Strategi Political Marketing Partai Solidaritas Indonesia dalam Memperoleh Suara di DPRD Provinsi DKI Jakarta pada Pemilu 2019

Andy Sanjaya, Iding Rosyidin

Abstract


Abstract. This study analyzes the political marketing strategy of DPW PSI Jakarta DPRD DKI Jakarta in the 2019 election. The purpose of this research is to look at PSI Jakarta's strategy in facing the 2019 election, so as to get 8 seats for DPRD DKI Jakarta. Also, to find out the obstacles faced by PSI Jakarta during the campaign. PSI's achievements as a new party have been quite successful and have even exceeded the expectations of its management. Even though it was full of controversy by carrying anti-corruption and anti-intolerance narratives which were labeled as anti-Islamic parties, it was able to get 8 seats. PSI as a new party, eventually made its way to the DKI Jakarta parliament. In this case, PSI's political marketing strategy is quite effective which is based on push, pull and pass political marketing. This study uses the main theory of political marketing. The focus of the discussion is PSI's political marketing strategy. The method used is qualitative, with interviews and documentation data collection techniques. Analysis of the research data is divided into three stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. This research concludes that the political marketing strategy of DPW PSI Jakarta is quite effective. Meanwhile, the control is being branded as an anti-Islamic party, failing to pass the parliamentary threshold, and the eliteness of its narrative.

 

Keywords: PSI, political marketing, strategy.

 

Abstrak. Penelitian ini menganalisis tentang strategi pemasaran politik DPW PSI Jakarta DPRD DKI Jakarta pada pemilu 2019. Tujuan penelitian ini untuk melihat strategi PSI Jakarta dalam menghadapi pemilu 2019, sehingga mendapatkan 8 kursi untuk DPRD DKI Jakarta. Juga, untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh PSI Jakarta pada saat kampanye. Pencapaian PSI sebagai partai baru sudah cukup berhasil bahkan bisa melebihi ekspektasi dari para pengurusnya. Meski penuh kontroversi dengan mengusung narasi anti korupsi dan anti intoleransi yang dicap sebagai partai anti Islam, namun mampu mendapatkan 8 kursi. PSI sebagai partai baru, akhirnya melenggang ke parlemen DKI Jakarta. Dalam hal ini, strategi pemasaran politik PSI cukup efektif yang bertumpu pada  push, pull dan pass political marketing. Penelitian ini menggunakan teori utama pemasaran politik. Fokus pembahasannya strategi pemasaran politik PSI. Metode yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan strategi pemasaran politik DPW PSI Jakarta cukup efektif. Sementara kendalnya adalah dicap partai anti Islam, tidak lolos parlementary threshold, dan keelitisan narasinya.

 

Kata Kunci: PSI, marketing politik, strategi.


Keywords


PSI; political marketing; strategy; marketing politik; strategi;

References


Cangara, Hafied. Komuniksasi Politik, Konsep, Teori, dan Strategi, Jakarta: Rajawali Press, 2009.

Fitri, Puput Ika dan Wahyu Widiastuti. Strategi Komunikasi Partai Solidaritas Indonesia dalam Membangun Brand Awareness Masyarakat Kota Bengkulu, Jurnal Kaganga, Vol 3, No. 2, Oktober 2019.

Firmanzah, Marketing Politik: Antara Pemahaman dan Realitas, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2008.

Gunanto, Djoni, Lusi Andriyani, Muhammad Sahrul. Strategi Komunikasi Politik Calon Legislatif Terpilih DPRD Tangerang Selatan dalam Pemilu Tahun 2019 (Fraksi Partai Solidaritas Indonesia), Perspektif Komunikasi Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, Vol. 4, No. 2, Tahun

Harison, Lisa. Metodologi Penelitian Politik, penerjemah Tri Wibowo. B. S. Jakarta: Kencana, Cet. Ketiga, 2016.

Heryanto, Gun Gun dan Shulhan Rumaru, Komunikasi Politik Sebuah Pengantar, Jakarta, Ghalia Indonesia, 2013

Miles dan Huberman, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992.

Nasution, Rifdah Hayani. Strategi Marketing Politik Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pada Segmentasi Pemuda di Kota Pekanbaru, JOM FISIP, Vol. 6, Edisi 1 Januari – Juni 2019.

Newman, Bruce. I, Handbook of Political Marketing, London: Sage Publication Inc,, 1999

Nursal, Adman. Political Marketing, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2004.

www.cnnindonesia.com 18 Desember 2018

https://psi.id 16 November 2015.

Tulung, Linkan Easter, SLHV Joyce Lapian, Altje Tumbel, Fredrik G. Worang, Imelada W.J. Ogi. The Political Marketing Strategy of Partai Solidaritas Indonesia in Legislative Election 2019 of North Sulawesi Province, JMBI Unsrat, Vol. 9, No. 1, Tahun 2022.

Wahyudi, Fahmi Iss, Widia Setiabudi Sumadinata, Leo Agustino. Strategi Partai Solidaritas Indonesia dalam Memenangkan Suara Pemilih Minoritas pada Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2019, Jurnal Civic Hukum, Vol. 6, No. 1 2021.

Wawancara dengan Gun Gun Heryanto, Pengamat Komunikasi Politik UIN Jakarta, pansel caleg PSI DKI Jakarta, pada 13 September 2019 di Depok.

Wawancara dengan Michael Sianipar, Ketua Dewan Pengurus Wilayah PSI DKI Jakarta, pada 28 Agustus 2019 di Kantor Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jisi.v4i1.33359



Copyright (c) 2023 Iding Rosyidin, Andy Sanjaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.