Pengaruh Kegiatan Keagamaan terhadap Strategi Coping Siswa/I SMA di SMA Negeri 7 Tangerang

Ayudya Nur Khairunnisa, Artiarini Puspita Arwan, Daud Effendi AM

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to: 1) describe the level of coping strategies for high school students at SMA Negei 7 Tangerang, 2) analyze the effect of religious activities on coping strategies for high school students at SMA Negeri 7 Tangerang, 3) analyze the magnitude of the influence of religious activities on the coping strategies of high school students at SMA Negeri 7 Kota Tangerang. This research uses a quantitative approach with a sample of 75 respondents through a quota sampling technique. The data analysis technique used in this research is descriptive test, normality test, simple linear regression test, correlation coefficient test, T test (partial) and F test (Simultaneous). The results of the study show that: 1) coping strategies for high school students at SMA Negei 7 Tangerang have a high-evel category, 2) there is an influence of Religious Activities on Coping Strategies for High School Students at SMA Negeri 7 Tangerang, 3) the significance value is 0.000 <0.05 and the tcount is 5.337 > table is 1.993 and the results of the coefficient of determination or RSquare show a number of 0.496 or it can be interpreted that there is an influence of the variable Religious Activity (X) on the Coping Strategy variable for high school students ( Y) in SMA Negeri 7 Tangerang is 49.6% and the remaining 50.4% can be explained by other variables outside the variables that have been examined in this research. So, it can be concluded in this study Ha (Alternative Hypothesis) is accepted, meaning that there is a positive and significant influence of religious activities on the coping strategies of high school students.

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk: 1) mendeskripsikan tingkat strategi coping siswa/i SMA di SMA Negei 7 Tangerang, 2) menganalisis pengaruh kegiatan keagamaan terhadap strategi coping siswa/i SMA di SMA Negeri 7 Tangerang, 3) menganalisis besaran pengaruh kegiatan keagamaan terhadap strategi coping siswa/i SMA di SMA Negeri 7 Kota Tangerang. Penelitan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 75 responden melalui teknik quota sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji deskriptif, uji normalitas, uji regresi linier sederhana, uji koefisien korelasi, uji T (parsial) dan uji F (Simultan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi coping siswa/i SMA di SMA Negei 7 Tangerang memiliki tingkat kategori tinggi, 2) terdapat pengaruh Kegiatan Keagamaan terhadap Strategi Coping Siswa/i SMA di SMA Negeri 7 Tangerang, 3) nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung senilai 5,337 > tabel senilai 1,993 serta hasil koefisien determinasi atau RSquare menunjukan angka sebesar 0,496 atau dapat diinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh variabel Kegiatan Keagamaan (X) terhadap variabel Strategi Coping siswa/i SMA (Y) di SMA Negeri 7 Tangerang adalah sebesar 49,6% dan sisanya 50,4% dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel yang telah diteliti dalam peneltian ini. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini Ha (Hipotesis Alternatif) diterima, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan kegiatan keagamaan terhadap strategi coping siswa/i SMA.


Keywords


religious activities; coping strategies; student stress; kegiatan keagamaan; strategi coping; stress siswa/i

References


Akdon, and Riduwan. (2013). Rumus dan Data Dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Al-Mighwar, M. (2006). Psikologi Remaja. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Azwar, Saifuddin. (2007). Metode Penelitian. Yogyakarta: Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, Saifuddin. (2017). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bougie, Roger dan Uma Sekaran. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis Pendekatan Pengembangan-Keahlian. Jakarta: Salemba Empat.

Daradjat, Zakiah. (2005). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.

Folkman, S dan Lazarus, R. S. (1984). Stres, appraisal, and coping. New York, NY: Springer.

Fu’adi, Imam. (2004). Menuju Kehidupan Sufi. Jakarta: PT Bina Ilmu.

Hadi, Sutrisno, (2004). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Hanifah, Nezha, dkk. (2020). Strategi Coping Stres saat Kuliah Daring Pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2019 Universitas Andalas. Jurnal Psikologi Tabularasa, 15(1): 29-43.

Hardani, Auliya, N. H., dkk. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif (Issue March). Pustaka Ilmu.

Hasbiyallah. (2014). Fiqih Dan Ushul Fiqih Metode Istinbath Dan Istidlal. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ifdil, dan Taufik. (2013). Kondisi stres akademik siswa SMA negeri di Kota Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2).

J. W., Cresswell. (2016). Research design: pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran (Bahasa Ind). Pustaka Belajar.

Jannah, Miftahul. (2016). Remaja Dan Tugas-Tugas Perkembangannya Dalam Islam. Jurnal PsikoIslamedia, 1(1):245–256.

John W, Santrock. (2003). Adolescence, Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

L.A, King. (2014). Psikologi umum: Pandangan apresiatif (Terjemahan), Jakarta: Salemba Humanika.

M., Farid dan Swastiani, V. (2015). Dukungan sosial Religiusitas dan Stres Pada Remaja di Lapas Anak Blitar. Jurnal Psikologi Indonesia, 4(3).

Maryam, Siti. (2017). Strategi Coping: Teori Dan Sumberdayanya. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2).

Nevid, J.S. (2005). Psikologi Abnormal, Jakarta: Erlangga, Edisi ke-5, jilid 1.

Nugraha, Billy. (2022). Pengembangan Uji Statistik: Implementasi Metode Regresi Linier Berganda dengan Pertimbangan Uji Asumsi Klasik. Sukoharjo:Pradina Pustaka.

Nurtia, M., dan Artiarini P. A. (2022). Strategi Coping Stres Ibu Rumah Tangga dalam Menghadapi Kesulitan Ekonomi pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Bekasi. Jurnal Penyuluh Agama, 9(1):47-56.

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.

Purnama, Rahmad. (2017). Penyelesaian Stress Melalui Coping Spiritual. Jurnal Studi Lintas Agama, 12(1).

Rakhmat, Jalaluddin. (2005). Psikologi Agama. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ramayulis. (2002). Psikologi Agama. Jakarta: Kalam Mulia.

Siregar, Syofian. (2013). Statistik Parametik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafaat, T.B.A., dkk. (2008). Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency), Jakarta: Rajawali Pers.

Wibowo, Istiqomah Dkk. (2017). Psikologi Komunitas. Depok: LPSP3 UI.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jpa.v10i2.34499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.