Analisis Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru (PSB) Kafila International Islamic School

Aditya Teguh Septoaji, Aang Subiyakto

Abstract


Kafila International Islamic School adalah sebuah pesantren yang mempunyai prestasi tinggi di tiap perlombaan dan nilai Ujian Nasional. Perekrutan siswa baru masih menggunakan metode lama, yaitu pemberkasan manual yang kemudian discan dan disimpan digital. Menggunakan cara tersebut untuk proses seleksi akan membutuhkan banyak sekali sumber daya baik manusia maupun alat. Dengan proes pendaftaran siswa baru saat ini yang masih manual membuat pekerjaan tidak efisien dan cenderung melakukan kesalahan karena ketidaktelitian pada pemberkasan. Ketidaktelitian tersebut menyebabkan beberapa kesalahan fatal, yaitu proses penerimaan siswa baru yang tidak efisien hingga hilangnya berkas siswa. Untuk menanggulangi itu, perlu sebuah sistem yang menangani pendaftran siswa baru, mulai dari data siswa, biografi siswa, hingga dokumen-dokumen siswa di sekolah. Maka dari itu, penulis membuat analisis dan perancangan Aplikasi  Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru (PSB) Berbasis Web dengan menggunakan Pemodelan Unified Modelling Language (UML) sebagai Bahasa pemodelannya. Dengan adanya Racangan Sistem Informasi Pendaftaran ini, semoga dapat memberikan efisiensi waktu dan proses pendaftaran yang lebih rapih dan terdokumentasi.

Keywords


Sistem Informasi; Pendaftaran; KIIS; Unified Modelling Language

Full Text:

PDF

References


A. Ngafifi, "Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya," vol. 2, no. 1, 2014.

J. S. P. Tyoso, Sistem Informasi Manajemen. Deepublish, 2016.

P. A. Himawan and P. Astuti, "Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Pemasaran dan Pelayanan pada Hotel (Studi Kasus: Grand Kanaya Baturraden)," vol. 10, no. 1, 2017.

C. Haryawan, "Sistem informasi manajemen," 2013.

Y. Irawan, N. Susanti, and M. Triyanto, Elektro dan Ilmu Komputer, "Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Website Untuk Penyampaian Informasi Sekolah Dan Media Promosi Kepada Masyarakat," vol. 7, no. 1, pp. 257-262, 2016

C. Sidh and Bisnis, "Peranan Brainware dalam sistem informasi manajemen," vol. 7, no. 1, pp. 19-29, 20

J. Hutahaean, Konsep sistem informasi. Deepublish, 2015.

A. Rusdiana, M. Irfan, and M. Irfan, "Sistem informasi manajemen," ed: Pustaka Setia, 2014.

M. B. Romney and P. J. Steinbart, "Sistem informasi akuntansi," 2016.

M. Safi, P. I. Santosa, and I. Ferdiana, "Pengembangan Sistem Informasi Sumberdaya Sekolah Kota Ternate Berbasis Web Dengan Metode Rapid Application Development," vol. 1, no. 2, 2016.

S. Aswati and S. Siagian, "Model Rapid Application Development Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Pemasaran Rumah (Studi Kasus: Perum Perumnas Cabang Medan," vol. 2016, 2016.

G. Lobet et al., "Root system markup language: toward a unified root architecture description language," vol. 167, no. 3, pp. 617-627, 2015.

K. Lestari and K. Puspaningrum, "WEBSITE PROFIL SEBAGAI SARANA PENGENALAN SEKOLAH DENGAN PEMROGAMAN PHP DAN MySQL (STUDI KASUS: SD NEGERI BANDUNGSARI LAMONGAN)," vol. 12, no. 1, pp. 13-18, 2017.

S. Edy Winarno, M. Eng, and A. Zaki, Pemrograman Web Berbasis Html 5, php, dan Javascript. Elex Media Komputindo, 2014.




DOI: https://doi.org/10.15408/aism.v2i2.20161 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDITORIAL ADDRESS:

Department of Information Systems, Faculty of Science and Technology,
Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Faculty of Science and Technology Building, 3rd Floor, 1st Campus, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Jl. Ir. H. Juanda No. 95, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15412, Indonesia.
Tlp/Fax: +622174019 25/+62217493315.
E-mail: aism.journal@apps.uinjkt.ac.id, Website: https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/aism


Creative Commons Licence
Applied Information System and Management (AISM) by the Department of Information Systems, Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/aism.