Analysis of Speech, Communication and Autism Disorders and Their Implications for Learning
Abstract
Abstrak: Anak usia sekolah di Indonesia mengalami gangguan bicara dan bahasa dengan persentase sebesar 5-10 %. Anak usia sekolah masuk dalam tahapan perkembangan industry vs inferiority sehingga gangguan bicara dan bahasa akan memiliki dampak yang negatif bagi perkembanganya. Penelitian ini berjenis data kualitatif dengan pendekatan library research yakni memanfaatkan sumber data sekunder berupa dokumentasi yang didapatkan dari artikel, buku, berita, majalah, dan sumber catatan maupun video. Analisis data dilakukan menggunakan content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gangguan bicara dan bahasa menjadi salah satu gejala dalam autisme yang dapat dikenali sedari dini mugkin yakni pada usia 16 bulan. Adapun implikasi gangguan bicara dan bahasa terhadap pembelajaran adalah anak akan merasa kurang percaya diri, sulit dalam memecahkan soal matematika dasar dan prestasi akademik buruk. Autisme disebabkan oleh multifaktor dan ditandai awal dengan ketidakmampuan membentuk hubungan sosial atau mengembangkan komunikasi sehingga berdampak buruk pada proses pembelajaran.
Abstract: School-age children in Indonesia experience speech and language disorders with a percentage of 5-10%. School-age children enter the industrial vs inferiority stage of development so that speech and language disorders will have a negative impact on their development. This research is a qualitative data type with a library research approach that utilizes secondary data sources in the form of documentation obtained from articles, books, news, magazines, and sources of notes and videos. Data analysis was performed using content analysis. The results of this study indicate that speech and language disorders are one of the symptoms in autism that can be recognized as early as possible, namely at the age of 16 months. The implications of speech and language disorders for learning are that children will feel less confident, have difficulty solving basic math problems and have poor academic performance. Autism is caused by multiple factors and is marked early by the inability to form social relationships or develop communication so that it has a negative impact on the learning process.
Keywords
References
Azizah, U. (2017). Keterlambatan bicara dan implikasinya dalam pembelajaran anak usia dini. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 281- 297.
Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.
Ballerina, T. (2016). Meningkatkan rentang perhatian anak autis dalam pembelajaran pengenalan huruf. Journal of Disability Studies, 3(2), 245-266.
Dash, Bipin Bihari. (2023). Noam Chomsky’s Language Structure And Language Use: A Critique. Research Journal of English Language and Literature (RJELAL), 11(1), 12-18. http://www.rjelal.com/
Dewanti, A., Widjaja, J. A., Tjandrajani, A., & Burhany, A. A. (2016). Karakteristik keterlambatan bicara di klinik khusus tumbuh kembang rumah sakit anak dan bunda harapan kita tahun 2008-2009. Sari Pediatri, 14(4), 230-4.
Fitriani, J., Ubung, S., Kinanthi, T. A., & Wahyuni, I. (2022). Analisis Gangguan Berbahasa Psikogenik Latah di Samarinda Ulu Studi Kasus: Psikolinguistik. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 9(2), 145-154.
Hikmawati, Y. (2018). Pemerolehan Bahasa Pada Anak Autis: Kajian Psikolinguistik. Pontianak: Universitas Tangjungpura Pontianak. Diakses 16 November 2022.
https://hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/penyakit-pada-anak/fragile-x-syndrome-anak/ Diakses pada 15 November 2022 pukul 00.34 WIB.
https://www.youtube.com/watch?v=pIl8HLk5ZEc Diakses pada 15 November 2022 Pukul 23.43 WIB.
Khairina, D., Nasution, S. Y., & Daulay, M. A. J. (2020). Analisis gangguan bahasa pada anak melalui kajian psikolinguistik. JURNAL SASINDO: SASTRA INDONESIA, 9(2).
Maharani, N., & Arwan, A. P. (2022). Strategi Coping Stres Ibu Rumah Tangga Dalam Menghadapi Kesulitan Ekonomi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Bekasi Coping Stress Strategy Of Housewives In Facing Economic Difficulties During The Covid-19 Pandemic In Bekasi City. Jurnal Penyuluhan Agama (JPA), 9(1), 47-56.
Mansur. (2018). Hambatan Komunikasi Anak Autis. Al-Munzir, 9(1), 80-96.
Masitoh, M. (2019). Gangguan Bahasa dalam Perkembangan Bicara Anak. Edukasi Lingua Sastra, 17(1), 40-54.
Matondang, C. E. H. (2019). Analisis gangguan berbicara anak cadel (kajian pada perspektif psikologi dan neurologi). Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 49-59.
Mawarda, F. (2021). Analisis Gangguan Berbahasa Pada Penderita Cadel (Kajian Psikolinguistik). Lingua, 17(1).
Melati, A. F. (2019). Gangguan Berbahasa Pada Penderita Disartria Dalam Kajian Neurolinguistik. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 3, No. 2).
Miller, S. A., & Lang, D. (2022). Psychosocial Theory: Erikson. Individual and Family Development, Health, and Well-being.
Muslimat, A. F., Lukman, L., & Hadrawi, M. (2020). Faktor dan dampak keterlambatan berbicara (speech delay) terhadap perilaku anak studi kasus anak usia 3-5 tahun: Kajian Psikolinguistik. Jurnal Al-Qiyam, 1(1), 1-10.
Muzaiyanah, M. (2015). Proses Pemerolehan Bahasa Anak. Wardah, 16(1), 113-124.
Natsir, N. (2017). Hubungan psikolinguistik dalam pemerolehan dan pembelajaran bahasa. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 10(1).
Rahayu, E., Widyaningsih, I., & Laksono, B. A. (2020). Problematika Keterlambatan Bicara dan Gagap Pada Anak Usia 6 Tahun. Jurnal Pendidikan Modern, 5(2), 63-71.
Rakhmanita, E. (2020). Kajian Psikolinguistik terhadap Gangguan Berbahasa Autisme. Universitas Sebelas Maret. Hlm, 1-10.
Sari, S. N. L., Memy, Y. D., & Ghanie, A. (2015). Angka kejadian delayed speech disertai gangguan pendengaran pada anak yang menjalani pemeriksaan pendengaran di bagian neurootologi IKTHT-KL RSUP Dr. Moh. Hoesin. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan: Publikasi Ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, 2(1), 121-127.
Setiawan, H., Triyadi, S., Herlina, D., Fadilah, A. A. N., Lutfiyana, A., Hayashi, T. E., & Nursakinah, N. (2022). Penerapan Mekanisme Berbicara pada Penderita Disartria Menggunakan Media Audio Visual. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 54-59.
Sitompul, M. S. (2019). Analisis Gangguan Berbahasa pada Anak di Kecamatan Pahae Julu. JURNAL KONFIKS, 6(1), 46-52.
Subyantoro. (2013). Gangguan Berbahasa: Mengenali untuk Mengantisipasi Sejak Dini. Yogyakarta:Penerbit Ombak.
Tyas. (2020). Dalam Artikel 4 Jenis Autisme yang Perlu Diketahui Orang Awam. Diakses melalui https://www.idntimes.com/health/fitness/pak/4-jenis-autisme-yang-perlu-diketahui-orang-awam-c1c2?page=all pada 16 November 2022.
Wahidah, A. F. N. M., & Latipah, E. (2021). Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 4(1), 43-62.
Yani, N.F. (2017). Kemampuan anak penderita autis dalam memahami tindak tutur direktif: Tinjauan Pragmatik Klinis. Jurnal Retorika. 10(1): 1—71.
DOI: 10.15408/jpa.v11i1.31528
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penyuluhan Agama (JPA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.