HUBUNGAN KEMAMPUAN SOSIAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP FUNGSI EKSEKUTIF ANAK USIA DINI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, S., Peterson, E. R., Waldie, K. E., & Morton, S. M. B. (2019). Development of an Index of Socio-Emotional Competence for Preschool Children in the Growing Up in New Zealand Study. Frontiers in Education. https://doi.org/10.3389/feduc.2019.00002
Ahmad, S., Waldie, K. E., Morton, S. M. B., & Peterson, E. R. (2022). Do Patterns of Levels of Socio-emotional Competence During Early Childhood Predict Executive Function at 4.5 Years? Child Psychiatry and Human Development. https://doi.org/10.1007/s10578-021-01128-3
Akmalia, R. Y. B. (2020). Peningkatan Executive Function Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Outdoor Play di TK Islam As-Salam Depok Tahun Ajaran 2019/2020. Repository.Uinjkt.Ac.Id.
Arieska, O., Syafri, F., & Zubaedi, Z. (2018). Pengembangan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotion) Daniel Goleman Pada Anak Usia Dini dalam Tinjauan Pendidikan Islan. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v1i2.1337
Ayomi, A. T. R., Widyorini, E., & Roswita, M. Y. (2021). Hubungan Inteligensi dengan Fungsi Eksekutif pada Anak Gifted Relationship between Intelligence and Executive Function to Gifted Children. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa.
Fitriani, A. P., & Maharani, P. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Sosial Anak Melalui Permainan Jamuran. Jurnal Pendidikan Modern. https://doi.org/10.37471/jpm.v4i3.71
Goleman et al., 2019. (2019). Goleman et al. Journal of Chemical Information and Modeling.
Graziano, P. A., Reavis, R. D., Keane, S. P., & Calkins, S. D. (2007). The role of emotion regulation in children’s early academic success. Journal of School Psychology. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2006.09.002
Hughes, C. (1998). Executive function in preschoolers: Links with theory of mind and verbal ability. British Journal of Developmental Psychology. https://doi.org/10.1111/j.2044-835X.1998.tb00921.x
Ilsa, F. N., & Nurhafizah. (2020). Penggunaan Metode Bermain Peran dalam Pengembangan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan.
Mangkuwibawa, H., & Kurnia, A. (2021). Hubungan Antara Aktivitas Bermain Peran Dengan Kecerdasan Emosional Anak. Jurnal Golden ….
Nasa, A. F., Amenike, D., & Anggreiny, N. (2022). Perkembangan fungsi eksekutif anak usia pra sekolah: Studi di masa pandemi Covid-19. MEDIAPSI. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2022.008.02.855
Nikolaeva, E. I. (2019). Executive functions in early childhood. Comprehensive Child Studies. https://doi.org/10.33910/2687-0223-2019-1-4-330-337
Ningsih, S., & Virdyna, N. K. (2022). Implementasi Permainan Tradisional Senapan Bambu Untuk Kemampuan Sosial Anak Usia DinI. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini). https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2021.2.2.57-70
Riyan, Setiawati, E., & Hendrianingtyas, M. (2018). Pengaruh Senam Sehat Anak Indonesia Terhadap Kinerja Fungsi Eksekutif pada Anak dengan Underweight. Jurnal Kedokteran Diponegoro.
Sa’diyah, R. (2018). Urgensi Kecerdasan Emosional Bagi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.17509/cd.v4i1.10375
Sari, N. I., Bactiar, M. Y., Amal, A., Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Pendidikan, I., Makassar, U. N., Emosional, K., & Dini, A. U. (2022). Hubungan pola asuh orangtua terhadap kecerdasan emosional anak usia dini di tk pertiwi balocci 1,2,3). Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Susanti, D., Hasmira, H., & Sukarnih Putri, M. (2023). Peran Fungsi Eksekutif Otak pada Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Indonesia. https://doi.org/10.36418/japendi.v4i1.1524
Susilowati, R. (2018). Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. https://doi.org/10.21043/thufula.v6i1.4806
Wahyuni, L. (2020). Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Kartu Bergambar Di Tk Al Hamidy Mataram. Jurnal Paedagogy. https://doi.org/10.33394/jp.v7i1.2514
Wijayanti, W. S., Sjahruddin, H., & Razak, N. (2017). Pengaruh Karakteristik Individu Dan Pemafaatan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Organisasi Dan Manajemen,1(1), 14–28.
Wolf, S., & McCoy, D. C. (2019). The role of executive function and social-emotional skills in the development of literacy and numeracy during preschool: a cross-lagged longitudinal study. Developmental Science. https://doi.org/10.1111/desc.12800
DOI: https://doi.org/10.15408/jece.v5i1.32912 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
© Copyright CC-BY-SA JECE, p-ISSN: 2686-2492 e-ISSN: 2715-8918 |