Pengaruh Bimbingan Agama terhadap Penerimaan Diri Remaja di Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Annajah Jakarta Selatan

Farida Aryani, Noor Bekti Negoro

Abstract


Abstract: Adolescence is a time when a person will experience significant changes, both physically and psychologically. At this time they need support and affection from their parents and other family members to deal with any problems in their life, but for those who do not have complete parents or live in orphanages, they cannot feel support from their parents directly and this often results in they are not confident and do not accept themselves for the problems they experience because they have to live in an orphanage. Therefore, it is necessary to have religious guidance to instill and cultivate an attitude of self-acceptance in foster children. This study aims to determine whether or not there is an influence of religious guidance on adolescent self-acceptance at the Annajah Children's Orphanage (PSAA) and to find out how strong the relationship between religious guidance and adolescent self-acceptance is at PSAA Annajah, South Jakarta. This study uses a quantitative approach with causal associative research. The sampling technique used in this study is saturated sampling with a sample of 38 respondents. The data analysis used were regression test, F-test, t-test, correlation coefficient test, and coefficient of determination test. The results of this study indicate that simultaneously religious guidance has a significant effect on adolescent self-acceptance at PSAA Annajah with a significance value of 0.000. Religious guidance has a strong relationship with selfacceptance. It can be seen from the R value of 0.724. Then obtained the value of R2 or R square of 0.525. This means that religious guidance has an effect on selfacceptance by 52.5%, while the remaining 47.5% is influenced by other variables outside this study.

Abstrak: Masa remaja merupakan masa dimana seseorang akan mengalami berbagai perubahan yang signifikan, baik dalam bentuk fisik maupun psikis. Pada masa ini mereka membutuhkan dukungan dan kasih sayang dari orang tua dan anggota keluarga lainnya untuk menghadapi setiap permasalahan dalam hidupnya, namun bagi mereka yang sudah tidak memiliki orang tua lengkap atau tinggal di panti asuhan tidak dapat merasakan dukungan dari orang tua secara langsung dan mengakibatkan seringkali mereka tidak percaya diri serta kurang menerima diri atas permasalahan yang dialami karena harus tinggal di panti asuhan.  Maka dari itu diperlukan adanya bimbingan agama untuk menanamkan dan menumbuhkan sikap penerimaan diri pada anak asuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh bimbingan agama terhadap penerimaan diri remaja di Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Annajah dan mengetahui seberapa kuat kaitan bimbingan agama terhadap penerimaan diri remaja di PSAA Annajah Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu sampling jenuh dengan sampel sebanyak 38 responden. Analisis data yang digunakan yaitu uji regresi, uji F-test, uji t-test, uji koefisien korelasi, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan bimbingan agama berpengaruh secara signifikan terhadap penerimaan diri remaja di PSAA Annajah dengan nilai signifikansi 0,000. Bimbingan agama memiliki hubungan kuat dengan penerimaan diri. Hal tersebut dapat diketahui dari nilai R sebesar 0,724. Kemudian diperoleh nilai R2 atau R square sebesar 0,525. Artinya bimbingan agama berpengaruh terhadap penerimaan diri sebesar 52,5%, sedangkan sisanya 47,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.



Keywords


religious guidance; self-acceptance; adolescent; orphanage; bimbingan agama; penerimaan diri; remaja; panti asuhan

References


Agoes, D. (2007). Psikologi Perkembangan Anak Usia Tiga Tahun Pertama. Jakarta: PT Refika Aditama.

Agustini, H. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Refika Aditama.

Al-Bukhori, I. (2009). Adabul Mufrad: Kumpulan Hadits-Hadits Akhlak. Terj. Moh. Suri Sudahri. Jakarta: Pustaka AlKautsar.

Alwisol. (2009). Psikologi Perkembangan Edisi Revisi. Malang: UMM Press.

Arifin, M. (1982). Pedoman Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan Agama. Jakarta: PT Golden Terayon Press.

Chaplin, J.P. (2006). Kamus Lengkap Psikologi. Terj. Kartini Kartono. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Departemen Agama RI. (2010). AlQur’an dan Terjemahnya. Bandung: Marwah.

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Resty, GT. (2016). Pengaruh Penerimaan Diri Terhadap Harga Diri Remaja di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Yogyakarta. Jurnal Bimbingan dan Konseling 1(5).

Hurlock, EB. (1999). Psikologi Perkembangan: Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga. Kuncoro Lestari Anugrahwati dan Anak Agung Ketut Sri.

Wiraswati. (2020). Pentingnya Penerimaan Diri Bagi Remaja Panti Asuhan Islam. Jurnal Intervensi Psikologi 12(2). L.N, Syamsu Yusuf dan Juntika.

Nurihsan. (2006). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lutfi, M. (2008). Dasar-Dasar Bimbingan dan Penyuluhan Islam. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah.

Mazaya, KN dan Supradewi, R. (2011). Konsep Diri dan Kebermaknaan Hidup Pada Remaja di Panti Asuhan. Jurnal Proyeksi 6(2).

Putri, AD. (2017). Hubungan Dukungan Sosial Terhadap Penerimaan Diri Remaja di Panti Asuhan Thariiqul Jannah Bekasi. Skripsi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta.

Savitri, J, dkk. (2015). Studi Deskriptif Mengenai Psychological Well-Being pada Remaja SOS Desa Taruna Kinderdorf Bandung. Jurnal Zenit 1(1).

Sobur, A. (2016). Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia.

Supraktiknya. (1995). Komunikasi Antar Pribadi Tinjauan Psikologi. Yogyakarta: Kanisisus.

Syahrum dan Salim. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Syukir, A. (1983). Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam. Surabaya: Pustaka Media.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jpa.v9i1.24541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.