Optimalisasi Jalur Logistik pada PT. PAN R&R Menggunakan Metode Saving Matrix

Muhamad Alip Noor, Sarah Farha, Qurrotul Aini

Abstract


Supply Chain adalah salah satu bagian dari alur perusahaan dalam mengolah produk hingga sampai ke konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi supply chain pada jalur logistik yang efektif terhadap PT. PAN R&R. Peneliti menggunakan metode Saving Matrix untuk mengukur jalur logistik terpendek dan biaya transportasi yang minimal. Objek yang dituju ialah konsumen dengan sistem pengiriman menggunakan kendaraan dari perusahaan. Metode Saving Matrix ialah metode yang digunakan untuk meminimalkan rute, waktu, atau biaya. Metode ini juga berguna untuk memutuskan jalur logistik barang yang perlu dilintasi dan besaran kendaraan guna memperoleh jalur terpendek maupun tarif transportasi yang minimal. Selain itu, metode yang diterapkan pada langkah akhir Saving Matrix menggunakan metode Nearest Insert. Hasil yang didapatkan dari data dan perhitungan menggunakan metode Saving Matrix yaitu diperoleh 19,6 km. Selanjutnya, peneliti menggunakan metode Nearest Insert pada langkah akhir di metode Saving Matrix dan diperoleh hasil 143,9Km. Jadi, berdasarkan total keduanya penghematan yang diperoleh dengan menggunakan 2 (dua) metode yaitu sebesar 26,8%.


Keywords


Supply Chain; Jalur Logistik; Saving Matrix

Full Text:

PDF

References


W. Humang, "Optimalisasi Jaringan Logistik Udara di Pegunungan Tengah Provinsi Papua Berdasarkan Aanalisis ANT Colony System," Warta Penelitian Perhubungan, vol. 28, no. 4, 2016.

E. Andika, "Optimalisasi PP Nomor 8 Tahun 2011: Studi di Pelabuhan Panjang Bakauheni Lampung dalam Mendukung Biaya Logistik," Warta Penelitian Perhubungan, vol. 30, no. 1, pp. 13-22, 2018.

F. Fitriyani, R. Widowati, and S. Wibowo, "Analisa Strategi Pemasaran Ekspor Cv Amartha Indotama Dalam Memasuki Pasar Global," JBTI: Jurnal Bisnis: Teori dan Implementasi, vol. 6, no. 2, pp. 142-158, 2015.

F. F. Alfaza, "Analisis Supply Chain Management terhadap Kinerja Operasional yang Dimoderasi oleh Service Quality pada CV. Setia Agung Pratama," Skripsi, Universitas Widyatama, 2018.

E. S. Pane, "ICT untuk Mereduksi Biaya Logistik pada Transportasi Multimoda," Masyarakat Telematika dan Informasi, vol. 7, no. 1, p. 233794, 2016.

M. Istantiningrum, "Penentuan Rute Pengiriman dan Penjadwalan dengan Menggunakan Metode Saving Matrix Study Kasus pada PT. Sukanda Djaya Yogyakarta," Program Studi Teknik, 2010.

M. F. Syafi’i, "Optimalisasi Biaya Transportasi dalam Pendistribusian Pupuk Bersubsidi pada CV. Jamantara,"Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Jember, 2015.

F. Ahmad and H. F. Muharram, "Penentuan Jalur Distribusi dengan Metode Saving Matriks," Competitive, vol. 13, no. 1, pp. 45-66, 2018.

I. M. Pujawan, "Supply chain management," Kedua ed. Surabaya: Guna Widya, 2010.

S. R. F. Fitri, "Optimasi Jalur Distribusi Produk dengan Menggunakan Metode Saving Matrix untuk Penghematan Biaya Operasional," Jurnal Valtech, vol. 1, no. 1, pp. 103-109, 2018.

S. F. Kambey, L. Kawet, and J. S. Sumarauw, "Analisis Rantai Pasokan (Supply Chain) Kubis di Kelurahan Rurukan Kota Tomohon," Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol. 4, no. 3, 2016.

A. N. S. Stifronis, "Model Logistik Ekspor Kerapu Budidaya," Skripsi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2016.

Amrizal, "Analisa Supply Chain Management," Skripsi, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali, pp. 1-16, 2018.

H. Dwiatmoko, "Peran Perkeretaapian dalam Menunjang Sistem Logistik Nasional," Jurnal Transportasi, vol. 18, no. 2, pp. 87-96, 2018.

F. R. Kodong and Y. Fauziah, "Pengembangan Aplikasi Smartphone Tracking untuk Monitoring Pergerakan Kurir Pendistribusi Barang pada PT. Synergy First Logistics Yogyakarta," TELEMATIKA, vol. 14, no. 1, pp. 38-47, 2017.

A. N. Ikhsan, T. I. Oesman, and M. Yusuf, "Optimalisasi Distribusi Produk menggunakan Daerah Penghubung dan Metode Saving Matrix," Jurnal Rekavasi, vol. 1, no. 1, pp. 1-11, 2013.

O. Suoth, J. S. Sumarauw, and M. Karuntu, "Analisis Desain Jaringan Supply Chain Komoditas Beras di Desa Karondoran Kecamatan Langowan Timur Kabupaten Minahasa," Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol. 5, no. 2, 2017.

I. I. Supit, S. S. Sumendap, and J. Londa, "Kinerja Pustakawan Layanan Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Utara pada Masyarakat Kelurahan Malalayang II Kota Manado," ACTA DIURNA KOMUNIKASI, vol. 7, no. 4, 2018.




DOI: https://doi.org/10.15408/aism.v1i2.20106 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDITORIAL ADDRESS:

Department of Information Systems, Faculty of Science and Technology,
Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Faculty of Science and Technology Building, 3rd Floor, 1st Campus, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Jl. Ir. H. Juanda No. 95, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15412, Indonesia.
Tlp/Fax: +622174019 25/+62217493315.
E-mail: aism.journal@apps.uinjkt.ac.id, Website: https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/aism


Creative Commons Licence
Applied Information System and Management (AISM) by the Department of Information Systems, Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/aism.