasus: Kantin Aisyah Fakultas Sains Dan Teknologi UIN SUSKA Riau). Diss. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Gerung, Christy Jacklin, Jantje Sepang, dan Sjendry Loindong. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail Pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 5.2.

Gunardi, Charlie Giovani, and Rezi Erdiansyah. 2019. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Mangkok Ku. Prologia 3.2.

Haryanto, Rudy, dan Heldalina. 2016. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Politeknik Negeri Banjarmasin." Proceeding of National Conference on Asbis. Vol. 1. No. 1.

Ikram, Afifah AB, Antonio EL Nyoko, and Ronald PC Fanggidae. 2019.

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Menginap (Studi Pada Resepsionis Hotel On The Rock Kupang). Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs) 9.2. hlm 167-174.

Ismail Razak, S. E., and Nirmala Putri Sari. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas

Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana 5.3.

Ismunandar, Arif. 2020. Analisis Strategi Kualitas Pelayanan Publik Pada Perusahaan Jasa.

Jurnal Dewantara 9.01. hlm 85-102.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip, Hermawan Kartajaya, dan Iwan Setiawan. 2011. Markkinointi 3.0. Helsinki: Talentum.

Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kusumawati, Dyah. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syari’ah (KSPPS) Bmt Nu Sejahtera Mijen Semarang. Equilibria Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi 3.2. hlm 50-59.

Lasander, Christian. 2013. Citra merek, kualitas produk, dan promosi pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen pada makanan tradisional. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 1.3.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi Ketiga). Jakarta: Salemba Empat.

Maramis, Freekley Steyfli, Jantje L. Sepang, dan Agus S. Soegoto. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 6.3.

Medias, Fahmi. 2018. Ekonomi Mikro Islam: Islamic Microeconomics. Magelang: Unimma

Press.

Ningsih, Nina Wachyu, dan Edy Yulianto. 2016. Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan PT Astra Internasional, Tbk-TSO Auto2000 Cabang Denpasar). Jurnal Administrasi Bisnis 30.1

-177.

Purwanto, Erwan Agus. 2018. Metode penelitian kuantitatif: Untuk administrasi publik dan masalah-masalah sosial. Yogyakarta: Gava Media.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/kordinat.v22i1.32718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.