Pengembangan E-Modul IPAS sebagai Inovasi Pembelajaran di Kurikulum Merdeka

Nabilla Febriani, Rohmat Widiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) pada Materi Tumbuhan Sumber Kehidupan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Kelas IV SDN 01 Pengasinan serta mengetahui respon peserta didik terhadap E-Modul yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Development Research) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE E-Modul yang telah divalidasi dan diuji pada 30 peserta didik kelas IV SDN 01 Pengasinan. E-Modul divalidasi berdasarkan aspek kelayakan materi, media dan pembelajaran, sedangkan proses implementasi berdasarkan uji keterbacaan pada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk E-Modul yang dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar penunjang dalam proses pembelajaran IPAS.

Keywords


E-Modul; IPAS; Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Anisatur Rohmah, Henry Januar Saputra, & Ikha Listyarini. (2020). “Pengembangan E-Magazine Berbasis Android Dalam Pembelajaran Kelas V Sekolah Dasar.” Elementary School, 7(2), 292.

Anwar, Rosyida Nurul. (2020). “Persepsi Guru Paud Terhadap Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka.” Azzahra Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 99–109.

Ayu Wandari, Kamid, & Maison. (2018). “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Materi Geometri Berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa.” Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 54.

Bahar, Ayunara. (2022). “Kurikulum Merdeka, Latihan Soal, Materi IPAS Kelas 4 SD Bab 1 Tumbuhan Sumber Kehidupan.” Ahzaa.Net. Semarang.

Bahriah, E. S., Yunita, L., Sholihat, R. N., Haryanti, S., & Indonesia, M. S. (2023). Aplikasi Kurikulum Merdeka: Fenomena Learning Loss Pada Pembelajaran Kimia. Media Sains Indonesia.

Cecep Kustandi, & Daddy Darmawan. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Direktorat PAUD, Diknas dan Dikmen. (2021). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Jakarta: Sekretariat Jenderal Kemendikbudristek.

F. S. Irwansyah, I. Lubab, I. Farida, & M. A. Ramdhani. (2017). “Designing Interactive Electronic Module in Chemisty Lessons.” Journal of Physics International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE) Conference Series, 895(1).

Farhana, I. (2023). Merdekakan Pikiran Dengan Kurikulum Merdeka: Memahami Konsep Hingga Penulisan Praktik Baik Pembelajaran Di Kelas. Lindan Bestari.

Hendryadi, Suryani. (2016). Metode Riset Kuantitatif: Teori Dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen Dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenada Media Group.

Inayati Juwita Sari Vina Serevina, Raihanati, & I Made Astra. “Development Of E- Module Based On Problem Based Learning (Pbl) On Heat And Temperature To Improve Student‟s.”

Kadek Aris Priyanthi. (2017). “Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus: Siswa Kelas XI TKJ SMK N 3 Singaraja).” Jurnal Karmapati, 6(1), 3.

Komang Priatna. (2017). “Pengembangan E- Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi Untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual Di SMK Negeri 1 Sukasada.” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik.

Matondang, Zulkifli. (2019). Evaluasi Hasil Belajar. Medan: Yayasan Kita Menulis.

May Zul Fathulain, Effendi, & Fakhli Gulo. (2018). “Pengembangan Lembar Kerja Peserta XI, (LKPD) Interaktif Untuk Pembelajaran Kimia Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Di Kelas SMA.” Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 5(1), 68.

Mubarak, H. A. Z. (2022). DESAIN KURIKULUM MERDEKA UNTUK ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0. zakimu.com.

Munandar, Arif. (2017). “Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia.” Aula Handayani IKIP Mataram, 130–143.

Mustofa Abi Hamid, Lely Yuliawati, & Didik Aribowo. (2020). “Feasibility Of Electromechanical Basic Work E- Module As A New Learning Media For Vocational Students.” Journal Of Education And Learning (Edulearn), 14(2), 199.

Purnawanto, Ahmad Teguh. (2022). “Perencanakan Pembelajaran Bermakna Dan Asesmen Kurikulum Merdeka.” Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20(1), 75–94.

Rizki Arywan, I Gde Wawan Sudatha, & Adrian I Wayan llia Yuda Sukmana. (2018). “Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Singaraja.” Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 182.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Saputra, Mochammad Renaldy Aji. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Berbasis WEB. Karanganyar: Penerbit Yayasan Lembaga Gumum Indonesia.

Sarumaha, Murnihati. (2021). Biologi Sel Modul Singkat Sel Dalam Perkembangannya. Banyumas: CV Luthfi Gilang.

Sholekah, Friska Fitriani. (2020). “Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013.” Childhood Education Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–6.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. (Ed. 2). Bandung: Alfabeta.

Sunendar, Tatang. (2022). “Merancang Pembelajaran IPAS Di SD.” Yayasan Badan Perguruan Indonesia Winaya Utama Marganing Satya Dharma DCPGTK SD, SMP, SMA, SMK. Retrieved from https://bpiedu.id/yayasanbpi/index.php/blog/merancang-pembelajaran-ipas-di-sd.

Ujang Cepi Berlian, Siti Solekah, & Puji Rahayu. (2022). “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.

Wafiyatu Maslahah, & Lailatul Rofiah. (2019). “Pengembangan Bahan Ajar (Modul) Sejarah Indonesia Berbasis Candi-Candi Di Blitar Untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah.” Jurnal Agastya, 9(1), 36.

Yamin, Martinis. (2007). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Putra Grafika.




DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v3i2.35291 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006

 

Indexed By:

Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch