DEVELOPMENT OF SETS-BASED CHEMISTRY LEARNING E-MODULES (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) ON COLLIGATIVE PROPERTIES OF SOLUTIONS

Rahmawati Maharni, Burhanudin Milama, Rizqy Nur Sholihat

Abstract


DEVELOPMENT OF SETS-BASED CHEMISTRY LEARNING E-MODULES (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) ON COLLIGATIVE PROPERTIES OF SOLUTIONS

Abstract

This study aims to produce an e-module for learning chemistry based on SETS (Science, Environment, Technology, Society) on the colligative properties of solutions, and to find out students' responses to the e-module. This study uses a 4-D model (define, design, development, and disseminate) which is limited only to the development stage. The instruments used in this research are needs analysis questionnaire, student analysis questionnaire, module content validation sheet, and student response questionnaire sheet. The validation of the content of the module was carried out by 2 instructional review experts and 1 practitioner. Based on the validator's assessment, a valid and worthy module was produced to be tested. The e-module trial phase was carried out on 35 students of class XII MIPA at SMAN 4, South Tangerang City. Based on the student response questionnaire, obtained a percentage of 82.5% in the SETS-based learning aspect which is included in the very good category. Overall, there was a positive response to the developed e-module with an average percentage of 82.93% which was included in the very good category and was suitable for use as a medium and source of learning in the learning process.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul pembelajaran kimia berbasis SETS (Science, Environment, Technology, Society) pada materi sifat koligatif larutan, serta mengetahui tanggapan siswa terhadap e-modul tersebut. Penelitian ini menggunakan model 4-D (define, design, development, dan disseminate) yang dibatasi hanya sampai tahap development. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket analisi kebutuhan, angket analisis peserta didik, lembar validasi isi modul, dan lembar angket respon siswa. Validasi isi modul dilakukan oleh 2 orang ahli kajian instruksional dan 1 orang praktisi. Berdasarkan penilaian validator, dihasilkan modul yang valid dan layak untuk diuji coba. Tahap uji coba e-modul dilakukan terhadap 35 orang siswa kelas XII MIPA di SMAN 4 Kota Tangerang Selatan. Berdasarkan angket respon siswa, diperoleh presentase sebesar 82,5% pada aspek pembelajaran berbasis SETS yang termasuk kedalam kategori sangat baik. Secara keseluruhan, diperoleh respon positif terhadap e-modul yang dikembangkan dengan presentase rata-rata sebesar 82,93% yang termasuk dalam kategori sangat baik dan layak digunakan sebagai media dan sumber belajar dalam proses pembelajaran.


Keywords


chemistry learning; properties; e-module; SETS; 4-D Model; e-modul; model 4-D; pembelajaran kimia; sifat koligatif

Full Text:

PDF

References


Aditia, M. T., & Muspiroh, N. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat Dan Islam (Salingtemasis) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Kelas X Di Sma Nu (Nadhatul Ulama) Lemahabang Kabupaten Cirebon. Jurnal Scientiae Educatia, 2(2), 1–20.

Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Ardiansyah, R., Wahyuni, S., & Handayani, R. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Science, Environment, Technology, Society (SETS) dalam Pembelajaran Fisika Bab Alat Optik di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1).

Budiarti, S., Nuswowati, M., & Cahyono, E. (2016). Guided Inquiry Berbantuan E-Modul untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 1–9.

Cecep, K., & Bambang, S. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Penerbit Ghalia Indonesia.

Diantari, L. P. E., Damayanthi, L. P. E., Sugihartini, N. S., & Wirawan, I. M. A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Mastery Learning Untuk Mata Pelajaran KKPI Kelas XI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(1), 33.

Fanny Sastradewi, P., Wayan Sadia, I., & Wayan Karyasa, I. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Yang Menerapkan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. 5, 1–12.

Fausih, M., & T, D. (2015). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan LAN ( Local Area Network )” Untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di SMK Negeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 01(01), 1–9.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191.

Irmita, L. U. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Menggunakan Pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematic (STEM) Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 27–37.

Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran Edisi Pertama. Kencana: Jakarta.

Kelana, J. B., & Pratama, F. (2019). Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains. Bandung: Lekkas.

Kustandi, & Sutjipto. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lubis, M. A., Desnita, D., & Permana, A. H. (2016). Pengembangan Buku Pengayaan Pengetahuan “Kajian Fisis Batubara” Untuk Siswa Sma.

Mahlianurrahman. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran SETS Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. E-Journal Unipma, 7(1), 1–8.

Mi’rojiah, F. (2016). Pengembangan modul berbasis multirepresentasi pada pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas. 217–226.

Mulyasa, E. (2008). Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Permatasari, I., Ramdani, A., & Syukur, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terintegrasi SETS (Science, Environment, Technology and Society) pada materi sistem reproduksi manusia. Pijar MIPA, 13(3), 74–78.

Pradnyamita, M. I., Tika, I. N., & Sudiana, I. W. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Model Discovery Learning Pada Materi Sifat Koligatif Larutan. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 3(2).

Prastowo, A. (2012). Panduan Krearif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Prihandono, T., Wahyuni, S., & Pamungkas, Z. S. (2017). Development of Module Based on Local Potential Integrated SETS in Junior High School. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 4(9).

Puspitasari. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul. Fisika, Jurnal Pendidikan, 7(1), 17–25.

Rahma, S. Z., Mulyani, S., & Masyikuri, M. (2017). Pengembangan Modul Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, Society) Terintegrasi Nilai Islam di SMAI Surabaya pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 70.

Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rochayati, P. (2020). Pengembangan “Komedi Apik” Sebagai Media Pembelajaran Kimia Materi Sistem Periodik Unsur Siswa SMA/MA Artikel Ilmiah. http://repository.unimus.ac.id

Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. Jurnal Tadris Kimiya, 4(1), 48–56.

Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 221–230.

Thiagarajan, & Sivasailam. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Center for Innovation in Teaching the Handicapped Indiana University.

Umaira, R., Haji, A. G., & Rahmatan, H. (2019). Science Environmental Technology and Society- based Module Development on Petroleum Chemistry to Enhance Student Learning Achievement. 7(2), 88–98.

Widiantini, N. N. A. S., Putra, M., & Wiarta, I. W. (2017). Model Pembelajaran Sets (Science, Environment, Technology, Society) Berbantuan Virtual Lab Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal of Education Technology, 1(2), 141.

Wulandari, T., Ashadi, A., & Yamtinah, S. (2016). Pengembangan Modul Pereaksi Kimia Berbasis Sets Pada Mata Pelajaran Analisis Kimia Dasar Kelas X SMK Kimia Industri. Inkuiri, 4(4), 54–60.

Yusuf, M. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan - Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup.




DOI: https://doi.org/10.15408/es.v13i2.21753 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).

EDUSAINS.  P-ISSN:1979-7281
;E-ISSN:2443-1281

 Web Analytics Made Easy - StatCounterView My Stats