Religious Extension Methods for Adult Community in Somawangi Village, Banjarnegara District

Maryatul Kibtyah, Ayuk Hanifah, Ajeng Meli Oktaviana, Lilis Setyoningsih

Abstract


Abstrak: Dengan adanya perkembangan zaman memberikan pengaruh terhadap kemajuan pembangunan, tidak luput dari hal ini termasuk juga dalam kualitas manusia pembangunan untuk menghasilkan generasi pembangunan yang berkualitas diperlukan perhatian yang sungguh-sungguh terhadap kualitas penyuluhan. Dalam usaha membangun manusia pembangunan merupakan hal yang sangat penting termasuk memberikan penyuluhan bagi komunitas dewasa, karena pada proses penyuluhan ini harus disesuaikan dan dikembangkan sesuai dengan laju pembangunan bangsa. Penyuluhan bukan hanya diberikan melalui lembaga pemeritah yang berpaku pada kebijakan yang sudah di tetapkan oleh pemerintah, namun lebih dari itu komunitas dewasa juga bisa mendapatkan penyuluhan seperti terjun langsung di lapangan atau di luar lembaga pemerintah. Penyuluhan dapat diberikan pada komunitas dewasa dalam usaha menghasilkan manusia pembangunan, namun pada kenyataannya memberikan penyuluhan bagi komunitas dewasa tidaklah mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaannya, untuk memberikan penyuluhan pada komunitas dewasa dapat dilakukan dengan berbagai metode dan strategi penyulahan yang dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi serta metode penyuluhan yang tepat bagi komunitas dewasa. Adapun metode yang digunakan yakni metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa metode penyuluhan bagi komunitas dewasa bisa dilakukan dengan penyuluhan lebih banyak tercipta diskusi dan aksi dibandingkan hanya mendengarkan ceramah penyuluh.

Abstract: With the development of the times, it has an influence on the progress of development, including the quality of human development. To produce a quality generation of development, serious attention is needed to the quality of counseling. In an effort to build human development is very important, including providing counseling for adult communities, because the extension process must be adjusted and developed in accordance with the pace of national development. Extension is not only provided through government institutions that adhere to policies set by the government, but more than that, adult communities can also get extension such as directly in the field or outside government institutions. Extension can be provided to adult communities in an effort to produce human development, but in reality providing extension for adult communities is not easy. There are many things that must be considered in its implementation, to provide extension to adult communities can be done with various methods and strategies of extension needed. This study aims to reveal the strategies and methods of counseling that are appropriate for adult communities. The method used is descriptive qualitative method with a case study approach. The results of this study found that the method of extension for adult communities can be done by extension more created discussions and actions rather than just listening to extension workers.


Keywords


strategi penyuluhan agama; metode penyuluhan agama; komintas dewasa; religious extension strategy; religious extension method; adult community

References


Agussabti, I. (2020). Penyuluhan Pertanian Berbasis Syariah. Syiah Kuala University Press.

Gejir, I. N., Kencana, I. G. S., Artawa, I. M. B., & Suanda, I. W. (2021). Implementasi Proses Pembelajaran dalam Penyuluhan Kesehatan Bagi Tenaga Kesehatan. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Hidayati, P. I. (2014). Penyuluhan dan Komunikasi. Malang: Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Kanjuruhan Malang.

Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Latif, E. S. (2018). Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik Konsep Perkembangan dan Pertumbuhan Fisik dan Gerak Manusia. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Lubis, H. Z. (2010). Pengantar Psikologi Untuk Kebidanan. Jakarta: Kencana.

Mashur. (2021). Buku Ajar Pengantar Ilmu Penyuluhan (Bagi Mahasiswa Peternakan dan Kedokteran Hewan. Surabaya: Global Aksara Pres.

Nurkholipah, N. (2017). Pengaruh Penyuluhan Agama Islam Terhadap Kesadaran Beragama Kepada Masyarakat. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 5(3), 287-310.

Susilowati, D. (n.d.). Promosi Kesehatan. Jakarta: Pusdik SDM Kesehatan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83-91.

Zulman. (2020). "Strategi, Metode dan Teknik Komunikasi Penyuluhan Agama Islam". Lentera: Jurnal Diklat Keagamaan Padang, 4(2).


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jpa.v10i1.26691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penyuluhan Agama (JPA)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.