Pengembangan Electronic Customer Relationship Management Berbasis Web untuk Peningkatan Loyalitas Pelanggan

Sarip Hidayatuloh, Nidaul Hasanati, Muhammad Rafi Wirawan

Abstract


Bisnis sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Salah satunya yang tidak lepas dari bisnis adalah perusahaan. Perusahaan di seluruh dunia bersaing untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dari customer. Mereka semua berlomba-lomba mendapatkan customer dengan cara mempelajari perilaku customer yang cenderung konsumtif dan selalu berubah - ubah mengikuti tren. Customer Relationship Management (CRM) menjadi salah satu hal yang berperan penting bagi perusahaan. PT. Sanprima Sentosa adalah salah satu cabang dealer dan bengkel dari Astra Honda Motor (AHM) Indonesia yang membutuhkan perkembangan di bagian CRM. Model untuk pengembangan sistem yaitu: Rapid Application System (RAD). Pada perancangan sistem dilakukan dengan menggunakan tool Unified Model Language (UML). Aplikasi yang digunakan berbasis website dengan menggunakan MySQL sebagai penyimpanan database. UML yang dibuat terdiri atas Use case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram, Class Diagram, Statechart Diagram dan Deployment Diagram. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Elektronik CRM adalah solusi yang efektif dan efisien untuk meningkatkan loyalitas customer. E-CRM ini memiliki fungsi pemesanan sepeda motor, fitur testimoni untuk customer yang dapat memberikan feedback kepada perusahaan, fitur rewarding untuk customer yang telah melakukan pelunasan pemesanan cash, dan fitur promosi untuk customer agar mendapatkan potongan harga pada event tertentu saja.


Keywords


Electronic Customer Relationship Management; RAD; Website; Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


R. H. Handayani, Q. Aini, dan E. Nurmiati., “Interactive Customer Relationship Management Jasa Infrastruktur Jaringan PT. Meda Cipta Hutama,” Applied Information System and management, vol 1, no 1, pp. 51-56, 2018.

A. B. Ramadhan, A. Kusumawati, dan R. Y. Dewantara, “Peran E-CRM (Electronic Customer Relationship Management) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi pada Harris Hotel & Conventions Malang),” Jurnal Adminstrasi Bisnis, vol. 40, no. 1, pp. 194-198, Nov. 2016.

D. Prasanti, “Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan dalam Pencarian Informasi Kesehatan,” Jurnal Lontar, vol. 6 no 1 , pp. 13-21, Januari-Juni 2018.

M. P. Putri dan H. Effendi, “Implementasi Metode Rapid Application Development Pada Website Service Guide “Waterfall Tour South

Sumatera”,” Jurnal SISFOKOM, vol. 7, no. 2, pp. 130-136, September 2018.

F. A. Amalina, I. Aknuranda, dan M. C. Saputra, “Pengembangan Sistem Informasi E-CRM Berbasis Website pada Dinikoe Keramik,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 11, pp. 5884-5891, November 2018.

S. Maria, “Rancang Bangun E-CRM untuk Pemesanan Tiket pada CV. Sanggaya Travel Berbasis Web,” Jurnal Intra-Tech, vol. 1, no.1, pp. 22-30, April 2017.

T. A. Mudzakir dan A. Bakar, “Desain Dan Implementasi Customer Relationship Management Berbasis Web (Studi Kasus: Toko Baju Ladya),” SYSTEMATICS, vol. 2, no. 1, pp. 1-11, April 2020.

N. Kampani, D. Jhamb, “Analyzing The Role of E-CRM in Managing Customer Relations: A Critical Review of The Literature,” Journal of Critical Reviews, vol. 7, no. 4, 2020.

H. Purwanto, A. Sumbaryadi, dan Sarmadi, ”E-CRM Berbasis Web pada Sistem Informasi Penjualan Funiture,” Jurnal PILAR Nusa Mandiri, vol. 14, no. 1, pp. 15-20, Maret 2018.

Rashed Al Karim1*, Wardha Habiba2, “How CRM Components Impact Customer Loyalty: A Case from Bangladesh Banking Industry,” Journal of Management Info, vol. 7, no. 2, pp. 43-61, Juni 2020.

H. Gil-Gomez, V. Guerola-Navarro, R. Oltra-Badenes, dan J. A. Lozano-Quilis, “Customer Relationship Management: Digital Transformation And Sustainable Business Model Innovation,” Economic Research-Ekonomska Istraživanja, vol. 33, no. 1, pp. 1–18, Jan. 2020.




DOI: https://doi.org/10.15408/aism.v4i1.14513 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDITORIAL ADDRESS:

Department of Information Systems, Faculty of Science and Technology,
Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Faculty of Science and Technology Building, 3rd Floor, 1st Campus, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Jl. Ir. H. Juanda No. 95, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15412, Indonesia.
Tlp/Fax: +622174019 25/+62217493315.
E-mail: aism.journal@apps.uinjkt.ac.id, Website: https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/aism


Creative Commons Licence
Applied Information System and Management (AISM) by the Department of Information Systems, Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/aism.