Hubungan Penyuluhan Agama Dengan Pengetahuan Agama Jamaah di Majelis Ta’lim Aisyahturidho Kecamatan Cilodong - Depok

Anisa Fitriyani, Muhtar Mochamad Solihin

Abstract


Pendidikan agama islam non formal seperti majelis taklim merupakan pendidikan yang memberikan pengetahuan mengenai islam agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT. sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadits. Penyuluhan agama islam merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam memberikan pengetahuan kepada jamaah majelis ta’lim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengetahuan agama jamaah majelis ta’lim, menganalisis hubungan penyuluhan agama serta untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pengetahuan agama jamaah di Majelis Taklim Aisyahturidho Kecamatan Cilodong. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode sensus. Responden penelitian ini adalah ibu-ibu jamaah Majelis Ta’lim Aisyaturridho yang berjumlah 30 responden. Analisis data korelasi rank spearman yang diuji menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara penyuluhan agama dengan pengetahuan agama jamaah Majelis Taklim Aisyahturidho dengan nilai signifikan 0,000<0,05 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,634 artinya tingkat keeratan korelasi yang kuat dan bernilai positif bermakna searah artinya apabila penyuluhan tinggi maka pengetahuan agama meningkat, dan apabila penyuluhan rendah maka pengetahuan agama rendah pula. Kemudian tingkat pengetahuan agama jamaah Majelis Taklim Aisyahturidho tinggi sebesar 57 persen, dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pengetahuan agama adalah aqidah, ibadah, akhlak, metode, ceramah, serta media audio visual.


Keywords


Penyuluhan agama, pengetahuan agama, majelis taklim aisyahturidho.

References


Agussabti. (2018). Penyuluhan Pertanian Berbasis Syariah. Syiah Kuala University Press.

Arifin, Isep Zainal. (2009). Bimbingan Penyuluhan Islam Pengembangan Dakwah Melalui Psikoterapi Islam. Jakarta: rajawali Pers.

Arsyad. (2018). Jurnal Pengaruh Penyuluhan terhadap Pengetahuan pada Murid Kelas IV dan V SD.17(1).

Astuti, Rini Widi, dkk. Pengaruh Majelis Ta’lim Ibu-ibu terhadap Minat Mendalami Agama Islam. Jurnal Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam.

Betina, Nydia Rena. (2012). Skripsi Pengaruh Penyuluhan terhadap Tingkat Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Pada Remaja Siswa SMP Kristen Gergaji. Semarang, Universitas Diponegoro.

Hidayat, Amri Syarif. (2019). Metode dan Media Komunikasi dalam penyuluhan Agama: Studi Kasus Penyuluhan Agama Islam di kabupaten Sukoharjo. Jurnal Acta Diurna. 15(2).

Husni, Muhammad. (2016). Studi Pengantar Pendidikan Agama Islam. Padang Panjang: Isi Padangpanjang Press.

Ikbal, Mohammad. (2016). Kinerja Penyuluh Pertanian. Jakarta: Deepublish.

Ismail, Faisal. (1997). Paradigma Kebudayaan Islam: Studi Kritis dan Refleksi Historis. Yogyakarta: Titian Ilahi Press.

Kementerian Agama RI. (2011). Buku Penunjang Tugas Penyuluh Agama Manajemen Dakwah (Dasar-dasar Dakwah/Penyuluhan Agama Islam).

Nurkholipah. (2017). Skripsi Pengaruh Penyuluhan Agama Islam terhadap Kesadaran Beragama Kepada Masyarakat. Bandung, UIN Sunan Gunung Djati.

Sugiyono. (2006). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit CV Alfabeta.

Tim Naskah BPS Kota Depok. (2020). Kecamatan Cilodong dalam Angka 2020. Depok: BPS Kota Depok.

Zuraya, Nadia. (2015). Menristekdikti: Ilmu Pengetahuan Perlu Agama. www.republika.co.id. diakses pada tanggal 27 Februari 2021.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jpa.v8i1.24375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penyuluhan Agama (JPA)