STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN DISIPLIN POSITIF PADA ANAK TK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardito Ramadhan. (2022). Kementerian PPPA: 11.952 Kasus Kekerasan terhadap Anak Terjadi Sepanjang 2021, Mayoritasnya Kekerasan Seksual. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2022/03/24/15034051/kementerian-pppa-11952-kasus-kekerasan-terhadap-anak-terjadi-sepanjang-2021
Aulina, C. N. (2013). Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. Pedagogia, 2(1), 36–49.
Durrant, J. E. (2007). Positive Discipline (Vol. 1, Issue 69). Save the Children.
E. Durrant, P. . (2019). Disiplin Positif. Save the Childrean.
Febriandari, E. I. (2017). Penerapan Metode Disiplin Positif Sebagai Bentuk Pembinaan Pendidikan Karakter Disiplin Anak SD. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran.
Febrianto, Mory Victor. Amalia, R. (2021). Peran Guru Dalam Membangun Perilaku Disiplin Siswa Kelas IV. Jurnal Cendekia Pendidikan, 7–14.
Gunartati, G., & Kurniawan, D. (2021). Implementasi Disiplin Positif Anak Usia Dini Oleh Pendidik KB Bintang Mulia Krekah Gilangharjo Pandak Bantul. Cendekiawan Ilmiah PLS, 6(1), 34–43. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3060
Hidayat, N., Danarti, & Darwati, S. (2016). Disiplin Positif; Membentuk Karakter Tanpa Hukuman. Disiplin Positif; Membentuk Karakter Tanpa Hukuman (The Progressive & Fun Education Seminar) Ke-1, 471–477. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/7840
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2015). Panduan Sekolah Ramah Anak.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Disiplin Positif (Seri Pendidikan Orang Tua). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2009). Peraturan Menteri RI No 58 Tahun 2009. https://doi.org/10.1038/132817a0
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 Tahun 2014.
Khaerunnisa, S. M. (2020). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Karakter Peduli Sosial. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9.
Krisdianti, B., & Yoedo, Y. C. (2021). Penerapan Disiplin Positif oleh Guru dengan Integrasi Iman Kristen pada Kelas I-A di Sekolah Dasar X Surabaya. Aletheia Christian Educators Journal, 2(1). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.9744/aletheia.2.1.1-23
Lukitasari, S. (2017). Deskripsi Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun di KB/TK Pedagogia. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 231–240.
Lusiana, Ainurrahman, D. M. (2022). Peran Guru Dalam Penanaman Karakter Kedisiplinan Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kanisius Pontianak Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11, 2778–2785. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i11.59517
Muna’amah, Maimanatul, S. M. S. S. (2021). Peran Guru dalam Optimasi Perkembangan Sikap Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9, 355–362. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/index%0APeran
Oktaviana, A., & Munastiwi, E. (2022). Peran Pendidik dalam Menerapkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini melalui Metode Pembiasaan. Obsesi, 6(5), 5297–5306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2715
Patilima, H. (2013). Peran Pendidik Pos PAUD Dalam Membangun Resiliensi Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1).
Patilima, H. (2022). Pendisiplinan Berbasis Konvensi Hak Anak.
Presiden RI. (2003). Undang Undang No 20 Tahun 2003. In UU RI No 20 Tahun 2003 (pp. 1–33).
Presiden RI. (2005). UU No14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Rejeki, S. (2022). Peran Guru Dalam Penerapan Disiplin Pada Anak dI TK Sepakat Simpang Semadam Aceh Tenggara. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
St. Paul, M. (2009). Positive Discipline: A Guide for Parents. Regents of the University of Minnesota. https://www.childrensmn.org/images/family_resource_pdf/027121.pdf
Sulistyowati, P. Y. (2023). Pelatihan Pelatihan Kiat Membangun Disiplin Positif Dalam Pendidikan Keluarga. Kemitraan Dan Pemberdayaan Masyarakat, III(1). https://doi.org/10.14414/kedaymas.v3i1.3561
Sulvinajayanti, Adnan Achirudin Saleh, M. N. H. (2021). Pengasuhan Disiplin Positif Islami Sebagai Upaya Penurunan Kekerasan Terhadap anak di Kabupaten Sidrap. Jurnal Penelitian, 15, 77–110. https://doi.org/DOI : 10.21043/jp.v15i1.10241
General Comment No.8 Protection from punishment, 8 (2007).
General Comment No 13 The right of the child to freedom from all forms of violence, 13 16 (2015).
Unesco. (2006). Positive Discipline in the Inclusive Learning-Friendly Classroom (Issue NeurIPS). Biro Pendidikan Regional Asia dan Pasifik UNESCO.
Wijaya, I. D. R. (2015). Disiplin Positif Dalam Pengasuhan dan Pendidikan.
Yuliantina, I.,& Wahyudi, D., A. (2020). Perlindungan dan Pengasuhan.
Zahra Inas. (2020). Disiplin Positif Bagi Anak Usia Prasekolah. UIN Sultan Syarif Kasim.
Zamzani, C. . (2016). Penerapan Disiplin Positif Sebagai Upaya Membangun Karakter Peserta Didik.
DOI: https://doi.org/10.15408/jece.v5i1.34415 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
© Copyright CC-BY-SA JECE, p-ISSN: 2686-2492 e-ISSN: 2715-8918 |