THE IMPLEMENTATION OF A CLEAN AND HEALTHY LIFESTYLE ON YOUNG CHILDREN AT PRIMA SAKINAH KINDERGARTEN

Arsi Binawanti

Abstract


A Clean and Healthy Lifestyle needs to be accustomed from an early age so that children are maximally stimulated and away from disease. The purpose of this study was to find out in detail the clean and healthy lifestyle program implemented by Prima Sakinah Kindergarten and its supporting sanitation facilities and infrastructure. Prima Sakinah Kindergarten is one kindergarten that has implemented a Clean and Healthy Lifestyle Habituation program since 2003. Prima Sakinah Kindergarten also won first place in Healthy Schools at the Mustika Jaya district level, Bekasi. It became one of the early childhood education institution-level driving schools representing Bekasi. The method used in this research is naturalistic qualitative with data collection and data analysis using interview, observation, and documentation studies. The research subjects were 25 students of Prima Sakinah Kindergarten. Prima Sakinah Kindergarten implements the Clean and Healthy Lifestyle program well. The program includes washing hands with soap and running water, habituation of tooth brushing, urinating and defecating in the latrine, clipping nails, eating healthy, balanced, and nutritious food, water therapy, giving milk, disposing of garbage in its place, and sorting out waste, physical activity, and monitoring children's growth.

Keywords


early childhood; clean and healthy lifestyle; habituation

Full Text:

PDF

References


Alhuur, Ken Ratu Gharizah. 2019. Pentingnya Minum Susu Untuk Anak Usia Dini, Remaja dan Lanjut Usia di Pesisir Pangandaran. Jurnal Unpad. Vol.1(2), 12-15.

Ali, Mohammad. 1990. Penelitian Kependidikan : Prosedur dan Strategi. Bandung : Tarsito.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Astuti, Fitria Puji, Suwardi. 2020. Persepsi Orangtua Terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak Usia Dini. Jurnal AUDHI. Vol.3 (1). pp : 10-18.

Departemen Kesehatan RI. (2011). Pedoman pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Departemen Kesehatan RI. (2014). Booklet perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) di rumah tangga. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Pedoman Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. 2004. Sosialisasi Pendidikan Anak Usia Dini, Apa, Mengapa Dan Siapa Yang Bertanggung Jawab Terhadap Program Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Direktorat Pendidikan Anak Dini Usia, Direktorat Jendral Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda, Departemen Pendidikan Nasional.

Imban, S., & Indriani. 2021. Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih & Sehat Anak Usia Dini Melalui. Early Childhood Islamic Education Journal, Vol.2 (1), 71-73.

Julianti, Ratna, Nasirun, Wembrayarli. 2018. Implementasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Lingkungan Sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia. Vol.3 (1), pp: 11-17.

Kemenkes RI. 2008. Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 129 Tahun 2008. Jakarta. Kementrian Kesehatan

Kemenkes RI .2011. Panduan Pembinan dan Penilaian Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Rumah Tangga. Jakarta : Kementrian Kesehatan

Kementrian Kesehatan. 2016. PHBS. Jakarta : Kementrian Kesehatan RI

Mardhiati, Retno. 2019. Guru PAUD : Pendidikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Anak. IKRAITH-ABDIMAS. Vol.2 (3), pp :133-141.

Margowati, Sri, Febru, Puji Astuti. Pangestuti. 2021. Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) usia 4-5 tahun Melalui Metode Bercerita. Action Research Journal. Vol.1 (1), pp : 108-114.

Mariyati, Sri Anna. 2019. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Aktivitas Fisik dan Pemantauan Berat Badan Anak. Jakarta : FEMA.

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Jakarta: Rineka Cipta

Permenkes No.492/MENKES/PER/IV/2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 03/PRT/M/2013 tentang Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Persampahan dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Peraturan Menteri Kesehatan No. 41 tahun 2014, tentang Pedoman Gizi Seimbang.

Peraturan Menteri Kesehatan No 3 tahun 2014, tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 25 Tahun 2014 tentang Upaya Kesehatan Anak.

Peraturan Dirjen PAUD No. 38 tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Ruang Kelas Baru Pendidikan Anak Usia Dini tahun 2019

Proverawati, Atikah. 2012.Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Yogyakarta: Nuha Medika.

Rest Room Association. 2014. A Guide to Better Preschool Toilet Design. Singapore : Rest Room Association

Siswanto, H. 2012. Pendidikan Kesehatan Unsur Utama dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Vol.5(2), 306-320.

Soekidjo, Notoatmodjo. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Utami, Febby Anugrah, Faridah Sani. 2021. Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Era Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) di Indonesia. Bikfokes, Vol. 1 (3), 1-13.




DOI: https://doi.org/10.15408/jece.v3i2.24848 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

CrossRef CrossRef Garuda dimension sinta


 

Creative Commons License


© Copyright CC-BY-SA

web analytics View My Stats

JECE, p-ISSN: 2686-2492 e-ISSN: 2715-8918