Implementasi Bimbingan Konseling Kelompok untuk Mengatasi Bullying di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang

Muhammad Dawwam Muttaba, Laila Novita Sari, Farkhatun Maftuhah, Janitra Fahma Rahmanda, Laella Nur Hidayah, Mawaddah Safrodin

Abstract


Abstract: This study aims to analyze the implementation of group counseling guidance in overcoming bullying at Fadlu Fadhlan Islamic Boarding School, Mijen, Semarang. Using qualitative methods, this study collected data through observation, interviews, and documentation. The results show that group counseling guidance is effective in reducing bullying behavior and improving social relationships between students. The program helps students develop empathy, communication, and mutual respect. The study recommends that group counseling be implemented sustainably as a bullying prevention strategy in pesantren.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi bimbingan konseling kelompok dalam mengatasi bullying di Pondok Pesantren Fadlu Fadhlan, Mijen, Semarang. Menggunakan metode kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa bimbingan konseling kelompok efektif dalam mengurangi perilaku bullying serta meningkatkan hubungan sosial antar santri. Program ini membantu santri mengembangkan empati, komunikasi, dan rasa saling menghargai. Penelitian merekomendasikan agar konseling kelompok diterapkan secara berkelanjutan sebagai strategi pencegahan bullying di pesantren.


Keywords


implementation; group counseling guidance; bullying; : impelementasi; bimbingan konseling kelompok; bullying

References


Asiva Noor Rachmayani. (2015). PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEDISIPLINAN SANTRI, 6.

Bandini, I. (2016). Efektivitas Bimbingan Kelompok Berbasis Islamguna Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa(Studi Eksperimenpada Siswamtsn Wonokromoyang Tinggaldipondok Pesantren). Retrieved from https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21410/%0Ahttps://lens.org/009-768-908-003-259

Dr. Muya Barida, Dian Ari Widyastuti, Y. D. K. (2022). konseling kelompok (Vol. 16).

Emilda, E. (2022). Bullying di Pesantren: Jenis, Bentuk, Faktor, dan Upaya Pencegahannya. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 198–207. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2751

Fachrurrazi, M., Fitri, S., & Hidayat, D. R. (2023). Bimbingan dan konseling di pesantren berlandaskan nilai religiusitas: kajian teori dan pola dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 596. https://doi.org/10.29210/1202322996

Hotifah, Y. (2014). Empowering Santri dalam Mengatasi Permasalahan Pembelajaran di Pesantren Melalui Model Peer Helping Berbasis Kearifan Lokal Pesantren. Personifikasi, 5(1), 19–24.

Marliah, & Kartika, P. (2018). PERAN PONDOK PESANTREN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI. Jurnal Comm-Edu, 1(3), 14–19.

Siregar, S. wahyuni. (2018). KONSEP DASAR KONSELING KELOMPOK. HIKMAH, 12 Nomor 1, 78–97.

Sukma, D. (2018). Concept and application group guidance and group counseling base on Prayitno’s paradigms. Konselor, 7(2), 49. https://doi.org/10.24036/02018728754-0-00

Sukranata, I. P. E. (2019). Modul Konseling Kelompok Pendekatan Behavioral. FIP Undiksha, 17. Retrieved from https://bk.undiksha.ac.id/wp-content/uploads/sites/57/2020/09/Modul-Konseling-Kelompok-Behavioral.pdf

Tamamiyah, L. (2023). Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jpa.v11i2.41949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.