Penerapan Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Tematik Kelas III MI Pembangunan UIN Jakarta
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses penerapan manajemen kelas dalam pembelajaran tematik kelas III MI Pembangunan UIN Jakarta yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas III MI Pembangunan UIN Jakarta. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui Langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas III MI Pembangunan UIN Jakarta sudah baik dalam menerapkan manajemen kelas dalam pembelajaran tematik. Adapun kegiatan inti yang dilakukan oleh guru meliputi empat aspek utama yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhi Kusumastuti, dkk. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Afib Rulyansah, dkk. 2017. Model Pembelajaran Brain Based Learning Bermuatan Multiple Intelligences. Banyuwangi: LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi.
Albi Anggito dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
Carolyn M. Evertson dan Edmund T. Emmer. 2011. Manajemen Kelas untuk Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Delceva Jasmina dan Dizdarevik. 2014. CLASSROOM MANAGEMENT, International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering, and Education. Vol. 2, No.1.
Endang Widi Winarni. 2018. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Forrest W. Parkay dan Beverly Hardcastle Stanford. 2011. Menjadi Seorang Guru. Jakarta: Indeks.
Ibadullah Malawi&Ani Kadarwati. 2017. Pembelajaran Tematik Konsep dan Aplikasi. Jawa Timur: CV. AE MEDIA GRAFIKA.
Imam dan Djum Djum. 2017. Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik. Bandung: ALFABETA.
John M.Echols dan Hasan Shadily. 2006. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Karwati Euis dan Donni J. Priansa. 2013. Manajemen Kelas Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan dan Berprestasi. Bandung: ALFABETA.
Mamat SB, dkk. 2005. Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam, Depag RI.
Mardawani. 2020. Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Maulana Arafat dan Nashran Azizan. 2020. Pembelajaran Tematik SD/MI. Jakarta: Prenadamedia Group.
Muh Fitrah dan Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian. Jawa Barat: CV Jejak.
Muhammad Kristiawan, dkk. 2017. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Muklis, Mohamad. 2012. Pembelajaran Tematik, Jurnal STAIN Samarinda Vol. IV No. 1.
Mulyadi, 2009. Classroom Management. Malang: UIN Press.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Prastowo, Andi. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu Jakarta: PRENADAMEDIA Group.
Rahman, Taufiqur. 2018. Kiat-kiat Menulis Karya Ilmiah Remaja. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Rinja Efendi&Delita Gustriani. 2020. Manajemen Kelas di Sekolah Dasar. Jawa Timur: CV Penerbit Qiara Media.
Rohman, Abdur. 2017. Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Insani. Jawa Timur: Duta Media Publishing.
Rokim. 2012. Implementasi Manajemen Kelas dalam Peningkatan Efektivitas Pembelajaran PAI. Jurnal Al-Hikmah. Vol. 2.
Rusyan, Tabrani. 2012. Membangun Kelas Aktif dan Inspiratif. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Saefullah. 2012. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sandu Siyoto dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sarinah dan Mardalena. 2017. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.
Shobirin, Ma’as. 2012. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. DIY: DEEPUBLISH.
Sukiniarti. 2014. Kendala Penerapan Pembelajaran Tematik di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, Vol. 28 No.2.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Ade Rukman dan Asep Suryana. 2009. Manajemen
Widiasworo, Erwin. 2018. Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: DIVA Press.
Zein, Achyar. 2017. Ayat-ayat Alquran tentang Manajemen Pendidikan Islam. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v3i1.22093 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006
Indexed By: