Pengaruh Lingkungan Masyarakat terhadap Sikap Religius Alumni Pesantren Tahfidz Qur’an Terpadual-Hikmah Cirebon
Abstract
Abstract: The Islamic boarding school (pesantren) serves as a platform for developing the knowledge, abilities, and skills of its alumni to become religious experts and acquire competencies to build a civil society. However, the graduation of students presents a challenge: whether alumni can maintain and apply the religious values instilled during their education in different community environments. This study aims to analyze the significant influence of the community environment on the religious attitudes of alumni of Al-Hikmah Integrated Tahfidz Qur'an Islamic Boarding School, Cirebon, using a quantitative approach with 79 respondents. The results show that the community environment (X) positively and significantly influences religious attitudes (Y). However, further analysis indicates that peer association (X1) does not significantly affect religious attitudes, with a significance value of 0.203 > 0.05 and t-value of 1.283 < t-table 1.992. In contrast, the condition of the surrounding community significantly influences religious attitudes, with a significance value of 0.01 < 0.05 and t-value of 3.614 > t-table 1.992.
Abstrak: Pesantren merupakan wadah untuk mengembangkan pengetahuan, kemampuan, serta keterampilan para alumninya agar menjadi seorang ahli agama dan memiliki keahlian serta keterampilan untuk membangun kehidupan masyarakat madani. Namun, lulusnya santri dari Pesantren menjadi tantangan tersendiri: apakah alumni Pesantren dapat mempertahankan dan menerapkan nilai-nilai serta sikap religius yang telah ditanamkan saat di Pesantren ketika berada di lingkungan masyarakat yang berbeda. Berdasarkan observasi awal peneliti, terdapat berbagai fenomena perubahan sikap religius di kalangan alumni Pesantren yang menjadi perhatian, khususnya dalam sikap religius. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis adakah pengaruh yang signifikan antara lingkungan masyarakat terhadap sikap religius alumni Pesantren Tahfidz Qur’an Terpadu Al-Hikmah Cirebon dan untuk menganalisis seberapa signifikan pengaruh antara variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 79 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel X (lingkungan masyarakat) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y (sikap religius), namun ketika dilakukan analisis lebih lanjut untuk mengetahui indikator variabel X mana yang mempunyai pengaruh yang lebih signifikan, didapatkan bahwa X1 (teman bergaul) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y (sikap religius) dengan nilai signifikan 0,203 > 0,05 dan nilai t hitung 1,283 < Ttabel 1,992. Adapun untuk kondisi masyarakat sekitar dinyatakan berpengaruh secara signifikan terhadap sikap religius (Y) dengan nilai signifikan 0,01 < 0,05 dan nilai t hitung 3,614 > Ttabel 1,992.
Keywords
References
Admin. (2019, September 18). VISI DAN MISI. Retrieved from https://alhikmahcirebon.ponpes.id/read/3/visi-dan-misi
Al-Hikmah Cirebon. Website Al-Hikmah Cirebon. https://alhikmahcirebon.sch.id/
Alwi, S. (2014). Perkembangan Religiutas Remaja. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Hotib, A., et al. (2022). Pengaruh Lingkungan Masyarakat dan Kepribadian Siswa Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa SMP Assahaqiah Bekasi. Al-Marhalah, 6(1).
Ibn Katsir. (2015, Agustus). Tafsir Surat Al-‘Ankabut Ayat 1-4. Retrieved from http://www.ibnukatsironline.com.
Kementerian Agama RI Provinsi DKI Jakarta. (2018). Meneguhkan Keunggulan Tafaqquh Fiddin Madrasah. Retrieved from https://dki.kemenag.go.id.
Novia, D. S. (2018). Pengaruh Lingkungan Masyarakat Terhadap Sikap Remaja Islam di Desa Adirejo, Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur. Skripsi. IAIN Metro.
Safe'i, I. (2020, September 9). Menatap Wajah Pendidikan Islam. Kemenag.go.id. Retrieved from https://kemenag.go.id.
Sudaryana, B., & Agusiady, R. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Deepublish Publisher.
Firdaus, M. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Riau: DOTPLUS Publisher.
Rafi, Moch Akbar. (2023). Konsep Modelling Albert Bandura dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam. Skripsi IAIN Ponorogo.
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Berbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana.
Wiwinda. (2016). Hubungan Pendidikan Agama Islam dengan Tingkat Religiusitas. At-ta’lim, 15(1), 56-57.
DOI: 10.15408/jpa.v0i0.46528
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.