Analysis of Adolescent Equanimity Factors in the Perspective of the Qur'an and Psychology
Abstract
Abstrak: Artikel ini meneliti mengenai beberapa faktor ketenangan hati seorang remaja yang berhubungan dengan ayat Al-Qur’an serta dalam kajian atau perspektif psikologi. Penelitian ini berfokus pada surat Al-Fath ayat 4 dan Ar-Ra’d ayat 28 bahwa dengan adanya ketenangan hati seorang mukmin dalam melakukan kehidupan sehari-hari maka akan bertambah pula keimanan dari individu tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi serta menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi ketenangan hati seorang remaja dalam perspektif Al-Qur,an yakni pada Q.S Al-Fath ayat 4 dan Ar-Ra’d ayat 28. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pustaka (library research) serta melalui literature review yang dilakukan pada tanggal 28 September 2022 melalui teknik mencari kesamaan (compare), ketidaksamaan (contrast) pada beberapa literatur serta menarik kesimpulannya dengan memfokuskan pada interpretasi ayat Al-Qur’an dengan tafsir dari Kemenag serta tafsir Al-Jalalain dan juga menggunakan perspektif psikologi untuk melihat teori-teori dari tokoh. Hasil menunjukkan bahwa seorang remaja apabila ingin mendapatkan ketenangan hati dalam melakukan suatu hal di kehidupan sehari-hari nya maka yang dilakukan antaranya adalah dengan memperbanyak ibadah serta berbuat baik kepada orang lain tanpa mengharap suatu imbalan apapun. Dengan adanya kegiatan positif tersebut diharapkan juga remaja bisa menambah keimanan mereka yang berimplikasi pada ketenangan hatinya dalam kehidupan sehari-hari.
Abstract: This article examines several factors of a teenager's peace of mind which are related to verses of the Koran as well as psychological studies or perspectives. This research focuses on Surah Al-Fath verse 4 and Ar-Ra'd verse 28 that with the peace of mind of a believer in carrying out daily life, the individual's faith will also increase. The aim of this research is to identify and analyze the factors that influence a teenager's peace of mind from the perspective of the Qur'an, namely in Q.S Al-Fath verse 4 and Ar-Ra'd verse 28. This research is included in library research. as well as through a literature review carried out on September 28 2022 through the technique of looking for similarities (compare), dissimilarities (contrast) in several literatures and drawing conclusions by focusing on the interpretation of Al-Qur'an verses with interpretations from the Ministry of Religion as well as the interpretation of Al-Jalalain and also using a psychological perspective to look at the theories of the characters. The results show that if a teenager wants to gain peace of mind in doing something in his daily life, what he can do is increase his worship and do good to other people without expecting any imbalance. With these positive activities, it is hoped that teenagers can increase their faith, which has implications for peace of mind in everyday life.
Keywords
References
Al Amin, H. (2016). Tafsir Sufi Lata’if Al-Isyarat. SUHUF, 9(1), 59–77.
Ardianto, M. R., & Zamroni, A. (2022). Implikasi Ketenangan Jiwa dan Ketentraman Hati sebagai Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Pendidikan bagi Remaja. IEMJ: Islamic Education Management Journal, 1(1), 20–35.
Awaludin, A. (2020). The Application of Mental Hygiene Concept of Zakiah Daradjat for Adolescence in Educational Institutions (An Experience of Ruhama Islamic Foundation of Prof. Dr. Zakiah Daradjat). At-Ta’dib, 15(2), 1–13.
Farid, F. A. G., & Fauzi, A. (2023). Musik Islami sebagai Terapi Ketenangan Jiwa Perspektif Al-Farabi. Aflah Consilia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(1), 1–10.
Giyarsi, G. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Islam melalui Aspek Spiritual: Tinjauan Terhadap Praktek Pendidikan Spiritual. An-Nuha, 3(4), 433–449.
Hadits, Q. (2022). Surat Al-Fath Ayat 4—Qur’an Tafsir Perkata. https://quranhadits.com/quran/48-al-fath/al-fath-ayat-4/
Hamid, A. (2020). Memaknai Kehidupan. Makmood Publishing.
Hasanusi, H. (2019). Penalaran Moral dalam Mencegah Delikuensi Remaja. Qiro’ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 1–15.
Indah, S. (2020). Pemikiran Zakiah Daradjat antara Kesehatan Mental dan Pendidikan Karakter. el-HiKMAH Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 4(1), 42–80.
Jalil, M. H. (2016). Konsep Hati menurut Al-Ghazali. Reflektika, 11(1), 59–71.
Kallang, A. (2020). Teori untuk Memperoleh Ketenangan Hati. Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 6(1).
Makarim, F. R. (2022). Fungsi Hati. https://www.halodoc.com/kesehatan/fungsi-hati
Manzilah’Adlimah, A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Konstruktivisme dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pendidikan Agama Islam pada Kompetensi Dasar Beriman kepada Qada dan Qadar Berbuah Ketenangan Hati. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 219–238.
Mu’min, M. D. N. A., Hasob, H. A. A., Abubakar, A., Basri, H., & Rif’ah, M. A. F. (2024). Telaah Modal Sosial dalam Al-Qur’an: Studi Tafsir QS. Al-Hujarat Ayat 10. Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE), 1(2), 338–350.
Mursalin, H., Mujahidin, E., & Hidayat, T. (2023). Analisis Konsep Tazkiyatun Nafs Ahmad Anas Karzon untuk Peserta Didik. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(01), 133–150.
Ohoitimur, J., & Jamlean, A. (2023). Pedagogi Hati dan Pengembangan Jati Diri Spiritual. Jurnal Seri Mitra (Refleksi Ilmiah Pastoral), 2(2), 71–83.
Sunendar, D. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Susanto, B. (2022). Konsep Ulul Albab dalam Al-Qur’an Surat Ali Imran Ayat 190-195 dan Relevansinya dengan tujuan Pendidikan Agama Islam. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 71–80.
Wandini, R. R., Perangin-Angin, I. H., & Priantono, D. (2024). Analisis Rendahnya Minat Belajar Peserta Didik di SMP IT Mutiara Aulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 561–566.
Wulandari, A. (2017). Nafs in Sufism Psychology: Robert Frager’s Perspective. Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 15(1), 23–34.
DOI: 10.15408/jpa.v11i1.31641
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.