Peran Penyuluh Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Minat Belajar Al-Qur'an pada Anak di Desa Semingkir

Syafiq Fahli Anansyah, Muhamad Rifa'i Subhi

Abstract


Abstract: Islamic religious instructors play a major role as learning facilitators who not only convey information, but also guide the children of Semingkir Village in increasing their interest in learning to read the Al-Qur'an. Through an interactive approach, instructors can create an atmosphere that triggers curiosity, teach the teachings of the Koran in their daily lives, and highlight positive values that can provide intrinsic motivation. By adopting creative and inclusive learning methods, Islamic religious educators can overcome potential barriers to learning, build children's self-confidence, and strengthen their enthusiasm for exploring religious knowledge. Apart from that, counselors also act as mentors who guide children's moral and spiritual development, making the Al-Qur'an not only a collection of verses, but also a relevant life guide. In the context of Semingkir Village, the presence of Islamic religious instructors is not only a supporter of formal behavior, but also a motivator for children to be active and diligent in reading the Koran. With a holistic approach, they can create a pleasant learning environment, spark a sense of pride, curiosity about the Qur'an, and stimulate continued interest in the study of the Qur'an.


Abstrak: Penyuluh agama Islam memegang peran utama sebagai fasilitator pembelajaran yang tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga membimbing anak-anak Desa Semingkir dalam meningkatkan minat belajar membaca Al-Qur'an. Melalui pendekatan yang interaktif, penyuluh dapat menciptakan suasana yang memicu rasa ingin tahu, mengaitkan ajaran Al-Qur'an dengan kehidupan sehari-hari mereka, dan menyoroti nilai-nilai positif yang dapat memberikan motivasi intrinsik. Dengan mengadopsi metode pembelajaran yang kreatif dan inklusif, penyuluh agama Islam dapat mengatasi potensi hambatan belajar, membangun kepercayaan diri anak-anak, serta memperkuat semangat mereka dalam menggali ilmu agama. Selain itu, penyuluh juga berperan sebagai mentor yang membimbing perkembangan moral dan spiritual anak-anak, menjadikan Al-Qur'an bukan hanya sebagai kumpulan ayat, tetapi juga sebagai panduan hidup yang relevan. Dalam konteks Desa Semingkir, kehadiran penyuluh agama Islam tidak hanya sebagai pendukung kurikulum formal, tetapi juga sebagai motivator pada anak anak agar giat dan rajin membaca Al-Qur'an. Dengan pendekatan yang holistik, mereka dapat menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, memicu rasa bangga terhadap rasa ingin tau kepada Al-Qur'an, dan merangsang minat berkelanjutan terhadap studi Al-Qur'an.

 

Keywords


the role of religious instructors; motivation for learning the koran; Semingkir Village children; peran penyuluh agama; motivasi belajar al-qur'an; anak Desa Semingkir

References


Hafid, N. (2020). Peran Penyuluh Agama Dalam Meningkatkan Minat Baca Alquran Pada Anak di Desa Tadang Palie Kecamatan Cempa Kabupaten Pinrang (Doctoral dissertation, IAIN Parepare)

Triandsyah, S. N., Gusti, S. P., & Hadian, D. B. S. (2021). Program Semangat Belajar Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(11), 155-168.

Sastika, W. (2013). Strategi Peningkatan Minat Baca Anak–Anak di TPA (Taman Pendidikan Al-Quran). JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 3(1), 41-49.

Rusdi, M., & Syahruddin, A. (2022). Strategi Penyuluh Agama dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur'an pada Anak di TPA Al Mukhlisin Kelurahan Tumampua Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep. ISTIQRA, 10(1), 95-106.

Fajriyati, I. N., & Munjin, M. (2022). Pola Bimbingan Individu Dalam Belajar Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini di TPQ Bustanu ‘Usysyaqil Qur’an Lesmana, Ajibarang, Banyumas. Wardah, 23(1), 141-148.

Alfan, M. (2021). Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPQ Musholla Pengasinan Desa Seliling Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen).

Umbu, A. A. (2022). PERAN PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS DALAM MENINGKATKAN INTENSITAS BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN MASYARAKAT DESA PERO KONDA (Studi Di Desa Pero Konda, Kec. Kodi, Kab. Sumba Barat Daya) (Doctoral dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram).

Suherni, Y. (2018). Peran Penyuluh Agama dalam Memberikan Pemahaman Pentingnya Belajar Al-qur’an pada Masyarakat Gampong Sentosa Kec. Krueng Sabee Aceh Jaya (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Andriana Sahal, F. (2022). PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN PADA ANAK DI DESA BANJARSARI WETAN KECAMATAN DAGANGAN KABUPATEN MADIUN (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Ningsih, A. F. (2022). Upaya Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Anak-Anak Melalui Magrib Mengaji Di Nagari Kuranji Hilir, Korong Lampanjang, Kecamatan Sungai Limau. Education for All: Jurnal Pendidikan Masyarakat, 2(2), 56-62.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jpa.v0i0.36399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.